Hubungan Timbal Balik Antar Lembaga Sosial

Hubungan Timbal Balik Antar Lembaga Sosial

KOMPAS.com
– Interaksi sosial berpengaruh pada pembentukan lembaga sosial. Karena salah satu upaya memenuhi kebutuhan manusia dalam hubungan interaksi adalah lewat pembentukan lembaga sosial.

Tiap manusia memerlukan interaksi sosial guna mencukupi kebutuhannya. Agar hal ini tercapai, manusia membutuhkan lembaga sosial yang mana di dalamnya terdapat kumpulan manusia dengan latar belakang atau tujuan yang sama.

Pengertian interaksi sosial dan lembaga sosial

Berikut pengertian dari interaksi sosial dan lembaga sosial:

Interaksi sosial

Menurut Asrul Muslim dalam jurnal
Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis (2013), interaksi sosial adalah hubungan sosial yang sifatnya dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta antara kelompok dengan kelompok.

Interaksi sosial memiliki hubungan yang sifatnya timbal balik dan akan terus terjalin antar sesama manusia.

Baca juga: Penjelasan Interaksi Sosial dan Lingkungan Alam

Lembaga sosial

Mengutip dari buku
Komunikasi dan Interaksi Sosial Anak (2021), lembaga sosial adalah lembaga pengawasan yang terdiri atas sekumpulan norma, guna menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Supaya penerapan norma berjalan dengan baik, lembaga sosial membutuhkan organisasi untuk mengawasi serta membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

Pengaruh interaksi sosial terhadap lembaga sosial

Lembaga sosial tidak akan terbentuk tanpa adanya interaksi sosial. Karena lembaga sosial muncul dari hubungan atau interaksi antarmanusia.

Selain itu, kemunculan lembaga sosial juga dipengaruhi oleh kebutuhan manusia. Artinya pembentukan lembaga sosial disesuaikan dengan apa yang diperlukan dan bagaimana interaksi antarmanusia.

Hubungan yang terjalin antara interaksi sosial dengan lembaga sosial sifatnya timbal balik. Interaksi sosial akan membentuk lembaga sosial. Sementara itu, kehadiran lembaga sosial akan mengatur interaksi sosial sesuai norma yang berlaku.

Baca Juga :   Pakaian Adat Sulawesi Utara Brainly

Baca juga: Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Tiga contoh pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Berikut tiga contoh pengaruh interaksi sosial:

  1. Kebutuhan interaksi sosial antara guru dan murid, sehingga terciptalah lembaga sosial berupa sekolah atau lembaga pendidikan.
  2. Kebutuhan akan makan dan minum, sehingga terciptalah interaksi sosial antara pedagang dan pembeli lewat lembaga sosial, seperti toko dan pasar.
  3. Kebutuhan untuk ibadah atau menjalankan kewajiban agama, sehingga mendorong terciptanya interaksi sosial antara pemimpin agama dan umat atau jemaat lewat lembaga sosial, seperti gereja, pura, wihara, dan masjid.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Hubungan Timbal Balik Antar Lembaga Sosial

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/26/150000569/3-contoh-pengaruh-interaksi-sosial-terhadap-pembentukan-lembaga-sosial