Analisis Novel Kembang Kembang Anten

Analisis Novel Kembang Kembang Anten

Kepribadian Tokoh Utama Dalam Cerita Bersambung Kembang-Kembang Anten Karya Aam Amilia: Pendekatan Psikoanalisis.

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DRAMA PINANGAN KARYA ANTON CHEKOV PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DRAMA PINANGAN KARYA ANTON CHEKOV PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa drama “Pinangan”
karya
Anton Chekov dan Hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Drama ini menceritakan tentang
tokoh
Agus yang datang berkunjung kerumah pak Rukmana untuk meminang putrinya Ratna, tetapi pada saat sudah bertemu
tokoh
Agus tidak berani mengatakan maksudnya datang berkunjung sehingga dia mengalihkan pembicaraan masalah tanah lapang. Namun naasnya itu malah menjadi awal pertengkaran di antara mereka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan psikologi
tokoh
utama
(Agus) dalam drama “Pinangan”
karya
Anton Chekov. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur
kepribadian
tokoh
utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naratif yaitu tipe desain kualitatif yang spesifik “Narasinya dipahami sebagai teks yang dituturkan atau dituliskan dengan menceritakan peristiwa/aksi, yang terhubung secara kronologis. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama Pinangan
karya
Anton Chekov. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog
tokoh
Agus. Teknik pengumpulan data adalah teknik studi pustaka dan teknik baca-catat. Sementara itu, analisis information yang digunakan adalah
pendekatan
psikoanalisis
Sigmund Freud yaitu struktur
kepribadian. Hasil penelitian menunjukan struktur
kepribadian
tokoh
Agus terdiri dari id, ego dan super ego. Id mempengaruhi
tokoh
utama
untuk mengejar keinginan-keinginan untuk segera menikah dengan Ratna dan mempertahankan pendapatnya. Ego berusaha mewujudkan keinginan- keinginan
tokoh
utama
dan super egonya menunjukan jalan yang tidak berlawanan dengan norma agama. Selain itu, hubungan hasil analisis dengan pembelajaran sastra di SMP sangat fungsional. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan, acuan, dan media pembelajaran bagi guru disekolah.

Baca lebih lanjut


83 Baca lebih lajut

Kepribadian Tokoh Utama Novel 'Norwegian Wood'(ノル ウェイの森)Karya Haruki Murakami (Melalui Tinjauan Psikoanalisis).

Kepribadian Tokoh Utama Novel ‘Norwegian Wood'(ノル ウェイの森)Karya Haruki Murakami (Melalui Tinjauan Psikoanalisis).

Dalam penelitian ini, Penulis menggambarkan dan menjelaskan
kepribadian
tokohtokoh
utama
dalam novel Noruwei no Mori yang bernama Toru Watanabe dan Naoko melalui
pendekatan
psikoanalisis
Sigmun Freud.
Psikoanalisis
Sigmund Freud merupakan sebuah teori psikologi yang paling dominan dalam analisis
karya
sastra.
Psikoanalisis
Sigmund Freud merupakan satu sistem dinamis dari psikologi yang mencari akar-akar tingkah laku manusia dalam motivasi dan konflik yang tidak disadari. Dalam usahanya untuk memahami tingkah laku manusia, Freud mengajukan tiga konsep dasar
psikoanalisis
yang terdiri atas : (one) struktur
kepribadian
yang membahas tentang id, Ego dan Super ego. (2) Dinamika
kepribadian
yang membahas tentang insting, phobia dan kecemasan serta mekanisme pertahanan ego, (3) Perkembangan
kepribadian
yang membahas tentang fase-fase atau tahapan psikoseksual manusia.

Baca lebih lanjut


24 Baca lebih lajut

(ABSTRAK) STRUKTUR CERITA NOVEL KEMBANG SAKA PERSI KARYA SOEBAGIJO I.N.

PRINSIP JEUNG MAKSIM OMONGAN DINA PAGUNEMANKUMPULAN CARPON PANGGUNG WAYANG KARYA AAM AMILIA.

PRINSIP JEUNG MAKSIM OMONGAN DINA PAGUNEMANKUMPULAN CARPON PANGGUNG WAYANG KARYA AAM AMILIA.

Tina sababaraha pananglutikan anu geus kapanggih aya sababaraha babandingan anu bisa katitén, boh objékna, boh hasil panalungtikanana. Tétéla, éta panalungtikan téh aya nu méh sarua jeung ieu panalungtikan, di antarana “Analisis Wacana Paguneman dina Kumpulan Carpon Oknum
Karya
Hadi AKS pikeun Bahan Pangajaran Nyarita di SMP” (Oxtavia, 2010), “ Adegan Pragmatis Kalimah Paréntah dina Karangan Siswa Kelas X SMA Pasundan eight Bandung Taun Ajaran 2010/2011” (Maharani, 2011), jeung “Prinsip jeung Maksim Paguneman dina Kumpulan Carpon Si Kabayan Tapa
Karya
Min Resmana ” (Nursalam, 2012).

Baca Juga :   Permainan Tenis Meja Diawali Dengan

Baca lebih lanjut


26 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PERAHU KERTAS KARYA DEWI LESTARI:PERSPEKTIF PSIKOANALISIS

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PERAHU KERTAS KARYA DEWI LESTARI:PERSPEKTIF PSIKOANALISIS

Novel Perahu Kertas merupakan salah satu
karya
dari penulis ternama Indonesia yakni Dewi Lestari. Dewi Lestari salah satu novelis yang memperkaya kesusastraan Republic of indonesia modern dengan
karyakarya
besarnya seperti Supernova Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh, Supernova Akar, Supernova Petir, Perahu Kertas, Rectoverso Dan Madre. Dalam
karya-karyanya Dewi Lestari menceritakan kisah tentang percintaan, persahabatan, cita-cita dan konflik-konflik yang kerap terjadi pada
tokoh
utamanya. Salah satunya adalah novel Perahu Kertas. Perahu kertas ini sebuah novel yang jalan ceritanya mudah dimengerti oleh pembaca dan novel tersebut terkesan mengalir apa adanya ini menceritakan harapan-harapan
tokoh
utama
dalam kehidupannya. Dalam novel Perahu Kertas tersebut terdapat konflik batin yang dialami oleh
tokoh
utama
dalam meraih impiannya yakni
tokoh
Kuggy dan Keenan. Kuggy yang sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang penulis dongeng yang hebat, namun

Baca lebih lanjut


14 Baca lebih lajut

KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH UTAMA PADA ROMAN “LE PAIN NU” KARYA MOHAMED CHOUKRI.

KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH UTAMA PADA ROMAN “LE Pain NU” KARYA MOHAMED CHOUKRI.

Mohamed Choukri, lahir di Ayt Chiker pada tanggal fifteen Juli 1935. Kota Ayt Chiker terletak timur laut kota Maroko. Mohamed Choukri adalah seorang pengarang dan novelis yang sangat terkenal karena roman Le Pain Nu. Le Pain Nu adalah salah satu roman
karya
utama
Mohamed Choukri diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis oleh Tahar Ben Jelloun dirilis pada tahun 1981. Pada tahun 1972, Mohamed Choukri menulis roman ini dalam bahasa Arab berjudul Al Khubz al-Hafi. Di tahun yang sama, dia bertemu dengan seorang penulis dan komposer Amerika, Paul Bowles. Bowles dan Choukri bekerjasama menerjemahkan roman yang sama ke dalam bahasa Inggris berjudul For Bread Alone di tahun 1973. Roman Le Hurting Nu telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa. Roman autobiografi ini pernah diadaptasi menjadi motion-picture show berjudul Princess of the Streets oleh Nabil Ayouch walaupun suasana
cerita
tidak menegangkan dibandingkan dengan pembacaan romannya. Le Hurting Nu juga diadaptasi menjadi moving picture dalam bahasa Itali-Prancis-Aljazair yang diproduksi tahun 2004.

Baca lebih lanjut


124 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN PERWATAKAN TOKOH UTAMA ROMAN LA CONSOLANTE KARYA ANNA GAVALDA (KAJIAN PSIKOANALISIS).

PERKEMBANGAN PERWATAKAN TOKOH UTAMA ROMAN LA CONSOLANTE KARYA ANNA GAVALDA (KAJIAN PSIKOANALISIS).

Anna Gavalda adalah seorang penulis berkebangsaan Prancis yang lahir pada tanggal ix Desember tahun 1970. Sebelum menjadi seorang penulis yang terkenal, Anna Gavalda merupakan seorang guru di salah satu sekolah menengah Seine et Marne. Anna Gavalda merupakan seorang mahasiswa yang lulusan dari salah satu Universitas ternama, yakni Universitas Sorbonne (www.decitre.fr/auteur/271196/Anna+Gavalda/) Kegemarannya dalam menulis juga dituangkan dalam beberapa karyanya seperti Je voudrais que quelqu’united nations m’attende quelque part, Je l’aimais, Ensemble C’est tout, L’Échappée belle dan La Consolante.
Karyakarya
Anna Gavalda ini mendapatkan sukses yang besar, bahkan karyanya yang berjudul Je voudrais que quelqu’un thou’attende quelque part juga diterjemahkan ke dalam 27 bahasa dan berhasil mendapatkan penghargaan Thou Prix RTL, serta menempatkannya sebagai salah satu penulis wanita yang terkenal karena
karya-karyanya(http://world wide web.aufeminin.com/portraits- de-femmes/anna-gavalda-d48638.html. Diakses pada tanggal 12 Maret 2014

Baca Juga :   125gr Berapa Sendok Makan

Baca lebih lanjut


82 Baca lebih lajut

Sang Terdakwa karya Indra Tranggono: Dinamika Kepribadian Tokoh Utama

Sang Terdakwa karya Indra Tranggono: Dinamika Kepribadian Tokoh Utama

Karya
sastra merupakan bentuk
karya
imajinatif yang dihasilkan oleh daya cipta manusia yang pada umumnya bersumber dari peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat. Dinamika
kepribadian
merupakan suatu tenaga atau semangat yang menggerakkan atau mendorong seseorang untuk mengambil sikap atau tindakan yang terjadi di sekitar lingkungan hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dinamika
kepribadian
tokoh
utama
berdasarkan peristiwa-peristiwa yang dialami
tokohtokoh
yang terdapat dalam kumpulan cerpen Sang Terdakwa
karya
Indra Tranggono. Untuk mendapatkan hasil tersebut dipergunakan teori psikologi sastra dengan penerapan teori-teori psikoanalisa Sigmund Freud. Metode penelitian yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data-information yang sudah diidentifikasi lewat proses pembacaan berulang-ulang. Dalam analisis deskriptif ini, data yang diperoleh dicatat dan dipilih berdasarkan masalah yang akan dibahas. Analisisnya dilakukan dengan menganalisis dan mendeskripsikan beberapa unsur struktural dalam kumpulan cerpen kemudian dilanjutkan dengan menganalisis dinamika
kepribadian
yang dialami
tokoh
utama. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan bahwa
tokohtokoh
utama
memiliki dinamika
kepribadian
yang terdiri dari empat aspek yaitu naluri, baik naluri kehidupan maupun kematian, penyaluran dan penggunaan energi psikis, kecemasan kecemasan riel; kecemasan neurotik; maupun kecemasan moral, serta mekanisme pertahanan ego, yakni sublimasi; displacement; dan represi. Dinamika
kepribadian
tersebut disebabkan oleh faktor sosiologis dan faktor psikis. Faktor sosiologis dan psikis tersebut menimbulkan dinamika
kepribadian
yang umumnya dialami oleh masyarakat dengan condition sosial menengah ke bawah.

Baca lebih lanjut


101 Baca lebih lajut

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL   Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Apa Kabar Cinta Karya Izzatul Jannah: Tinjauan Psikologi Sastra.

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM FIKSI SEJARAH MINAMOTO NO YORITOMO KARYA YOSHIKAWA EIJI (melalui Pendekatan Psikologi Kepribadian Adler).

ASPEK PSIKOLOGIS TOKOH DALAM CERITA BERSAMBUNG ENDAHE TRESNA NJAREME RASA KARYA MBAH BRINTIK

ASPEK PSIKOLOGIS TOKOH DALAM CERITA BERSAMBUNG ENDAHE TRESNA NJAREME RASA KARYA MBAH BRINTIK

sama membentuk makna totalitas. Tema
cerita
yang tergambar dalam judul, yang kemudian didukung oleh unsur lainnya, yaitu penokohan, alur dan latar. Menampilkan masalah kehidupan percintaan yang menyuguhkan permasalahan yang menarik, terutama tentang perubahan karakter yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Alur ceritanya adalah alur campuran yang merupakan suatu jalinan yang bergerak melalui peristiwa- peristiwa yang bergerak maju dan mundur. Pengarang mampu melukiskan perwatakan dari
tokoh-tokohnya yang terungkap lewat penampilan fisik, karakter dan psikisnya. Latar atau setting yang digunakan meliputi latar tempat, latar waktu dengan keterangan waktu baik abstrak maupun konkrit, serta latar sosial yang ada, yaitu berada dalam lingkungan pendidikan. Amanat yang disampaikan melalui cerbung Endahe Tresna Njareme Rasa ini terdapat pada masalah yang berkaitan dengan pribadi masing-masing
tokoh
dan hubungan antar
tokoh. Secara keseluruhan unsur-unsur yang membangun struktur cerbung Endahe Tresna Njareme Rasa
karya
Mbah Brintik tersebut saling terkait secara utuh.

Baca Juga :   Karakter Objek Gambar Ilustrasi

Baca lebih lanjut


93 Baca lebih lajut

Sang Terdakwa karya Indra Tranggono: Dinamika Kepribadian Tokoh Utama

Sang Terdakwa karya Indra Tranggono: Dinamika Kepribadian Tokoh Utama

Menurut Kamus Istilah Sastra (1990:56) “ Protagonis atau dengan istilah lain
tokoh
utama, adalah
tokoh
dalam
karya
sastra yang memegang peran pimpinan di dalam drama atau
cerita
rekaan. Protagonis tidak identik dengan wirawan (gagah perkasa), tetapi selalu menjadi
tokoh
yang sentral”. Lebih lanjut Aminuddin (1987:lxxx) menjelaskan bahwa
tokoh
protagonis adalah pelaku yang memiliki watak yang baik sehingga disenangi pembaca karena memiliki watak. Jadi, dapat diartikan bahwa
tokoh
utama
merupakan pelaku atau orang yang berperan penting dan
utama
dalam sebuah
cerita
rekaan.

Baca lebih lanjut


vii Baca lebih lajut

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CINTA DI  Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia: Tinjauan Psikologi Sastra.

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NEGERI  ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA A. FUADI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

PERKEMBANGAN PERWATAKAN TOKOH UTAMA ROMAN BRUGUES LA MORTE KARYA GEORGES RODENBACH (KAJIAN PSIKOANALISIS).

PERKEMBANGAN PERWATAKAN TOKOH UTAMA ROMAN BRUGUES LA MORTE KARYA GEORGES RODENBACH (KAJIAN PSIKOANALISIS).

Unsur penting yang harus ada dalam suatu
cerita
adalah penokohan. Menurut Aminudin dalam bukunya Pengantar Apresiasi Sastra (1987: 79),
tokoh
adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam
cerita
fiksi sehingga peristiwa tersebut menjadi suatu
cerita, sedangkan penokohan adalah cara pengarang menampilkan
tokoh. Schmitt dan Viala (1982: 69) menguraikan bahwa penokohan adalah para
tokoh
yang berada dalam sebuah
cerita. Pada umumnya, manusia menjadi peran
utama
dalam sebuah
cerita, namun ada pula yang tokohnya berasal dari benda, binatang, antitas (misal keadilan, kematian, dan sebagainya). Untuk menjelaskan karakteristik dan sifat dari
tokoh
guna memudahkan pengidentifikasian, disebutkan Schmitt dan Viala (1982: 70):

Baca lebih lanjut


73 Baca lebih lajut

Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi: Pendekatan Psikologi Sastra

Kepribadian Tokoh Utama Alif Fikri Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi: Pendekatan Psikologi Sastra

Kriminalitas dalam Kembang Kantil Karya Senggono.

Kriminalitas dalam Kembang Kantil Karya Senggono.

Ian Watt dalam esseinya yang berjudul Literature an guild (Damono 1987: 3-4) membicarakan hubungan timbal balik antara sastrawan, satra dan masyarakat. Pertama, konteks sosial pengarang. Ini ada hubungannya dengan posisi sosial masyarakat yang kaitannya dengan masyarakat pembaca, dan faktor- faktor sosial yang mempengaruhi si pengarang sebagai perseorangan dan isi
karya
sastra. Hal
utama
tersebut yang harus diteliti adalah (a) bagaimana si pengarang mendapatkan mata pencahariannya, apakah ini menerima dari bantuan dari pengayon atau dari masyrakat secara langsung, atau dari kerja rangkap, (b) profesionalisme dalam kepengarangan, sejauh mana pengarang itu menganggap pekerjaannya sebagai profesi, dan (c) masyarakat apa yang dituju oleh pengarang dalam hubungan antara pengarang dan masyarakat sebab masyarakat yang dituju sering mempengaruhi bentuk dan isi
karya
sastra.

Baca lebih lanjut


68 Baca lebih lajut

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PEREMPUAN JOGYA KARYA ACHMAD MUNIF: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

Analisis Novel Kembang Kembang Anten

Source: https://123dok.com/title/kepribadian-cerita-bersambung-kembang-kembang-amilia-pendekatan-psikoanalisis