Bentuk Muka Dan Mata Ras Kaukasoid

Bentuk Muka Dan Mata Ras Kaukasoid

Manusia diciptakan dengan sangat beragam dengan berbagai macam ras di dunia ini. Keragaman ras manusia ini tak lepas dari faktor alam, geografis, sampai persebarannya. Beberapa ras yang memiliki populasi terbanyak adalah ras Kaukasoid, Australodi, Mongoloid, dan Negroid.

Kali ini, ras yang akan banyak dibahas adalah ras Kaukasoid. Ras ini biasanya dimiliki manusia yang tinggal di benua Eropa dan Amerika. Lantas seperti apa ulasan lengkap tentang ras Kaukasoid dan contohnya seperti apa? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: Ras Negroid: Pengertian, Ciri-ciri Serta Penyebarannya

Pengertian ras kaukasoid

Ras kaukasoid
The Independent

Dilansir dari
Encyclopedia Britannica, ras adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya perbedaan fisik seperti warna kulit, tekstur rambut, ciri wajah, dan bentuk mata seorang manusia. Istilah ini mulai digunakan sejak abad ke-17 untuk mengidentifikasi kelompok tertentu dari berbagai belahan dunia.

Lalu apa yang dimaksud dengan Kaukasoid? Menurut Carlton Stevens Coon dalam bukunya
The Races of Europe, kaukasoid adalah kelompok manusia yang memiliki kesamaan karakteristik gen berkulit putih dan berbadan besar.

Namun, pengertian dari Carlton ini tak terlalu valid karena beberapa orang yang memiliki ras Kaukasoid tak melulu memiliki kulit putih. Beberapa diantaranya memiliki kulit hitam dan berambut keriting tetapi memiliki kesamaan pada tengkorak kepalanya.

Penggunaan istilah ras pun sempat dianggap sebagai hal yang sia-sia oleh pakar genetika asal Italian republic, Luigi Luca Cavalli-Sforza. Dia beranggapan bahwa pembagian ras tak lagi relevan karena fenotip atau karakteristik gen manusia ditentukan oleh gen. Dia pun menilai bahwa semua ras manusia berada pada satu ras yang sama yaitu
Homo sapiens.

BACA JUGA: Human being Sapiens: Pengertian, Persebaran, Ciri Ciri & Penemuan

Ciri ras kaukasoid

Ciri ras kaukasoid
Pexels

Meskipun istilah ras masih sering menuai perdebatan para pakar di dunia, banyak pelajaran terkait biologi yang masih menggunakan istilah ini.

Beberapa ahli biologi dan genetika pun sempat meneliti bahwa setiap ras manusia memiliki ciri khas masing-masing tak terkecuali Kaukasoid.

Berikut ini beberapa ciri ciri ras Kaukasoid yang bisa dilihat dari bentuk fisik tubuhnya dikutip dari buku
Sosiologi Keluarga
(2020) karya Evy Clara:


  • Warna kulit

Kelompok Kaukasoid sebenarnya memiliki warna kulit yang beragam. Namun, beberapa orang sudah terlanjut mengidentikan Kaukasoid sebagai ‘orang berkulit putih’. Padahal beberapa Kaukasoid memiliki ciri khas warna seperti putih, zaitun, cokelat muda, sampai cokelat tua.


  • Rambut

Karakter rambut Kaukasoid juga beragam. Tetapi karakter rambutnya banyak didominasi dengan rambut bergelombang dan lurus serta sedikit keriting. Warna rambutnya juga cenderung terang dan jarang yang berwarna hitam.


  • Kepala

Untuk ukuran atau karakteristik kepala Kaukasoid, beberapa diantaranya memiliki karakter dolichocephalic atau panjang dan oval. Selain itu ada juga yang memiliki karakter kepala  seperti brachycephalic atau karakter kepala yang lebar dan besar.


  • Hidung

Hidung Kaukasoid biasanya memiliki karakter mancung dan besar. Istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan karakter hidung ini yaitu leptorrhine dan mesprrhine.


  • Wajah

Ukuran wajah Kaukasoid juga terlihat berbeda dibandingkan dengan ras lainnya. Salah satu yang menjadi ciri utama dari Kaukasoid pada bagian wajah ada pada dahi yang tinggi, bibir tipis, dan dagu menonjol. Selain itu, tulang pipi Kaukasoid tidak menonjol dan rahang wajah sama sekali tidak ada.


  • Mata

Mata ras Kaukasoid mungkin termasuk jenis mata paling indah di dunia. Hal ini tak lepas dari warna mata yang mereka miliki cenderung terang dan lebih berwarna. Beberapa warna mata yang dimiliki Kaukasoid ada biru, hijau, abu-abu dan hitam.

BACA JUGA: Daftar Negara di Benua Eropa Serta Suku dan Karakter Iklimnya

Wilayah ras kaukasoid

Persebaran ras Kaukasoid di dunia memang cukup luas. Namun, anggota Kaukasoid banyak dijumpai di wilayah benua Eropa dan Amerika. Jadi tidak heran kalau Kaukasoid berasal dari negara seperti Inggris, Belgia, Swedia, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Perbedaan wilayah geografis ini membuat kelompok Kaukasoid memiliki beberapa subras yang disesuaikan berdasarkan tempat tinggal. Bahkan, ada ras kaukasoid di Asia yang tersebar. Berikut ini contohnya:

Kaukasoid Nordic

Ras kaukasoid swedia
Matador Network

Kelompok Kaukasoid ini berada di wilayah Eropa Utara dan Laut Baltik, tepatnya di negara Swedia, Kingdom of denmark, Norwegia, Finlandia, Inggris, Islandia, Irlandia, Belanda, sampai Belgia.

Kaukasoid Alpine

pemain series dark netflix
Pinterest

Contoh ras Kaukasoid Alpine bisa dijumpai di kawasan Eropa Tengah dan Timur yang meliputi negara seperti Jerman, Polandia, Swiss, Ceko, Slovakia, Rumania, Bulgaria, Albania, Austria, Yogoslavia, Perancis, dan Rusia.

Kaukasoid Mediteranian

wanita israel
Piemagazine

Selanjutnya ada Kaukasoid Mediteranian. Ras kulit putih ini banyak dijumpai di wilayah Laut Tengah seperti Spanyol, Italia, Portugal, Yunani, Armenia, Aljazair, Maroko, Tunisia, Libia, Israel, Mesir, Palestina, dan beberapa negara Jazirah Arab lainnya.

Kaukasoid Indic

kaukasoid di asia
Avas

Terakhir ada ras Kaukasoid di Asia yaitu Indic. Ras ini biasanya dijumpai di negara seperti Pakistan, Republic of india, Kingdom of bhutan, People’s republic of bangladesh, Nepal, dan Sri Langka.

Demikian ulasan lengkap tentang ras kaukasoid dan ciri-ciri khasnya. Ras satu ini memang identik dengan ras kulit putih ala orang Eropa, namun ternyata bila dipelajari lebih lanjut persebaran Kaukasoid ternyata lebih luas.

Persebaran ras sendiri juga tidak lepas dari akulturasi budaya dan gabungan genetika manusia saat menikah. Jadi tidak menutup kemungkinan persebaran suatu ras akan lebih luas di masa yang akan datang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet?Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinyadi sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewatAplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomudi sini aja!

Bentuk Muka Dan Mata Ras Kaukasoid

Source: https://superapp.id/blog/uncategorized/ras-kaukasoid/

Baca Juga :   Menurut Mersenne Frekuensi Sebuah Senar Tidak Bergantung Pada