Contoh Kerangka Karangan Dan Karangannya Tentang Banjir

Contoh Kerangka Karangan Dan Karangannya Tentang Banjir

Contoh Kerangkah Karangan 1 :







Tema
:
Kesehatan





Judul
:
Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Definisi

  • Pengertian Banjir

Dampak Kurang Tidur

  • Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Terganggunya Konsentrasi
  • Kurang Tidur Mudah Terserang Penyakit
  • Kurang Tidur Dapat Mempenaruhi Emosi

Manfaat Tidur Cukup

  • Meningkatkan Konsentrasi
  •  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saran Agar Tidur Nyenyak

  • Berolahraga
  • Membuat Jadwal Tidur
  • Jangan Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur





Contoh Karangan 1 :

MANFAAT TIDUR YANG CUKUP BAGI KESEHATAN



Tidur adalah suatu ativitas dimana seluruh tubuh sedang berada dalam keadaan istirahat total. Menurut para ahli, manusia membutuhkan tidur yang cukup yaitu sekitar half dozen sampai 8 jam setiap hari. Lamanya waktu tersebut tidak bisa dicicil, dengan kata lain waktu 6 sampai 8 jam adalah waktu sekali tidur.Ada beberapa dampak buruk yang disebabkan jika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup. Dampak-dampak tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, diantaranya adalah kurang tidur dapat menggangu konsenterasi. Hal ini dikarenakan otak kita mengalami kelelahan sehingga memacu mata dan mempengaruhi tubuh menjadi lemas dan mengantuk. Hilangnya konsentrasi ini sangat berbahaya, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan bermotor.

Dampak selanjutnya adalah kurang tidur membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi akibat dari melemahnya sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga penyakit dapat dengan mudah menyerang. Terlebih lagi, kurang tidur membuat emosi seseorang menjadi terganggu. Biasanya orang yang mengalami kekurangan tidur akan mudah lelah dan cepat marah.

Baca Juga :   Mr Etilen Glikol

Agar terhindar dari dampak-dampak tersebut, usahkanlah untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup, karena tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang baik, diantaranya adalah dengan tidur yang cukup, tubuh akan berkonsentarsi dengan baik karena otak mendapatkan istirahat yang cukup.

Selain itu, tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang. Yang terakhir adalah tubuh akan mendapatkan energy yang banyak untuk melakukan aktifitas di hari esok.

Demikianlah manfaat dari tidur yang cukup, agar mendapatkan manfaat-manfaat tidur di atas. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak kareana tidur yang cukup dan nyeyak merupakan kombinasi yang baik. Berikut ini adalah tips-tipsntuk membuat tidur nyenyak. yang pertama adalah berolahraga sebelum tidur, dengan berolahraga tubuh akan menjadi lelah dan memudahkannya untuk tidur nyenyak. kemudian usahakan untuk membuat jadwal tidur yang teratur agar tidur menjadi suatu kebiasaan yang baik dan yang terakhir jangan makan-makanan yang berat sebelum tidur agar tubuh tidak kembung.

Contoh Kerangkah karangan two :



– Topik   : Banjir
– Tujuan : Untuk Mengetahui Dampak Dan Penyebab Terjadinya Banjir Di Jakarta
– Tema   : Banjir Yang Terjadi Di Jakarta

Kerangkah :

  • Pengertian banjir

Penyebab Banjir Di Jakarta

  • Faktor alam
  • Faktor manusia/kelalaian manusia
  • Membuang sampah sembarang
  • Cuaca yang buruk dan exstrim
  • Tanah resapan air yang berkurang

Dampak yang ditimbulkan akibat banjir

  • Timbulnya penyakit
  • Merusak sarana dan prasarana
  • Dapat menyebabkan erosi dan tanah longsor

Menanggulani banjir

  • Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik


Banjir Di Kota Jakarta

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.banjir besar yang hampir melumpuhkan kota Jakarta seperti terjadi pada minggu pertama Februari 2007, yang merupakan ulangan kejadian pada bulan yang sama tahun 1996, dan 2002. Menarik mencermati adanya kecenderungan periode 5-6 tahun pada peristiwa banjir besar Jakarta (1996, 2002, 2007). Banjir Februari 1996 terjadi pada saat kondisi iklim regional mengalami La Nina lemah bersamaan dengan datangnya fase aktif MJO. Banjir Februari 2002 terjadi pada saat kondisi iklim regional normal dan juga fase aktif MJO. Banjir Februari 2007 terjadi saat kondisi iklim regional El Nino di Samudra Pasifik dan IOD di Samudra Hindia baru saja meluruh, tetapi MJO pada fase tidak aktif.

Penyebab-penyebab- terjadinya banjir ada macam-macam, ialah karena faktor alam seperti jebolnya bendungan, faktor kelalaian manusia juga mempengaruhi dengan jarangnya melakukan pembersihan lingkungan sekitar dan malas tau dengan sekitarnya yang bisa saja terkena banjir kapan saja, juga membuang sampah sembarang tempat, tampa di sadari itu adalah salah satu penyebab terjadinya banjir, faktor cuaca yang exstrim seperti


hujan deras yang terus terus mengguyur suatu daerah, tanah resapan yang fungsinya untuk meresap air dengan cepat juga berkurang


Dampak dari terjadinya banjir seperti timbulnya sakit penyakit, merusak sarana dan prasarana, dapat menyebabkan erosi dan tanah longsor.




Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi/mengantisipasi terjadinya banjir, dengan membuat fungsi sungai dan selokan bekerja dengan baik, juga hindari pembuangan sampah ke sungai, serta melakukan reboisasi tanaman dan pepohon yang bisa menyerap air dengan cepat.

dan juga harus adanya kesadaran dari masyarakat djakarta untuk tidak membuang sampah sembarang dan juga melakukan pembersihan lingkungan sekitar secara teratur agar selokan juga dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Conto Pupuh Mijil

Terimakasih, mohon maaf kalau ada yang salah mohon koreksinya.

semoga  dapat berguna bagi kita semuanya

Contoh Kerangka Karangan Dan Karangannya Tentang Banjir

Source: http://dasar-dasar1.blogspot.com/2017/06/kerangkah-karangan-dan-contoh-contoh.html