Membaca Skipping Adalah

Membaca Skipping Adalah

sumber gambar: freepik.com




Teknik


membaca merupakan salah satu kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang melakukannya. Sejak kecil, kita diajarkan senantiasa membaca untuk memperoleh pengetahuan.


Dikutip dari buku


Tools for Study Kills: Teknik Membaca Efektif karya Femi Olivia (2008: 46)

, teknik membaca sama halnya dengan memilih baju. Ketika memilih baju yang akan kita kenakan, tentu kita perlu menyesuaikannya dengan kondisi cuaca maupun acara yang akan kita hadiri.


Hal ini sama dengan teknik membaca, yang mana juga perlu disesuaikan dengan kondisi apa yang ingin kita peroleh dari bahan bacaan tersebut. Ada beberapa jenis teknik kegiatan membaca yang dapat Anda praktikkan. Adapun


jenis-jenis


teknik membaca di antaranya sebagai berikut.


Jenis- jenis Teknik Membaca yang Perlu Diketahui



Skimming


disebut juga sebagai teknik membaca layap, merupakan sebuah cara membaca dengan mengambil intisari dari bahan


bacaan


untuk mempermudah mengetahui isi buku secara cepat. Meskipun membaca dengan cepat, akan tetapi, Anda tetap perlu membacanya secara runut mulai dari daftar isi, hingga akhir halaman yang memiliki kesimpulan.



Scanning


merupakan teknik membaca tatap atau membaca memindai. Tujuan membaca dengan menggunakan teknik ini yaitu untuk mendapatkan fakta ataupun informasi tertentu.


Tekniknya yakni dengan membaca secara meloncat-loncat dari bagian satu ke bagian lainnya. Hal yang ditekankan pada teknik scanning yaitu meskipun dituntut membaca cepat, namun juga perlu mencari poin-poin penting dalam bahan bacaan tersebut.


Umumnya,


selecting


digunakan oleh seseorang yang ingin menemukan


literatur


atau referensi untuk mengembangkan tulisannya. Sehingga, tulisan yang diciptakan akan lebih berbobot dan informatif.



Skipping


merupakan teknik baca yang melompati atau mengabaikan bagian yang dirasa tidak diperlukan. Jika telah mengerti isi dari bagian tertentu dalam bacaan, maka melewatinya tidak menjadi masalah.


Singkatnya, apabila bahan bacaan yang dibaca sudah tidak berkesinambungan dengan kebutuhan Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan teknik


skipping

. Tentunya, teknik yang satu ini dapat Anda gunakan ketika membaca jenis bacaan apapun.

Membaca Skipping Adalah

Source: https://kumparan.com/berita-update/jenis-jenis-teknik-membaca-yang-perlu-diketahui-1vUfwzsY4XB