Pengertian TIK
– Hampir semua bidang kehidupan merasakan perkembangan teknologi. Tak terkecuali bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Sebuah bidang yang begitu akrab di telinga tetapi masih ada banyak yang tidak cukup paham bila diminta mendefinisikan apa itu sebenarnya teknologi informasi dan komunikasi.

Padahal di edukasi formal, nama ini kerap digunakan sebagai di antara nama mata pelajaran. Pada dasarnya, teknologi informasi dan komunikasi atau yang diseingkat TIK berisi dua unsur yang saling melengkapi dan sama-sama penting yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Untuk lebih jelasnya, kita akan membicarakan pengertian teknologi informasi dan komunikasi dalam artikel ini, menyeluruh dengan sejarah dan manfaatnya.

Pengertian TIK


TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sebuah terminologi yang mencerminkan perkembangan teknologi serta seluruh perlengkapan teknis untuk mengerjakan suatu proses dan mengucapkan sebuah informasi.

Ada dua aspek penting yang terdapat dalam TIK yang pertama yaitu teknologi informasi dan yang kedua yakni teknologi komunikasi.

Teknologi informasi sehubungan dengan berbagi urusan yang dilaksanakan dan dipakai untuk mendapatkan suatu informasi, sementara teknologi komunikasi sehubungan dengan sekian banyak cara yang dilaksanakan untuk mengerjakan komunikasi dengan pertolongan teknologi.

Secara umum, teknologi informasi dapat dijabarkan sebagai studi yang mempelajari pengembangan, implementasi, perancangan, dan manajemen suatu sistem informasi.

Dengan kata lain, Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu urusan yang sehubungan dengan proses, manupulai dan pemakaian media sebagai pengiriman, penerimaan dan distribusi informasi dari satu perlengkapan ke perlengkapan lain.

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut beberapa para ahli.

1. Williams dan Sawyer (2003)

Menurut keterangan dari mereka ilmu TIK merupakan perkembangan teknologi adalahpenggabungan dari sejumlah Komputer melewati jalur komunikasi dengan mempunyai kecepatan tinggi yang dapat membawa data atau video.

2. Eric Deeson

Eric Deeson berasumsi bahwa TIK yaitu solusi untuk manusia untuk dipakai sebagai alat guna memenuhi keperluan manusia dalam mengambil, mengolah, memproses dan mengalihkan serta berbagi data informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan sejumlah pihak yang bersangkutan.

three. Puskur Diknas Indonesia

Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi (TIK) yakni suatu format yang tidak dapat diceraikan serta mempunyai kandungan arti yang luas tentang tentang semua pekerjaan yang dikaitkan dengan semua pekerjaan pemrosesan, ketika manipulasi, proses pengelolaan, dan pada ketika transfer atau mengalihkan informasi untuk antar media.

Baca Juga :   Kain Katun Terbuat Dari Serat Tumbuhan

4. Anatta Sannai

Anatta Sannai menyampaikan pendapat bahwa dengan TIK seseorang bakal sangat gampang untuk mendapat informasi atau data orang lain.


Baca juga: Pengertian Koloid

Sejarah Singkat dan Perkembangan TIK

Secara nyata pertumbuhan teknologi paling berperan urgen terhadap pertumbuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Banyak temuan yang menjadi mula sejarah TIK laksana pada tahun 1875 Alexander Graham Bell mengejar teknologi telepon seluler, lantas temuan Graham Bell berkembang menjadi suatu jaringan komunikasi yang dilaksanakan dengan media kabel di semua wilayah daratan amerika serikat.

Tak selalu itu perkembangannya juga dibuntuti dengan pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik dan jaringan telepon ini menjadi insfrastruktur masif yang pertama yang di bina secara sengaja oleh insan untuk mengerjakan komunikasi secara global.

Saat masuk abad ke twenty yakni di kisaran tahun 1910 hingga 1920 dan terwujudlah suatu transmisi yang dilaksanakan tanpa media kabel yang memakai siaran radio AM guna pertama kalinya dan komunikasi tanpa kabel yang dilaksanakan radiopun terus merasakan perkembangan yang paling cepat.

Lalu terciptalah teknologi komunikasi acoustic suara yang dilaksanakan tanpa memakai media kabel dan pada tahun 1940 terciptalah teknologi baru berupa teknologi televisi.

Komputer elektronik pun mulai berkembang pada tahun 1943 dan terus merasakan perkembangan dari masa-masa ke waktu.

Perkembangan teknologi elektronika yang paling pesat menciptakan perkembangan TIK pada ketika ini. TIK lebih berkembang pesat sesudah adanya kompetisi yang terjadi antara blok barat yakni amerika serikat dan unsur timur yaitu uni soviet.

Penciptaan mesin-mesin canggihpun telah mulai berkembang pada saat tersebut karena ketika perang membutuhkan senjata yang bertolak belakang dan teknologipun berkembang dan menjadi cikal akan TIK hingga dengan saai ini.

Perkembangan TIK memang sangatlah pesat khusunya di Indonesia sebab kini untuk menggali teknologi canggih, menggali informasi berbagi urusan dan mengerjakan komunikasi dengan orang tua, keluarga, rekan dan pacar sangatlah gampang dilakukan.

Untuk menggali teknologi canggih kamu tinggal mencarinya di Google, untuk menggali informasi dalam berbagi urusan ada di internet dan guna berkomunikasi di jaman kini sangatlah mudah sebab adanya hp.

Manfaat TIK

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat tentu mencetuskan pertanyaan kenapa semua itu dapat terjadi. Ternyata ini tak lepas dari banyaknya manfaat yang diserahkan oleh teknologi informasi dan komunikasi. Berikut sejumlah diantaranya:

  • Media untuk bertukar informasi. Berbagai media komunikasi dapat dengan gampang kita pakai berkat pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi. Kita dapat dapatkan informasi dari media cetak maupun online dengan paling mudah.
  • Sarana komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa batasan apapun. Misalnya dengan memanfaatkan jaringan net. Kita juga dapat berkomunikasi melewati radio.
  • Mempermudah pembelajaran. Berkembangnya edukasi online adalahsalah satu bukti nyata guna teknologi informasi dan komunikasi ketika ini. kedepan barang kali akan ada tidak sedikit pembelajaran lain dilaksanakan secara online.
  • Hemat biaya. Bagi kursus atau privat dapat kita kerjakan dengan online, pasti biayanya lebih murah dibanding bila dilaksanakan secara offline.
  • Meningkatkan produktivitas sebuah pekerjaan. Berkat teknologi informasi dan komunikasi kita dapat melakukan tidak sedikit pekerjaan dalam masa-masa singkat.
Baca Juga :   Bahasa Sunda Aku Benci Kamu


Baca juga: Pengertian Jual Beli

Peralatan TIK

Kata informasi memiliki makna tersendiri dan dalam penerapannya memerlukan alat atau hardware yang spesifik. Begitu juga dengan kata komunikasi.

Sekarang anda mengenal begitu banyak alat komunikasi yang menciptakan jarak bukan lagi menjadi masalah sekitar alat komunikasi itu tersedia. Informasi bisa ditayangkan atau dikatakan ke sebuah tujuan yang jauh memakai peralatan-peralatan di bawah ini.

  • Komputer, yakni alat yang bermanfaat untuk mengubah data menjadi informasi menurut keterangan dari prosedur yang sudah dirumuskan sebelumnya.
  • Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yakni alat guna menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain laksana DVD Actor.
  • OHP (Over Head Projector), yakni alat guna menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi.
  • Radio, yakni alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
  • Televisi, yakni alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
  • Net, yakni hubungan antar komputer dalam sebuah jaringan global yang memungkinkan masing-masing komputer saling bertukar informasi.
  • GPS (Global Positioning Organisation), yakni alat informasi bermanfaat menilai letak, arah atau kecepatan benda yang sedang di permukaan bumi.
  • Faximile, yakni alat guna mengirim dan menerima dokumen melewati jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama serupa dengan dokumen asli.
  • Satelit komunikasi, yakni benda produksi manusia yang ditaruh di ruang antariksa untuk kebutuhan telekomunikasi.
  • Telepon, yakni alat komunikasi bermanfaat untuk mengirim data suara melewati sinyal listrik.
  • Handphone atau telepon seluler, yakni alat komunikasi bergerak guna mengirim data suara. Telepon seluler memakai gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
  • Modem, yaitu perlengkapan keras yang bermanfaat mengganti sinyal digital menjadi sinyal listrik yang bisa merambat melewati telepon, dan sebaliknya. Modem adalahperangkat urgen untuk mengakses Internet.

Fungsi TIK

  • Berfungsi sebagai perangkat (tools) untuk menolong penanganan pekerjaan yang terjadi sehari hari dengan memakai perangkat komputer.
  • Berfungsi sebagai sumber dari ilmu pengetahuan (science).
  • Berfungsi sebagai perangkat dan bahan pembelajaran (literacy).


Baca juga: Pengertian Gotong Royong

Peran TIK

Berikut ini terdapat sejumlah peran tik (teknologi informasi dan komunikasi), yang terdiri atas:

one. Peran TIK dalam Bidang Ekonomi

A. Electronic Commerce (Eastward-commerce)

East-commerce merupakan perdagangan dengan menggunakan kemudahan jaringan komunikasi internet. Jadi penjaja dan pembeli dapat mengerjakan transaksi tanpa butuh bertemu secara langsung.

Proses transaksi bisa mereka kerjakan melalui jaringan internet. Adapun pembayaran barang itu dapat menggunakjan kartu kredit si pembeli atau melewati proses transfer uang.

B. Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

ATM yaitu layanan perbankan yang dilaksanakan menggunakan mesin yang sudah diprogram oleh bank. Nasabah melulu menggunakan kartu ATM dan memasukkan PIN yang mesti dipertahankan kerahasiaannya.

Nasabah pun dapat mengerjakan transaksi yang diinginkan, contohnya penarikan uang, trsansfer uang, pembayaran tagihan (telepon, listrik, PDAM, dan lain-lain) dan pemeriksaan saldo.

Baca Juga :   Contoh Karangan Singkat Tentang Cita Cita

C. SMS Banking

Selain melewati ATM dan internet banking, layanan transaksi perbankan pun dapat dilaksanakan melalui SMS yang biasa dinamakan SMS banking.

Melalui SMS banking, nasabah dapat mengerjakan transaksi berupa transfer uang, pembayaran tagihan atau pemeriksaan saldo.

2. Peran TIK dalam Bidang Pendidikan

A. Perpustakaan Online (Digital Library)

Perpustakaan online atau lebih dikenal dengan istilah digital library yakni sebuah jarinagn kerja di cyberspace yang meluangkan informasi dan bahan buku dalam format data elektronik.

Dalam digital library ini tersimpan informasi, dokumen, audio visual, dan pelajaran grafis yang terbuat dalam sekian banyak jenis media sampai-sampai dapat diakses melewati internet.

B. Buku Sekolah Elektronik (E-volume)

E-book adalah suatu media digital yang mempunyai kesamaan dengan kitab cetak konvensional. Sebuah kitab elektronik isinya berupa teks elektronik. Bagi membaca kitab ini pasti saja dibutuhkan alat tolong yakni komputer.

C. Kelas Online (Due east-learning)

Kelas online yang biasa dinamakan e-learning ialah sekumpulan metoda pengajaran di mana kegiatan pengajaran dilakukan secara terpisah dari kegiatan belajar. Pada sistem edukasi ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak mesti berada dalamlingkungan geografis yang sama.

iii. Peran TIK dalam Bidang Pemerintahan

A. Electronic Authorities (E-government)

E-government merupakan suatu format sistem baru yang dapat membantu pemerintah dalam urusan transparansi informasi serta layanan masyarakatsecara online.

Untuk merealisasikan E-government, sebuah institusi pemerintah dapat menciptakan sebuah website (website) yang mengandung informasi menyeluruh dan akurat mengenain institusi mereka.

B. Hasil Pemilihan Umum

Yang dimaksud di sini yaitu siapa saja yang menjadi pemenang dalam pemilihan umum. Jadi masyarakat Republic of indonesia bisa mengaksesnya dengan cepat.

Dampak TIK

Berikut ini terdapat sejumlah dampak tik (teknologi informasi dan komunikasi), terdiri atas:

1. Dampak Positif Penggunaan TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menambah kehidupan manusia, yang berarti eksistensi teknologi informasi dan komunikasi bisa member guna atau keuntungan untuk kehidupan manusia.

Ketika memakai telepon, menyaksikan televise, menggarap tugas dengan computer dan menggunakan kemudahan cyberspace, sampai-sampai apapun masalah anda sangat gampang kita atasi.

Dampak Positif pemakaian TIK pun memungkinkan dan memudahkan insan untuk bisa saling bersangkutan dengan cepat, gampang dan terjangkau.

Informasi dari belahan dunia beda dengan gampang dapat diterima dengan cepat, kegiatan komunikasi antar dua lokasi yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat memakai alat-alat teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam bidang pendidikan, pertumbuhan TIK berpotensi untuk membina masyarakat yang demokratis, urusan ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa, guru dan guru, dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses edukasi dalam dan diluar sekolah.

2. Dampak Negatif Penggunaan TIK

Perkembangan TIK sering dirasakan sebagai kebajikan atau kemudahan untuk para pemakainya. Namun, saat nalar, keterampilan dan iman anda belum mencukupi atau tidak siap untuk mengekor perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak melulu menimbulkan efek positif, tetapi pun menimbulkan efek negative.

Efek negative tersebut diakibatkan oleh pertumbuhan ilmu IPTEK. Penguasaan IPTEK bahkan dipakai untuk mencari prosedur yang jujur sampai-sampai chyber crime. Selain itu Penguasaan IPTEK malah dipakai untuk memuaskan hasrat keduniaan sehingga lahirlah cyber porn.

Adapun efek negative lainnya dari pemakaian TIK ialah semakin maraknya kegiatan pembajakan plan computer dan VCD, CD, DVD kegiatan tersebut adalah tindak kriminalitas yang ditata undang-undang sebab termasuk pekerjaan illegal yang merugikan pihak lain.

Demikianlah penjelasan tentang
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
dari
RuangPengetahuan.Co.Id
semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.