Kelebihan Dan Kekurangan Kalkulator

Kelebihan Dan Kekurangan Kalkulator


Sejarah Kalkulator

Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Seiring dengan berjalannya waktu kalkulator berkembang sampai kepada kalkulator

sains

yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Penggunaan umum kalkulator biasanya difungsikan untuk melakukan proses perhitungan yang melibatkan penjumlahan, perkalian, pembagian, maupun perhitungan lainnya yang sulit dilakukan secara manual.



Orang menggunakan kalkulator bukan hanya untuk menghitung secara sederhana saja melainkan perhitungan yang lebih kompleks. Untuk keperluan inilah kemudian kalkulator dikembangkan menjadi lebih lengkap dari segi satuan yang dapat digunakan. Maka dari itu muncul kalkulator dengan fungsi lebih banyak. Penulis akan mengupas sejarah kalkulator yang pernah ada di dunia.



Berikut adalah sejarah kalkulator yang pernah ada di dunia. Yakni sebagai berikut :


one.



Kalkulator Abacus


Gambar.1.ane. Kalkulator Abacus



         Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia merupakan sebuah awal mulai mesin komputasi. Alat ini memungkinkan untuk melakukan perhitungan dengan cara menggeser biji-bijian yang diatur pada sebuah rak.


Gambar1.2. Penemu
Kalkulator




Wajar saja pada masa itu hanya digunakan untuk melakukan perhitungan




biji-bijian yang di atur dalam sebuah rak. Penulis memiliki spekulasi bahwa penggunaannya hanya menghitung dalam proses perdagangan. Karena manusia pada zaman dulu banyak yang berprofesi sebagai pedagang khususnya di wilayah Asia.



Abacus mulai hilang popularitasnya disebabkan oleh adanya penemuan kertas dan pensil khususnya di wilayah Eropa. Penulis mengetahui bahwa salah satu produk pensil Eropa yakni Faber-Castell yang masih ada sampai saat ini yang diproduksi di negara Jerman.


2.



Kalkulator Pascaline (1642)


Gambar. ii.1. Kalkulator Pascaline



Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) pada waktu itu berumur 18 tahun menemukan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.


Gambar. 2.one. Blaise Pascaline



Dari kutipan diatas, kalkulator ini sedikit lebih unggul dibandingkan dengan kalkulator Abacus.

   Karena penggunaannya sedikit lebih rumit dengan melakukan perhitungan pajak. Tentu saja perhitungan pajak lebih sulit daripada perhitungan perdagangan pada masa itu. Kelemahan alat ini hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.


3.



Kalkulator Leibniz (1694)


Gambar. 3.one. Kalkulator Leibniz












    Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki mesin Pascaline yang dibuat oleh Blaise Pascal dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.


Gambar.3.2. Gottfred
Leibniz




Kalkulator ini berkembang akibat dari kelemahan yang dibuat oleh kalkulator pendahulunya. Dengan mempelajari catatan dan beberapa gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Namun kalkulator ini hanya sebatas bisa dalam perhitungan penjumlahan dan mengalikan saja.



Pada masa ini kalkulator belum sampai kepada fungsi umumnya yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Karena hanya dapat menemukan proses pembagian yang ditemukan dari pengembangan kalkulator sebelumnya. Fungsinya hanya sebatas penjumlahan dan perkalian.


4.



Kalkulator Mekanik


Gambar.four.one. Kalkulator Mekanik




Gambar.4.2. Charles de Colmar


Pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.Kalkulator ini mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat terssebutdapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kalkulator ini banyak dipergunakan pada masa Perang Dunia ane. Karena dapat membantu membangun era komputasi mekanikal.



Awal dari perkembangan komputasi mekanikal tidak akan pernah terjadi apabila komputer ini tidak ditemukan. Konsep yang diterapkan dalam kalkulator ini dapat berpengaruh besar terhadap era komputasi mekanik.


5.



Kalkulator Hollerith (1889)


Gambar.v.1Kalkulator Hollerith



Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.


Gambar.v.two Herman Hollerith



Dorongan dari penemuan kalkulator ini karena telah kesal dengan perhitungan sensus yang memerlukan waktu ten tahun untuk melakukan perhitungan sensus penduduk. Penggunaan selanjutnya banyak digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan usaha bisnisnya.



Kalkulator ini sangat membantu dalam hal proses sensus penduduk karena dapat mempersingkat pekerjaan manusia pada saat itu khususnya dalam bidang sensus penduduk yang dapat mengurangi beban manusia dalam melakukan aktifitas kehidupannya. Keuntungan lain yang dapat digunakan dalam penemuan kalkulator membantu dalam melakukan kegiatan bisnis.


half-dozen.



Kalkulator ilmiah


Gambar.6.one Kalkulator Ilmiah


Gambar.vi.ii. Vannevar Bush


Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademis. Kalkulator ini sudah tidak asing pada masa sekarang karena sangat mudah mendapatkanya. Kalkulator ini memiliki nama lain bagi anak sekolahan biasanya disebut kalkulator ilmiah.

Setelah menyajikan beberapa fakta dan pendapat penulis yang telah dituangkan dalam kutipan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa awal perkembangan kalkulator hanya digunakan pada perhitungan oleh para pedagang biasa. Perkembangan selanjutnya kalkulator digunakan dalam perhitungan pajak yang lebih rumit dari perhitungan pedagang biasa.

Dalam dunia matematika kalkulator banyak digunakan sebagai kebutuhan untuk menghitung mampu membantu menangani tugas-tugas matematika umum seperti aljabar dan persamaan sederhana. Jenis kalkulator ilmiah seperti ini mungkin sesuai untuk pelajar sekolah menengah. Bagi mahasiswa,membutuhkan kalkulator ilmiah dengan lebih banyak fungsi seperti grafik dan fraksi. Kalkulator scientific seperti ini akan mampu mengerjakan soal-soal dengan penyebut umum, faktor-faktor umum dan kelipatan.

Sesuai dengan kebutuhan kalkulator dibagi beberapa jenis yakni :


1.



Kalkulator software

Perangkat lunak ini mencakup lebih dari 100 fungsi kalkulasi dan evaluasi, entah fungsi standar yang dapat ditemukan pada kalkulator biasa atau fungsi dan ekspresi hasil rumusan pengguna mahir. Untuk perangkat windows lebih canggih daripada perangkat android ataupun perangkat yang lainnya. Karena ditunjang oleh sistem operasi yang mempuni dari program windows tersebut. Untuk sistem android sendiri hanya terbatas pada penggunaan fitur-fitur yang ada pada sistem tersebut.


2.



Kalkulator Manual

Kalkulator manual hanya digunakan dalam penggunaan yang lebih sederhana daripada kalkulator software maupun kalkulator statistika. Biasanya kita dapat jumpai penggunaan kalkulator ini oleh para pedagang.


3.



Kalkulator Statistik

Kalkulator
CASIO fx 3600 pv
merupakan kalkulator ilmiah yang penggunaannya banyak digunakan oleh mahasiswa dan pelajar. Kalkulator ini dibutuhkan dalam perhitungan beberapa fungsi dalam statistika misalnya pencarian rerata, median, modus dll. Kalkulator ini banyak ditemukan dipasaran atau di jual di toko-toko alat tulis.



Kelebihan dan Kekurangan Kalkulator

Software

Manual

Statistik

+

+

+

Memiliki lebih dari 100 fungsi kalkulasi dan evaluasi

Pemakainya harus memiliki pemahaman yang lebih

Lebih mudah dipakai

Hanya terbatas pada fungsi yang sederhana

Data yang sudah masuk kedalam kalkulator dapat diketahui

Pemakainya harus memiliki pemahaman yang lebih

Dari beberapa kutipan dari beberapa sumber penulis memiliki pandangan kalkulator pada tahun 2100 kalkulator akan mengalami perkembangan yang lebih pesat. Jika kalkulator dikembangkan dan dijadikan dalam pengembangan sistem operasi yang lebih mahir. Akan tetapi semua itu akan terwujud apabila telah memiliki kemahiran dalam mengembangkan sistem operasi kalkulator pada sistem operasi khusunya komputer. Faktor pendukungnya di benua Eropa pada saat ini telah mulai mengembangkan kalkulator menjadi lebih canggih dengan ditunjang oleh beberapa sistem operasi yang dapat menunjang kebutuhan manusia. Kalkulatot merupakan barang teknologi, maka pengenbangan kalkulator akan terus mengalami peningkatan.

Melihat dari perkembagan zaman yang begitu pesat semakin banyak juga kebutuhan manusia. Kita sebagai generasi penerus harus mampu berinovasi dan terus menciptakan berbagai karya atau bahan yang dapat berguna bagi semua orang bahkan harus dapat diakui oleh dunia internasional. Khususnya dalam bidang teknologi, zaman sekarang teknologi selalu dijadikan sebagai kebutuhan tiap individu diberbagai negara.

Seiring dengan perkembangan zaman kalkulator mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan pada saat itu. Ada yang dibutuhkan untuk perdagangan, dalam perkembangan teknologi dan ada juga yang membantu peperangan. Perkembangan era komputasi mekanikal menjadi awal dari perkembangan komputer yang banyak digunakan pada masa sekarang. Para pedagang tidak bisa terlepas dari penggunaan kalkulator untuk menunjang proses jual belinya. Sejarah perkembangan kalkulator sangat bergantung kepada kebutuhan yang dibutuhkan manusia pada zamannya. Berkembangnya zaman ikut serta dalam perkembangan kalkulator.



Dari beberapa kutipan dari beberapa sumber penulis memiliki pandangan kalkulator pada tahun 2100 kalkulator akan mengalami perkembangan yang lebih pesat. Jika kalkulator dikembangkan dan dijadikan dalam pengembangan sistem operasi yang lebih mahir. Akan tetapi semua itu akan terwujud apabila telah memiliki kemahiran dalam mengembangkan sistem operasi kalkulator pada sistem operasi khusunya komputer. Faktor pendukungnya di benua Eropa pada saat ini telah mulai mengembangkan kalkulator menjadi lebih canggih dengan ditunjang oleh beberapa sistem operasi yang dapat menunjang kebutuhan manusia. Kalkulatot merupakan barang teknologi, maka pengenbangan kalkulator akan terus mengalami peningkatan.

Melihat dari perkembagan zaman yang begitu pesat semakin banyak juga kebutuhan manusia. Kita sebagai generasi penerus harus mampu berinovasi dan terus menciptakan berbagai karya atau bahan yang dapat berguna bagi semua orang bahkan harus dapat diakui oleh dunia internasional. Khususnya dalam bidang teknologi, zaman sekarang teknologi selalu dijadikan sebagai kebutuhan tiap individu diberbagai negara.

Seiring dengan perkembangan zaman kalkulator mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan pada saat itu. Ada yang dibutuhkan untuk perdagangan, dalam perkembangan teknologi dan ada juga yang membantu peperangan. Perkembangan era komputasi mekanikal menjadi awal dari perkembangan komputer yang banyak digunakan pada masa sekarang. Para pedagang tidak bisa terlepas dari penggunaan kalkulator untuk menunjang proses jual belinya. Sejarah perkembangan kalkulator sangat bergantung kepada kebutuhan yang dibutuhkan manusia pada zamannya. Berkembangnya zaman ikut serta dalam perkembangan kalkulator.

Dari beberapa kutipan dari beberapa sumber penulis memiliki pandangan kalkulator pada tahun 2100 kalkulator akan mengalami perkembangan yang lebih pesat. Jika kalkulator dikembangkan dan dijadikan dalam pengembangan sistem operasi yang lebih mahir. Akan tetapi semua itu akan terwujud apabila telah memiliki kemahiran dalam mengembangkan sistem operasi kalkulator pada sistem operasi khusunya komputer. Faktor pendukungnya di benua Eropa pada saat ini telah mulai mengembangkan kalkulator menjadi lebih canggih dengan ditunjang oleh beberapa sistem operasi yang dapat menunjang kebutuhan manusia. Kalkulatot merupakan barang teknologi, maka pengenbangan kalkulator akan terus mengalami peningkatan.

Melihat dari perkembagan zaman yang begitu pesat semakin banyak juga kebutuhan manusia. Kita sebagai generasi penerus harus mampu berinovasi dan terus menciptakan berbagai karya atau bahan yang dapat berguna bagi semua orang bahkan harus dapat diakui oleh dunia internasional. Khususnya dalam bidang teknologi, zaman sekarang teknologi selalu dijadikan sebagai kebutuhan tiap individu diberbagai negara.

Seiring dengan perkembangan zaman kalkulator mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan pada saat itu. Ada yang dibutuhkan untuk perdagangan, dalam perkembangan teknologi dan ada juga yang membantu peperangan. Perkembangan era komputasi mekanikal menjadi awal dari perkembangan komputer yang banyak digunakan pada masa sekarang. Para pedagang tidak bisa terlepas dari penggunaan kalkulator untuk menunjang proses jual belinya. Sejarah perkembangan kalkulator sangat bergantung kepada kebutuhan yang dibutuhkan manusia pada zamannya. Berkembangnya zaman ikut serta dalam perkembangan kalkulator.






REFERENSI :

Clubbing.kapanlagi.(2003).


Asal Usul Sejarah Kalkulator





[
Online],
Tersedia:
http://clubbing.kapanlagi.com/threads/115901-Asal-Usul-Sejarah-Kalkulator
.

[
29 Mei 2015
]

Motivasee.corp.(2014). Fungsi tombol pada kalkulator
[Online], Tersedia :





http://www.motivasee.com/fungsi-tombol-mc-mr-ms-m-dan-m-pada-kalkulator/



.
[29 Mei 2015

]

Okeschool.(2015). Sejarah kalkulator
[Online], Tersedia:

http://www.artikel.okeschool.com/artikel/sejarah/1610/sejarah-kalkulator.html.

[29 Mei 2015]

WordPress. Arti kata kalkulator menurut KBBI [
Online], Tersedia :

http://www.




kamus.cektkp.com/kalkulator/
.


[29 Mei 2015]

Kelebihan Dan Kekurangan Kalkulator

Source: http://jakurrid.blogspot.com/2015/07/sejarah-kalkulator.html

Baca Juga :   Sebutkan Metode Pidato