Contoh Sikap Pantang Menyerah Dalam Belajar

Contoh Sikap Pantang Menyerah Dalam Belajar

Sikap Pantang Menyerah dan Contohnya Dalam Kehidupan


Pantang menyerah adalah sikap tidak berputus asa dari terpaan masalah. Sikap pantang menyerah diikuti dengan keyakinan dapat bangkit dari keterpurukan.

Pernah tidak mendengar orang berkata, “Aku
tuh
kaya begini orangnya” setiap kali menerima masukan dari orang lain. Tanpa sadar pemikiran tersebut didasari pada keyakinan bahwa kekurangan yang ada dalam diri tidak dapat diubah. Terbiasa untuk melabeli diri sendiri dengan hal-hal negatif, tetapi tidak berusaha untuk mengubahnya.

Jika seseorang percaya bahwa kita adalah orang yang tidak bisa berbicara di depan umum, maka ia sedang memanifestasikan dirinya untuk seperti itu selamanya. Ia tidak berusaha untuk mempelajari bagaimana cara lebih percaya diri berbicara di depan umum.

Akhirnya, orang itu jadi menghindari setiap kesempatan yang ada untuk berbicara di depan umum. Padahal, kemampuan kita dapat berkembang jika terus berusaha dan pantang menyerah.

Arti Pantang Menyerah

Pantang menyerah adalah
sikap tidak mudah putus asa ketika mendapatkan tantangan. Seseorang yang memiliki sikap pantang menyerah tidak akan pasrah pada keadaan dan dapat bangkit dari keterpurukan. Walaupun kehidupan seringkali penuh dinamika dan tidak selalu mudah untuk menghadapinya, seseorang yang pantang menyerah akan meyakini keadaan dapat berubah dan kemampuan diri dapat berkembang.

Meneladani salah satu sikap pantang menyerah dari
founding father
Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja yang mengatakan jatuh tujuh kali, bangkit delapan kali. Artinya kesulitan apapun yang dihadapi, pasti bisa diatasi asal punya keinginan untuk berjuang.

Baca Juga :   Siapa Nama Adik Umar Bin Khattab

Seorang konsultan sumber daya manusia asal Amerika Serikat bernama Paul G. Stoltz, Ph.D. selama belasan tahun meneliti kunci kesuksesan bagi para
top manager
di perusahaan terkemuka dunia. Hasil penelitian itu menghasilkan sebuah teori bernama “Adversity Caliber”.

Secara spesifik Stoltz mendefenisikan
adversity
quotient
adalah sikap pantang menyerah seseorang saat menghadapi tantangan dalam setiap kondisi. Ia memiliki daya tahan tinggi dan tahan banting dalam menghadapi kesulitan, hambatan, tidak akan mengulangi kesalahan, dan bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukannya.

Cara Agar Pantang Menyerah

Sikap pantang menyerah dapat dilatih dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut cara agar pantang menyerah yang bisa Anda praktekkan dalam keseharian:

1. Jangan sesali sebuah kegagalan

Kegagalan merupakan bagian dari proses kehidupan. Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran agar tidak mengulangi hal yang serupa di kemudian hari.

2. Selalu optimis

Berpikir optimistis akan membantu pikiran kita untuk lebih tenang dalam menemukan jalan keluar dari setiap tantangan yang dihadapi. Kita bisa membangunnya dengan banyak cara, misalnya membaca buku, mendengar kata-kata motivasi, menonton moving-picture show, atau hal positif lainnya.

3. Percaya pada kemampuan diri

Teruskah mengasah minat dan bakat yang dimiliki sehingga menjadi pribadi yang mahir, misalnya mengikuti pelatihan, webinar, atau bootcamp.

4. Berani mengambil tindakan

Tantangan yang ada di depan mata harus dihadapi, sehingga sikap pantang menyerah bukan sekadar wacana yang ditulis di buku catatan.

Kesimpulan

Walaupun akan terasa berat di awal, bila terus melatihnya dan melakukan dengan konsisten maka
sikap pantang menyerah
akan menjadi kebiasaan dalam diri sehari-hari. Yuk, mulai praktikkan sikap pantang menyerah mulai dari hari ini!


Baca Juga :   Mengapa Setiap Orang Membutuhkan Kebugaran Jasmani Yang Baik




Contoh Sikap Pantang Menyerah Dalam Belajar

Source: https://www.sinarmas.com/pantangmenyerah/?p=1421