Cara Melestarikan Pakaian Daerah

Cara Melestarikan Pakaian Daerah

Detect: Undefined index: sfsi_plus_icons_AddNoopener in
/home/u4542783/public_html/clients/lakumas.com/wp-content/plugins/ultimate-social-media-plus/libs/sfsi_widget.php
on line
1614

Cara melestarikan budaya
adalah hal yang penting untuk diketahui. Dengan diketahuinya hal ini, kemungkinan terjadinya kepunahan akan menurun.

Kepunahan sendiri memang hal yang cukup sulit diatasi. Sekarang sudah banyak budaya Indonesia yang menghilang. Ini terjadi karena tidak ada orang yang memiliki kesiapan untuk melestarikannya.

Perlu diingat, Indonesia adalah negara yang sangat besar. Besarnya ukuran tersebut tentu membuat budaya yang ada di dalamnya sangat bermacam-macam. Adalah kesalahan besar jika menganggap variasi budaya di Republic of indonesia sangat sedikit.

Suku di Republic of indonesia saja sangat banyak. Terlebih lagi setiap suku tersebut memiliki banyak budaya. Hal tersebut membuat
cara melestarikan budaya
perlu diketahui setiap orang.

Melestarikan budaya sendiri bisa dilakukan dengan banyak media. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kain dan pakaian tradisional.

Kain dan Pakaian Tradisional Bisa Menjadi Cara Melestarikan Budaya

Cara melestarikan budaya
menggunakan kain dan pakaian tradisional sendiri tidak sulit. Jika memiliki kemauan, setiap orang pasti bisa melakukannya.

Terdapat beberapa cara yang bisa dipraktekkan dalam upaya untuk melestarikan budaya. Untuk lebih jelas, berikut beberapa caranya.

  1. Miliki Rasa Cinta

Cara melestarikan budaya
pertama adalah dengan memiliki rasa cinta. Rasa cinta sendiri sangat penting dalam upaya pelestarian budaya. Jika kecintaan tidak dimiliki, motivasi untuk melestarikannya tidak akan dimiliki.

Terdapat perbedaan antara orang dengan motivasi yang kuat dan tidak. Ketika motivasi seseorang tidak kuat, setiap upayanya pasti tidak dinikmati. Inilah yang membuat pelestarian budaya terasa lebih sulit.

Selain itu, orang dengan kecintaan yang tinggi juga menjadi lebih kreatif. Kondisi kreatif inilah yang membuat upaya pelestarian budaya menjadi lebih variatif.

  1. Jangan malu
Baca Juga :   Jelaskan Penilaian Dalam Permainan Rounders

Hampir setiap orang pasti menunjukan kesiapan ketika diajak untuk melestarikan budaya. Namun, hanya sedikit yang melakukannya dengan percaya diri. Kebanyakan malah malu ketika melakukannya.

Dalam
cara melestarikan budaya, kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting. Jika malu, setiap prosesnya akan lebih berat untuk dijalani. Ini membuat seseorang tidak maksimal.

Untuk menumbuhkan kepercayaan diri tersebut, cobalah untuk menggunakan kain dan pakaian tradisional saat beraktivitas. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Perkenalkan

Jangan sampai kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya hanya dimiliki oleh diri sendiri. Pastikan juga orang di sekitar memiliki kesadaran tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkenalkan kain dan pakaian tradisional kepada masyarakat umum. Target utama dalam perkenalan budaya adalah generasi muda. Itu karena generasi muda adalah pihak yang akan memegang tanggung jawab ini di masa depan.

Selain pada generasi muda, penting juga untuk memperkenalkan tentang budaya kepada warga asing. Buatlah kesadaran kalau budaya di Republic of indonesia adalah hal yang spesial.

  1. Buat Pelatihan

Ketika kain dan pakaian tradisional sudah dikenalkan, akan banyak orang yang mulai tertarik. Disini diperlukan pelatihan untuk menunjang ketertarikan tersebut.

Pelatihannya sendiri bisa memiliki bentuk yang berbeda-beda. Bentuk pertama adalah pelatihan dalam pembuatan. Pembuatan dari pakaian dan kain tradisional sendiri memang cukup unik.

Selanjutnya bisa juga membuat pelatihan sebagai upaya pengenalan. Jelaskan pada orang-orang yang tertarik mengenai berbagai macam budaya yang ada di Indonesia.

  1. Adakan Pameran

Mengadakan pameran adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya pameran, budaya akan dikemas menjadi semakin menarik.

Kondisi ini tentu membuat jumlah peminatnya mengalami peningkatan. Namun untuk membuat pameran, Anda membutuhkan orang-orang sekitar yang siap membantu dalam pembuatannya.

Baca Juga :   Dekade Baru Seni Rupa Timur Dimulai Pada Abad Ke

Pastikan untuk memiliki kesiapan dalam melestarikan budaya. Jangan lupa juga untuk mengajak orang-orang di sekitar dalam prosesnya. Intinya, praktekkan
cara melestarikan budaya
di atas dengan sebaik mungkin.

Share:

Facebook

LinkedIn


Cara Melestarikan Pakaian Daerah

Source: https://lakumas.com/2022/05/17/cara-melestarikan-budaya-lewat-kain-dan-pakaian-tradisional/