Keragaman Keagamaan Yang Ditunjukkan Oleh Paragraf Diatas Adalah

Keragaman Keagamaan Yang Ditunjukkan Oleh Paragraf Diatas Adalah

Medan (1/5) — Indonesia merupakan negara multikultural dengan berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama. Keberagaman ini merupakan asset bangsa Republic of indonesia yang harus dijaga dan rawat bersama.

Keberagaman dalam beragama merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat dihindari. Sehingga setiap umat beragama mempunyai kewajiban untuk mengakui sekaligus menghormati agama lain tanpa membeda-bedakan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, pentingnya menerapkan prinsip-prinsip kemerdekaan dan kebebasan untuk menumbuhkan sikap toleransi, saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda dengan latar belakang sosial-budaya yang berbeda.

Menurutnya hal tersebut dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat sebagai modal membangun bangsa Indonesia kedepannya.

“Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki makna sesuai dengan keberagaman Indonesia yang tidak hanya bersuku-suku, ber ras-ras, dsn berbudaya tetapi kita punya makna yang jauh lebih luas bahwa kita memang ditakdirkan sebagai pribadi yang berbeda satu sama lain namun tetap satu tujuan. Saya kira ini sebagai modal yang besar untuk kita maju bersama membangun bangsa Republic of indonesia,” ucapnya saat menyampaikan Keynote Voice communication pada Kongres Ke-xi Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) di Hotel Polonia Medan, pada Sabtu (i/v).

Menko Muhadjir juga mengajak kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk tidak mengabaikan prinsip perjuangan dalam membangun bangsa Indonesia.

“Saya ingin para mahasiswa betul-betul mengambil peran maksimal dan berada di garis depan untuk kemajuan Republic of indonesia. Terlalu mahal prinsip perjuangan untuk anak-anak muda, karena banyak pemuda yang mulai mengabaikan prinsip tersebut. Padahal, prinsip perjuangan itulah yang membimbing kita untuk tetap tegap berdiri, penuh dengan keyakinan, menatap masa depan untuk Republic of indonesia maju,” katanya.

Baca Juga :   Dibawah Ini Prosedur Pembuatan Karya Kerajinan Ukir Kayu Kecuali

*Tinjau Kesiapan Penerimaan Pekerja Migran Indonesia*

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya di Medan, Muhadjir Effendy melakukan peninjauan terkait kesiapan Bandara Kualanamu untuk menerima para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ia meminta pihak Pemerintah Kota Medan dan pihak Bandara Kualanamu untuk lebih berhati-hati dalam melakukan penanganan para Pekerja Migran yang datang ke Kota Medan ini.

“Mohon dicermati karena Medan menjadi tempat diperbolehkan mendaratnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diantara PMI itu sudah diketati pengawasannya dan sudah diperiksa ada yang membawa ‘oleh-oleh’ virus Covid-19 juga,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut Menko PMK juga didampingi oleh Staf Ahli Gurbernur Sumatera Utara Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Agus Tripriyono, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Priagung AB, serta Eksekutif General Managing director Angkasa Pura Agus Supriyanto. (*)

TRIBUNNEWS.COM
– Inilah kunci jawaban Buku Tematik halaman 38, 39 dan 40 Kelas four SD Tema 7 Subtema ane Pembelajaran five.

Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas four SD Tema 7, memiliki judul Indahnya Keragaman di Negeriku.

Subtema i Buku Tematik ini berjudul Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban pembelajaran 5 di halaman 38, 39 dan 40.


Baca juga:

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas five Halaman 157 158 161 162 163 164 165 Panas dan Perpindahannya Subtema 3


Baca juga:

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas vi Halaman 38, 39, 41, 43 Buku Tematik SD Pembelajaran five

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Baca Juga :   Jenis Siklus Hidup Kamdomain_7

Kunci jawaban Buku Tematik Tema vii kelas 4 SD Subtema one: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku

Kunci Jawaban Halaman 38

Ayo Membaca

Keragaman Agama di Indonesia


Page 2

Letak geografis Republic of indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Republic of indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional. Salah satu akibatnya, terjadilah persebaran agama dari para pedagang asing yang berdagang dan singgah di Indonesia.

Pada awalnya masuk agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Selanjutnya, datang bangsa Gujarat membawa ajaran agama Islam, bangsa Eropa membawa ajaran agama Katolik dan Kristen, serta bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu.

Jadi, keragaman agama telah ada sejak zaman dahulu. Dalam suasana keragaman beragama itu, setiap warga negara Indonesia dijamin haknya untuk memeluk keyakinan atau kepercayaan masing-masing.

Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara. Keenam agama/kepercayaan itu yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Pemeluk agama diwajibkan menjalankan ajaran agama masing-masing.

Setiap agama memiliki tata cara beribadah, kitab suci, dan tempat ibadah yang berbeda. Negara memberikan kebebasan bagi semua pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai ajarannya masing-masing.

Ayo Berdiskusi

Bersama teman sekelompokmu, carilah informasi-informasi berikut.

1. Nama kitab suci setiap agama di Indonesia

2. Tempat beribadah setiap agama di Indonesia.

3. Hari-hari besar setiap agama di Indonesia.


Page 3

Jumat, 5 Februari 2021 07:31 WIB

Buku tematik kelas 4 tema 7

Ilustrasi – Simak kunci jawaban halaman 38, 39, 40 Kelas 4 SD Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Buku Tematik Indahnya Keragaman di Negeriku.

Jawaban:

– Agama Islam

Kitab suci: Al-Qur’an

Tempat ibadah: Masjid

Hari besar: Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Isra’ Mi’raj

Baca Juga :   Apa Arti Penggalan Qs Al Maidah

– Agama Kristen

Kitab suci: Alkitab

Tempat ibadah: Gereja

Hari besar: Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih

– Agama Katholik

Sumber:
TribunSolo.com

berita
POPULER

  • + Index Populer

berita
TERKINI

  • + Index Berita

Keragaman Keagamaan Yang Ditunjukkan Oleh Paragraf Diatas Adalah

Source: https://mempelajari.com/keragaman-keagamaan-yang-ditunjukkan-oleh-paragraf-diatas-adalah