Keuntungan Menggunakan Server Softswitch

Keuntungan Menggunakan Server Softswitch

Loading Preview

Pitiful, preview is currently unavailable. Yous can download the paper by clicking the push button to a higher place.

A. Pengertian Extension dan Dial Plan

Extension adalah sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan2 dari tingkat prioritasnya.  Berbeda dengan PABX , dimana extension biasanya berasosiasi dengan telepon, interface atau bill of fare. Beberapa perintah, seperti Dial atau GotoIf, mempunyai kemampuan untuk berjalan ke perintah lain berdasarkan kondisinya.

Dalam extension asterisk sintax yang digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format seperti

exten = extension,priority,Command(parameter)

Kesimpulanya, setiap “context” memiliki nama,setiap context dapat mendefenisikan satu atau lebih “extension”.didalam extension kita dapat memasukan sekumpulan perintah.

Komponen yang membangun tahapan perintah extension:

  • Extension adalah characterization dari extension, dapat berupa string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon.dan setiap bagian dari extension harus memiliki label yang sama.
  • Priority biasanya berupa angka integer. Adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang dijalankan harus dengan prioritas one, jika tidak ada prioritas 1 maka  asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.dan seterusnya
  • Command atau perintah adalah “aplikasi” yang akan di jalankan oleh Asterisk.
  • Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua control /  perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter

Dial-Planberfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX ,(lokal) maupun antarIP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Punch Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-annals ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.

B.Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan Server Softswitch

1.Konfigurasi Ekstensi Server Softwitch

Konfigurasi Data Account Umum :

[full general]  –>> context umum,harus ada context=default  –>> nama context user port=5060      –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0   –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yep tos=0x18

videosupport=yes

Agar lebih mudah untuk memahami apa itu ekstensi dan apa itu punch plan pada server voip. Extensi dan dial plan server voip dianalogikan seperti PABX. Ekstensi adalah data customer voip , misalnya komputer ke ane ekstensinya 001 , komputer kedua eksetnsinya 002, komputer ketiga ekstensinya 003 dan seterusnya. Semua ekstensi di atas ditulis di dlam sebuah file konfigurasi yaitu  file extensions.conf. Setiap  ekstensi memiliki komponen dan tahapan perintah yang tersimpan di dalam file tersebut. Di dalam file tersebut di tulis dalam format exten = extension,priority,Control(parameter). Utuk setiap extension/ekstensi, dapat didefinisikan sekumpulan perintah. Komponen yang membangun tahapan perintah extension atau control line adalah sebagai berikut :

  1. Extension
    adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yang diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
  2. Priority
    biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas ane, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah  prioritas i di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
  3. Control  adalah perintah yang akan di jalankan oleh Asterisk.
  4. Parameter
    adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah control. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter,  beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Baca Juga :   Khalifah Yang Terkenal Dengan Kezuhudannya Adalah

itulah pengertian ekstensi atau extension.

Dial Plan berfungsi sebagai routing (proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain) panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut punch trunk.

Dalam server voip asterisk, Dial Plan diprogram dalam suatu file yang bernama extentions.conf, Setiap ekstensi dalam asterisk merujuk kepada user tertentu yang telah terdaftar di asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama terhadap user id.


TUGAS KOMUNIKASI Data  Semester 2

one.


Sebutkan dan jelaskan komponen/unsure-unsur standar pada SIP!

a)


User Amanuensis: Agen pengguna berada di setiap stasiun akhir SIP.

b)


Redirect Server digunakan untuk menentukan alamat selama inisiasi sesi.

c)


Proxy Server adalah entitas perantara yang bertindak baik sebagai server dan klien untuk tujuan membuat permintaan atas nama klien lainnya.

d)


Paniter adalah sebuah server yang menerima permintaan REGISTER dan menempatkan informasi yang diterimanya.

e)


Lokasi Layanan: Layanan lokasi digunakan oleh redirect SIP atau server proxy untuk mendapatkan informasi tentang kemungkinan lokasi yang dituju.

2.


Jelaskan 7 perintah pada SIP!

Ø


INVITE merupakan perintah untuk mengundang pengguna untuk panggilan.

Ø


ACK (Acknowledgement) merupakan perintah yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran pesan pada perintah INVITE.

Ø


BYE merupakan perintah untuk menghentikan hubungan antara pengguna.

Ø


Abolish merupakan perintah untuk menghentikan permintaan atau mencari permintaan untuk seorang pengguna.

Ø


Selection merupakan perintah untuk mengumpulkan sejumlah informasi tentang kemampuan sebuah server.

Ø


REGISTER merupakan perintah untuk register lokasi pengguna saat ini.

Ø


INFO merupakan perintah yang digunakan pada pertengahan sesi signaling.

three.


Jelaskan keuntungan menggunakan server softswitch!

Baca Juga :   Apa Yang Dimaksud Dengan Deskripsi Manfaat

§


Mengaktifkan dan mempercepat layanan NGN (Side by side Generation Network).

§


Meningkatkan fleksibilitas jaringan dan menyediakan dukungan untuk beberapa aplikasi dari platform tunggal.

§


Menyederhanakan upgrade infrastruktur dengan terbuka dan memusatkan fitur layanan.

§


Menyediakan operator dengan berbagai pilihan, yang memungkinkan untuk membangun ‘all-time of breed’ atau perkembangan jaringan terbaik dengan produk dari beberapa vendor.

iv.


Bagaimanakah fungsionalitas layanan yang disediakan oleh softswitch?

a.


Menjaga kondisi panggilan.

b.


Menyediakan layanan yang akan mengubah panggilan.

c.


Berkomunikasi dengan fungsi control pemanggilan untuk pembentukan dan pelepasan panggilan.

d.


Permintaan layanan dari fungsi dalam layer fungsionalitas service control.

eastward.


Permintaan penentuan, alokasi, dan pelepasan sumber dari pembawa fungsi control.

f.


Menerapkan serangkaian kebijakan dan mekanisme untuk satu set (IP) sumber transportasi            untuk memastikan bahwa sumber daya yang dialokasikan cukup untuk memungkinkan standar QoS (Quality of Services) melewati control domainnya.

five.


Jelaskan arsitektur utama dari server softswitch!

ane)  Application Server adalah elemen jaringan yang menyediakan aplikasi tambahan di luar fitur teleponi yang membutuhkan server tersendiri, misalnya vocalization mail service, prepaid phone call, fixed-SMS, dll.

ii)  Feature Server adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai penyedia aplikasi fitur teleponi.

iii)  Media Gateway adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN, PLMN dan jaringan akses pelanggan.

4)  Signaling Gateway adalah elemen jaringan yang berfungsi sebagai interface pensinyalan dari jaringan sofswitch ke SS7 PSTN atau PLMN.

5)  Media Server adalah elemen jaringan berfungsi membantu Softswitch untuk melakukan pemprosesan panggilan yang terjadi pada media stream, seperti penyediaan punch-tone, sarana briefing, annunciation, dll.

Baca Juga :   Manfaat Rptra

6)  Operating Back up System (OSS) adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti manajemen jaringan, provisioning, billing, monitoring, statistik, dll.

7)  Media akses adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leased circuit, V5.ii, DSL, HFC, FTTH/FTTC dan radio access.

8) Perangkat akses adalah perangkat yang digunakan di sisi pelanggan (CPE) untuk melakukan akses ke jaringan softswitch. Perangkat akses dapat berupa node berbasis paket IP, terminal analog, dan perangkat terpadu yang memiliki port analog dan data paket (IAD, MTA, dll).

1.


Tuliskan tahap-tahap konfigurasi pada sistem operasi Briker !

Ø


Tahap-tahap konfigurasi pada sistem operasi Briker supaya dapat bekerja dengan baik, meliputi Konfigurasi Administration, Konfigurasi Trunk, Konfigurasi Outbound Routes, Konfigurasi Video Phone call, Konfigurasi SIP Account dan Management User.

2.


Jelaskan yang dimaksud dengan

Ø



Extension :


label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai characterization yang sama.


Trunk


:

sebuah nama atau nomor yang merepresentasikan server lain atau IP PBX lain yang akan dihubungi oleh IP PBX ini dan merupakan information account yang akan digunakan IP PBX untuk menghubungi trunk.


Dial Plan


:

merupakan aturan dial yang akan dimanfaatkan oleh extension untuk menghubungi sesama extension atau trunk dan sebaliknya.

3.


Berikan penjelasan bagaimanakah keterkaitan antara IP-PBX dengan Sistem Operasi Briker!


Ø

Briker adalah IPPBX berbentuk software atau operasi linuxyang dikhususkan untuk melayani Voip. Komputer akan berubah menjadi mesin PBX (Private Branch Exchange ) dengan kemampuan telekomunikasi melalui jaringan atau IP.

4.


Tuliskan beberapa hal yang wajib harus didaftarkan dalam membuat account VoIP!

 Ada beberapa hal yang wajib harus didaftarkan dalam membuat account VoIP yaitu:

a)     User Extensions: Nomor extension, misal 10101. Biasanya hanya numeric.

b)    Brandish Name: Nama yang akan digunakan sebagai Caller ID ketika melakukan panggilan


c)     Underground: Password yang digunakan user untuk proses otentikasi saat registrasi extension pada User Agent




Video yang berhubungan

Keuntungan Menggunakan Server Softswitch

Source: https://sepuluhteratas.com/jelaskan-mengenai-keunggulan-penggunaan-server-softswitch-berbasis-sip