Jelaskan Peran Tautan Link Dalam Email Newsletter

Jelaskan Peran Tautan Link Dalam Email Newsletter

Keunggulan email newsletter:

one. Updates/penawaran langsung masuk ke inbox email pelanggan

Ini adalah kelebihan utama dari e-mail newsletter, dibandingkan jalur lain seperti website yang lebih pasif, atau status update di facebook dan twitter yang cepat turun bersaing dengan ratusan updates lain di timeline pelanggan. Electronic mail newletter lebih bersifat pro-aktif dengan langsung masuk ke inbox email pelanggan, kemungkinan untuk dibaca jauh lebih besar dibanding dua strategi lain nya.

Baca Juga :   Algoritma Memasak Mie Instan

two. Mudah melakukan segmentasi pelanggan

Newsletter yang dikirimkan bisa disesuaikan dengan segmentasi pelanggan, bisa berdasarkan jenis pelanggan, jenis produk yang mereka sukai berdasarkan transaksi-transaksi sebelum nya, umur, wilayah geografis, dan lain-lain, dengan begitu update atau penawaran-penawaran suatu perusahaan akan lebih tepat sasaran.

3. Mudah melakukan analisis/tracking aktifitas pelanggan

Email newsletter masa kini sudah umum dilengkapi fitur-fitur tracking dan analytics. Berapa banyak pelanggan yang menerima newsletter suatu perusahaan di inbox nya, berapa banyak yang gagal terkirim, berapa banyak yang menanggapi newsletter tersebut dengan meng-klik link yang disediakan, atau seberapa cepat dan particular ketersebaran newsletter suatu perusahaan melalui sosial media, juga berapa banyak subscriber baru atau pelanggan yang meng-unsubscribe newsletter (beserta alasan nya) kita dapat dengan mudah dipantau.

4. Interaksi dengan motorcar-responder

Beberapa jenis interaksi dengan pelanggan bisa dilakukan secara otomatis dan terjadwal dengan fitur auto-responder, misalnya electronic mail follow-up kepada pelanggan yang baru saja subscribe, atau otomatis mengirimkan ucapan selamat ulang tahun pada tanggal ulang tahun masing-masing pelanggan, apapun isi dan jenis-jenis pemicu nya bisa dengan mudah di prepare up. Perusahaan dengan jumlah pelanggan yang banyak akan sangat terbantu dengan fitur ini.

Tentu saja, semua fitur tersebut diatas mesti didukung oleh tim konten dan inovasi produk/layanan yang kreatif dan aktif. Dan pemasaran melalui email newsletter ini jika salah dilakukan amatlah berbahaya bagi integritas perusahaan tersebut, email newsletter yang salah prosedur dan tanpa strategi yang matang dari sisi frekuensi maupun konten nya akan disalahpahami sebagai
SPAM.

Newsletter Yang Baik dan Efektif:

ane. Konten newsletter yang informatif dan berguna

Kunci suatu newsletter di subscribe oleh banyak pelanggan adalah karena selalu ada manfaat bagi pelanggan tersebut baik dari sisi informasi terbaru (sesuai segmen pelanggan tersebut) maupun dari sisi promosi yang tidak didapatkan di lain tempat selain di newsletter tersebut.

Baca Juga :   Prosesor Dibuat Oleh Beberapa Pengembang Seperti

two. Frekuensi yang teratur dan wajar

Bisa menembus langsung inbox pelanggan kadang membuat perusahaan jadi terlalu bersemangat dalam mengirimkan update/penawaran sebanyak mungkin, padahal belum tentu efektif dan mungkin malah bisa dianggap mengganggu. Email newsletter bisa diatur bulanan, atau mingguan, tapi jelas umumnya tidak harian. Sesuaikan konten dan frekuensi nya dalam tingkat wajar. Frekuensi yang jarang atau tidak teratur juga dihindari.

3. Memastikan pelanggan memang bersedia menerima email newsletter

Banyak perusahaan yang memiliki data email pelanggan nya, begitu saja mengirimkan newsletter kepada pelanggan tanpa seizin yang bersangkutan. Perusahaan mesti secara eksplisit meminta izin pelanggan nya untuk bersedia menerima newsletter, izin tadi bisa secara eksplisit tertulis di course pendaftaran pelanggan dan selalu ada opsi untuk tidak bersedia dikirimkan email newsletter dari perusahaan.

4. Selalu ada link/tombol unsubscribe pada bagian bawah newsletter

Pelanggan yang sudah subscribe memiliki hak untuk sewaktu-waktu unsubscribe dari newsletter suatu perusahaan, dan usahakan unsubscribe nya semudah menekan satu-dua tombol/link saja (form feedback nya pun opsional), prosedur meminta pelanggan untuk login lagi dalam mengatur subscription nya biasanya membuat pelanggan yang tidak sabar lebih memilih menekan tombol ‘report spam’. Sekali saja suatu electronic mail masuk daftar hitam sebagai spam, akan amat sulit untuk bisa membersihkan nya lagi.

Email newsletter ini bukan tidak memiliki kekurangan, yang paling umum adalah pelanggan yang tidak membaca email nya, atau pelanggan yang memiliki inbox yang amat sibuk kadang mangabaikan email-email newsletter yang masuk.

Namun suatu newsletter yang memiliki value yang baik, setidak nya akan membuat sang pelanggan tetap mempertahankan subscription nya dan sesekali akan membuka newsletter perusahaan tersebut. Email newsletter ini bukanlah pengganti dari jalur pemasaran online lain, namun sebagai pelengkap strategi pemasaran online karena bisa di integrasikan dengan website dan jejaring sosial suatu perusahaan.

Baca Juga :   Non Entrepreneur Adalah

(Dimuat di Harian Kontan, Senin one Juli 2013)

Jelaskan Peran Tautan Link Dalam Email Newsletter

Source: https://wira.wordpress.com/2013/06/16/menjaga-hubungan-pelanggan-dengan-email-newsletter/