Kalimat Konotasi Dari Kata Jalan

Kalimat Konotasi Dari Kata Jalan

Kode Soal   : 8.1.2

Kelas           : VIII (2 SMP)


Pelajaran     : Bahasa Indonesia

Kategori      : Gaya Bahasa

Kata Kunci  : Denotasi, Konotasi, Makna

JALAN

Makna Denotasi, dalam KBBI disebutkan bahwa JALAN artinya adalah tempat dimana kendaraan dan sebagainya melintas.

Makna Konotasi JALAN tergantung pada penempatannya. Misalnya JALAN BUNTU secara konotatif diartikan sebagai masalah pelik yang dianggap tak memiliki solusi. Contoh lain adalah JALAN ANGAN-ANGAN yang diartikan sebagai cara berpikir seseorang.

KENDARAAN

Makna Denotasi adalah sesuatu yang dipergunakan/dinaiki/dikendarai seperti misalnya kuda, kereta, mobil.

Makna Konotasi atau kiasan dari KENDARAAN tergantung pada konteks kalimatnya, misalnya ‘Ia menjadikan uang sebagai kendaraan menuju sukses’. Kendaraan dalam hal ini bukan kereta, mobil atau kuda. Kendaraan dalam hal ini diartikan sebagai jalan menuju sukses.

KUDA


Makna Denotasinya adalah binatang mamalia dengan kuku satu yang umum dipiara sebagai tunggangan/kendaraan.

Makna Konotasinya tergantung frasa yang dibentuk dan juga penggunaannya dalam kalimat. Misalnya KUDA BEBAN diartikan sebagai seseorang yang senantiasa mengusahakan sesuatu untuk kepentingan orang lain. Atau juga KUDA HITAM yang dalam konteks olahraga diartikan sebagai orang atau tim yang tidak diperhitungkan dalam sebuah perlombaan.

LAMPU

Makna Denotasi LAMPU adalah alat yang digunakan dalam menerangi.

Makna Konotasi tergantung penggunaannya dalam kalimat dan kata apa yang menyertainya. Misalnya pada frasa LAMPU HIJAU, sering diartikan sebagai restu atau persetujuan. Sementara LAMPU MERAH sering diartikan sebagai penolakan. Adapun LAMPU KUNING sering diartikan sebagai tanda seseorang harus bersiap.

LARI

Makna Denotasinya dalam KBBI adalah melangah dengan kecepatan yang tinggi.

Makna Konotasi dari LARI tergantung konteks kalimat dan kata yang mengikutinya. Misalnya KAWIN LARI yang diartikan menikah dengan seseorang tanpa restu dan jauh dari kerabat.

Baca Juga :   Lagu Senam Irama

MOGOK

Makna denotasi Mogok dalam KBBI adalah tak dapat berjalan/bekerja seperti biasanya, mogok merujuk pada kendaraan dan orang.

Makna konotasi Mogok tergantung konteks kalimat. Misalnya MOGOK HATI/CINTA, artinya tak lagi mencintai atau menaruh hati.

MATA

Makna denotasinya adalah indera yang dipakai melihat.

Makna konotasi Mata salah satunya adalah sesuatu yang dijadikan pusat misalnya MATA HATI artinya pusat perasaan. Makna kiasan lain juga tentu ada seperti misalnya pada istilah MATA RANTAI yang bermakna kerjadian yang saling berkaitan satu sama lain.

PULANG

Secara denotasi diartikan pergi ke rumah atau kembali ke tempat asal.

Adapun makna konotasinya tergantung penggunaannya. Misalnya PULANG INGATAN, artinya sadar. Contoh lain PULANG MODAL, artinya modal yang digunakan berusaha sudah kembali. Contoh lain PULANG NAMA artinya yang kembali hanyalah nama saja, orangnya sudah tiada.

RODA

Makna denotasinya adalah barang yang betuknya lingkaran atau budar dan biasanya berjeruji.

Makna konotasinya dalam KBBI adalah kegiatan atau gerak yang berkensinambungan. Misalnya RODA PEREKONOMIAN, RODA PERUSAHAAN, RODA PEMERINTAHAN dan lain lain.

TERLAMBAT

Arti denotasinya adalah lewat dari ketentuan waktu yang disepakati atau ditetapkan.

Adapun makna konotasinya belum saya temukan karena kata terlambat sekalipun digunakan dalam kalimat kiasan tetap maknanya sama.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan pada tautan berikut:

Pengertian Konotasi & Denotasi brainly.co.id/tugas/512549
5 Contoh Kalimat Konotasi brainly.co.id/tugas/2113767

Kalimat Konotasi Dari Kata Jalan

Source: https://brainly.co.id/tugas/14109626