Karangan Tentang Makan Sayur Membuat Sehat

Karangan Tentang Makan Sayur Membuat Sehat

Karangan singkat ide pokok makan sayur membuat sehat, aku gemar makan sayur, sayur bayam adalah sayur kesukaanku, sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida. Pembahasan
kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 63 65 68 69 71 73 74
tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan
soal Ide Pokok Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses 8 Paragraf di buku tematik.

Karangan Singkat Ide Pokok Makan Sayur Membuat Sehat

Apa itu karangan? Bagaimana cara membuatnya? Karangan disebut juga dengan cerita. Untuk membuat sebuah karangan berdasarkan ide pokok, kita harus menentukan letak kalimat utama, apakah di awal paragraf, di tengah, atau di akhir. Kalimat utama harus menyajikan ide pokok.

Ayo Renungkan

Setelah mengetahui pengertian karangan dan cara membuat karangan singkat, buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini :

  1. Makan sayur membuat sehat
  2. Aku gemar makan sayur
  3. Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
  4. Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida

Jawaban :

1. Makan sayur membuat tubuh kita sehat.
Karena sayur banyak mengandung vitamin dan zat-zat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan makan sayur, penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Alternatif jawaban : Makan sayur baik bagi kesehatan tubuh manusia jika kita banyak mengonsumsi sayuran maka badan kita akan menjadi lebih sehat, bugar, dan sayur tidak mengandung bahan bahan berbahaya.

two. Aku gemar makan sayur, terutama sayuran segar.
Seperti selada, kubis, tomat, dan mentimun. Ibuku memasak sayur setiap hari karena tidak hanya aku saja yang menyukai sayur, tetapi seluruh keluarga juga menyukainya.

Baca Juga :   12 Kg Berapa Ons

Alternatif jawaban : Aku gemar makan sayur. Kegemaranku ini diwariskan oleh ibu. Beliau adalah orang yang sangat suka memakan sayur dan juga pandai memasak sayur. Kegemaranku pada sayuran dimulai dari masakan sayur ibu yang enak.

3. Sayur bayam adalah sayur kesukaanku.
Ibu selalu menambahkan wortel dan tomat ke sayur kesukaanku. Rasanya lebih segar dan nikmat. Ibu juga menggoreng tempe sebagai lauk pendamping sayur bayam.

Alternatif jawaban : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Di antara semua masakan ibu, bayam inilah yang paling aku gemari meski rasanya sederhana namun menjadikan makanan nikmat di lidah. Bayam biasanya diolah bersama dengan jagung dan kacang panjang.

4. Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida adalah obat-obatan untuk mengusir hama dan ulat. Oleh karena itulah ibu menanam beberapa sayuran di halaman rumahku agar terbebas dari pestisida. Seperti bayam, kangkung, cabai, tomat, daun bawang, dan seledri.

Alternatif jawaban : Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida digunakan petani untuk menghalau hama agar tanaman sayur sehat. Pestisida menempel pada tanaman sayur dan jelas berbahaya jika dikonsumsi. Oleh sebab itu wajib membersihkan sayur dengan seksama ketika hendak diolah.

Itulah contoh karangan singkat ide pokok makan sayur membuat sehat kunci jawaban soal kelas 5 SD. Kalian dapat melihat contoh jawaban diatas dan selanjutnya membuat karangan dengan ide-ide kreatif sendiri. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga :
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas v Halaman 77 78 79 80 81 83 84 Pembelajaran 3 Subtema ii Manusia dan Lingkungan

Karangan Tentang Makan Sayur Membuat Sehat

Source: https://oriflameid.com/karangan-singkat-ide-pokok-makan-sayur-membuat-sehat/