Selain Dengan Irama Musik Senam Irama Dapat Diiringi Dengan

Selain Dengan Irama Musik Senam Irama Dapat Diiringi Dengan

Senam merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang dapat dilakukan secara berkelompok atau private. Terdapat beberapa jenis senam, salah satunya senam irama.

Senam irama adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik, nyanyian, atau ketukan dengan mengutamakan keselarasan gerak. Senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat. Contoh alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.

Senam irama merupakan perpaduan antara tari dan gerakan olahraga. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

Jenis-Jenis Senam Irama

Menurut buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, terdapat tiga jenis senam irama. Jenis-jenis senam irama tersebut yaitu:

  • Senam irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar.
  • Senam irama yang berasal dari seni musik ini dipelopori oleh Jacques-Dalcroze, seorang guru musik yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan musik dari pada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai.
  • Senam irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 – 1958. Jenis ini merupakan senam irama yang berasal dari seni tari [balet]. Senam irama ini mengutamakan keindahan dan keserasian gerakan.

Baca Juga

Bersumber dari buku Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia, ada tiga prinsip yang harus ditekankan dalam senam irama, yaitu irama, kelentukan tubuh [fleksibilitas], dan kontinuitas gerakan sebagaimana penjelasannya berikut ini.

1. Irama

Irama yang sudah banyak dikenal oleh siswa antara lain irama ii/3, 3/2, dan 4/4. Contoh lagu irama 2/three adalah potong bebek angsa, irama 3/4 adalah burung kakaktua, dan irama iv/4 contohnya potong padi.

Advertising

Ad

Kelentukan tubuh adalah kemampuan seseorang dalam menggerakkan sendi dan otot pada sudut tertentu secara dinamis. Fleksibilitas mengacu pada kemudahan melipat tubuh dan anggota badan dalam gerakan meliuk, merentang, menekuk, dan membungkuk.

3. Kontinuitas Gerakan

Kontinuitas berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak terdiri dari gerakan senak yang disusun dan siap ditampilkan. Senam irama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau keindahan serta bertujuan untuk membina dan meningkatkan seni gerak dengan irama.

Baca Juga

Adapun unsur-unsur senam irama meliputi:

  • Kelentukan.
  • Keseimbangan.
  • Keluwesan.
  • Fleksibilitas.
  • Kontinuitas.
  • Ketepatan.

Gerakan Inti Senam Irama

Berdasarkan Modul Tema 14: Bugar dengan Gerak Berirama yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat empat gerakan inti senam irama yang  menggunakan teknik dasar senam aerobik.

Gerakan inti senam irama meliputi pelurusan persendian tubuh [body alignment], langkah dasar [bones steps], gerak dan ayunan lengan [arm movements], dan musikalitas [musicality].

i. Pelurusan Persendian Tubuh [Torso Alignment]

Pelurusan persendian tubuh adalah kemampuan menjaga bentuk dan posisi tubuh dan anggotanya secara benar, yaitu pada satu garis lurus [tulang belakang tubuh] pada saat bergerak di permukaan lantai, meloncat ke udara atau lepas dari lantai dan kembali mendarat, maupun ketika bergerak di lantai. Gerakan tersebut bisa saja berupa gerak langkah dasar dengan ayunan lengan, maupun gerakan lainnya.

Baca Juga

Terdapat tujuh langkah dasar dalam senam aerobik, sehingga langkah ini sering disebut sebagai seven basic steps. Pengembangan dari tujuh langkah dasar ini bisa saja dilakukan, sehingga dapat memperbanyak variasi gerak menjadi lebih luas seluas gerak dalam hidup sehari-hari.

Vii basic steps dalam senam aerobik terdiri dari: march, jogging, skip, knee joint lift, kick, jumping jack, dan lunge. Adapun pengembangannya terdiri dari: single step, double steps, grapevine, heel touch, toe affect, tap side, box footstep, squat, leg curl, plie, twist, on the spot, slide, mambo chacha.

three. Gerak dan Ayunan Lengan [Arm Movements]

Gerak dan ayunan lengan terdiri dari: arm scroll, butterfly, chest press, arm extension, arm pumping, pull up/downwardly, rowing, punching, dan lain-lain. Melakukan gerak dan ayunan lengan pada senam irama sebenarnya identik dengan melakukan berbagai gerakan yang dapat dilakukan oleh lengan dan tangan dalam aktivitas sehari-hari.

Perbedaannya, gerak senam aerobik dilakukan dengan memaksimalkan fungsi gerak lengan dan tangan untuk mencapai tujuan-tujuan peningkatan dan pengembangan kebugaran. Gerak tersebut berupa gerak abduksi, adduksi, pronasi, rotasi, fleksi, ekstensi, dan lain-lain.

Baca Juga :   Dalam Masyarakat Perkotaan Pemegang Peran Dalam Proses Sosialisasi Anak Adalah

Jenis dan tipe pergerakan senam aerobik dipelajari secara lebih teknis dan terperinci dalam kinesiologi dan biomekanika. Contohnya, teknik-teknik berupa arm curl, butterfly, chest press, arm extension, arm pumping, pull upwards/downward, rowing, punching, dan lainnya.

iv. Musikalitas [Musicality]

Musikalitas adalah kemampuan seseorang untuk bergerak ritmis sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring. Pergerakan sesuai dengan aksen musik, tepat dengan ketukan pada musik, sesuai dengan tema musik yang digunakan, serta kemampuan menjiwai ide pada musik tersebut.

Musikalitas pelaku pada senam aerobik dilakukan dengan terlebih dahulu melalui tahap pengenalan terhadap ketukan [beat], sehingga pergerakan yang dilakukan tetap dalam irama yang diinginkan.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan menghayati lagu sebagai ekspresi yang diejawantahkan melalui gerakan yang dinamis, semangat, dan gembira. Musik pengiring adalah termasuk inti proses pelatihan senam. Oleh sebab itu, diperlukan kejelian dalam memilih musik atau lagu sebagai pengiring.

Baca Juga

Mengutip buku Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia, setidaknya ada lima manfaat senam irama. Berikut manfaat senam irama bagi tubuh:

  • Dapat membakar lemak berlebih, meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru, memperbaiki penampilan beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Salah satu jenis senam yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.
  • Jika berlatih dengan ringan, maka sistem tubuh dapat ditingkatkan serta dapat menghilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok.
  • Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan, dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan lain.
  • Tubuh menjadi sehat dan hati riang karena pengaruh alunan musik.

Baca Juga

Demikian penjelasan tentang senam irama beserta jenis, prinsip, unsur, gerakan inti, dan manfaatnya.

Contoh latihan
soal HOTS senam irama dan kunci jawaban kurikulum 2013
revisi. Sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan soal mata pelajaran Penjasorkes [Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan] untuk SD MI. Nah terkait dengan materi apa yang kami sampaikan, yaitu tentang senam irama.

Pada umumnya materi penjas senam irama itu dipelajari kelas iv SD MI. Namun tidak menutup kemungkinan jika juga di ajarkan di kelas 5 dan vi.Senam irama mempunyai nama lain
atau sebutan lain, yaitu senam ritmik. Jadi, jangan bingung ya jika anda menjumpai istilah senam ritmik. Karena memang sama dengan senam irama. Jadi selain kamis ebut sebagai soal senam irama, juga bisa disebut dengan soal senam ritmk.

Contoh Soal HOTS Penjasorkes tentang Senam Irama SD MI

Senam irama/ senam ritmik
merupakan suatu istilah dari serangkaian kegiatan [senam] yang dilakukan, baik itu dengan bantuan alat atau tanpa alat, yang diiringi dengan musik. Adapun jenis musik yang digunakan dalam senam irama tidak ada aturan baku ya.

Namun, biasanya untuk menumbuhkan semangat dalam senam, maka jenis musik yang digunakan yaitu musik yang mempunyai
irama

kencang. Namun, jika senam yang dilakukan untuk menjiwai tiap gerakan, maka digunakan jenis irama yang perlahan.

Dalam soal tentang senam irama ini, jenis soal yang kami bagikan yaitu 100% berupa soal pilihan ganda/ pilgan [multiple option]. Tentu saja dikarenakan soal pilihan ganda, itu artinya domain yang kami gunakan dalam latihan soal senam irama ini yaitu domain pengetahuan [knowledge] ya. Jika ingin mendapatkan soal essay,
silahkan buka :
Soal Essay Senam Irama Ritmik SD MI + Jawaban

Meskipun hanya ada satu jenis soal, yaitu soal pilihan ganda senam irama, kami sudah melengkapi dengan
kunci jawaban/ pembahasan soal. Letak kunci jawaban kami letakkan di akhir artikel. Jadi tidak berada di bawah soal tepat. Selain ada kunci jawaban, soal senam irama SMA MA ini kami susun berdasarkan konsep
HOTS [Higher Order Thinking Skills], jadi cocok lah jika digunakan dalam bahan ulangan harian, atau sekedar bahan untuk menghadapi ulangan tengah semester/ akhir semester.


LINK DOWNLOAD

soal senam irama/ ritmik kami sediakan di bawah jika anda merasa cocok dengan soal penjaskes SD MI ini. Klik saja
tombol download
yang tersedia di akhir artikel, maka nanti anda akan diarahkan langsung menuju halaman download soal penjas SMA ini. Demikian pengantar kami terkait soal penjas bab senam irama, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soalnya.

Soal PJOK Pilihan Ganda tentang Senam Irama/ Senam Ritmik

1. Jenis irama terbaik yang dapat dipilih untuk melakukan gerakan mengayun lembut, namun tidak terlalu lambat merupakan irama waltz …

A. 3/viii

B. 4/four

C. 3/iv

D. 4/eight

2. Gerakan senam irama diiringi oleh irama musik dilakukan secara …

A. Berirama

B. Massal

C. Serempak

D. Bebas

3. Bentuk latihan gerak tubuh sesuai dengan …

A. Ketukan

B. Lagu

C. Musik

D. Irama

4. Dalam senam irama atau senam ritmik, latihan pemanasan memiliki tujuan yang sifatnya …

A. Menggembirakan

Baca Juga :   Panjang Pendeknya Susunan Nada Nada Melodi Dari Sebuah Lagu Dinamakan

B. Melelahkan

C. Memusingkan

D. Menormalkan

v. Aliran senam irama yang mengutamakan penyampaian suatu rangkaian cerita dengan gerak yang diiringi dengan musik yaitu aliran …

A. Seni lukis

B. Seni musik

C. Seni sandiwara

D. Seni tari

half dozen. Di bawah ini yang bukan merupakan alat yang digunakan dalam senam irama yaitu …

A. Simpai

B. Bola

C. Tali

D. Topi

vii. Sebelum melakukan senam irama, kita melakukan peregangan yang bertujuan untuk …

A. Meningkatkan percaya diri

B. Menguatkan tulang

C. Melemaskan otot dan sendi

D. Keseimbangan gerakan

viii. Dalam senam ritmik/ senam irama, tekanan yang harus diberikan yaitu …

A. Ketetapan gerak

B. Koordinasi gerak

C. Kekuatan tubuh

D. Kelenturan tubuh

9. Pada saat akan melakukan langkah ke depan dalam senam lantai, sikap badan kita yaitu …

A. Bebas

B. Berdiri istirahat

C. Berdiri tegak

D. Berdiri kangkang

10. Dalam senam irama, fungsi musik yaitu untuk …

A. Menambah gaya

B. Memvariasikan gerakan

C. Menambah semangat gerakan

D. Memvariasikan langkah

11. Senam irama akan bermanfaat bagi tubuh kita, jika dilakukan dengan …

A. Efektif

B. Gembira

C. Sistematis

D. Teratur

12. Di bawah ini yang merupakan penilaian dalam unsur gerakan senam ritmik yaitu …

A. Berat tubuh

B. Kekuatan tubuh

C. Irama

D. Kontinuitas gerakan

13. Kelentukan, keluwesan, keseimbangan, kontinuitas, fleksibelitas, ketetapan dengan irama. Merupakan bagian dari… senam irama

A. Unsur-unsur

B. Kelebihan

C. Faktor-faktor

D. Manfaat

fourteen. Senam irama di Republic of indonesia berada di bawah naungan organisasi …

A. PRSI

B. PERSANI

C. PERBASI

D. PERPANI

15. Suatu gerakan senam yang diiringi oleh irama yaitu …

A. Senam matras

B. Senam lantai

C. Senam irama/ ritmik

D. Senam ketangkasan

16. Di bawah ini yang merupakan gerakan dalam senam irama yang mudah dipelajari yaitu…

A. Langkah biasa

B. Jalan di tempat

C. Langkah ke samping

D. Langkah panjang

17. Kontinuitas gerakan senam irama yaitu gerakan senam yang sudah …

A. komplet

B. sudah disusun

C. kompak

D. indah

xviii. Kelenturan tubuh dalam gerakan akan kita dapatkan berkat …

A. Latihan

B. Usaha

C. Kerja keras

D. Kerja sama

19. Senam irama dengan sandiwara mengutamakan penyampaian dengan cara menggunakan …

A. gerak sebagai penyampaian cerita

B. irama musik

C. alat alat senam

D. tari sebagai keindahan gerak

20. Salah satu jenis senam yang dilakukan dengan irama musik dinamakan senam …

A. dasar

B. akrobatik

C. lantai

D. irama

21. Terdapat gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang dan tidak terputus-putus dalam senam irama. Hal tersebut dinamakan …

A. Tekanan

B. Fleksibilitas

C. Ritmik

D. Kontinuitas

22. Supaya kita tidak mengalami cidera, maka kita sebaiknya melakukan kegiatan … sebelum senam kita mulai.

A. pemanasan

B. gerakan inti

C. pendinginan

D. persiapan

23. Di bawah ini yang merupakan inti senam irama yaitu…

A. Menyerasikan gerakan tangan dan kaki

B. Kelentukan tubuh dalam melakukan gerakan

C. Kelincahan

D. Keindahan tubuh dalam melakukan gerakan

24. Perlengkapan di bawah ini yang digunakan untuk mengiringi gerakan senam irama yaitu…

A. Suara

B. Musik

C. Nada – aught

D. Bunyi

25. Berikut ini yang merupakan komponen fisik dari kegiatan senam irama yaitu…

A. Kelentukan dan kelincahan

B. Kelentukan dan kekuatan

C. Kekuatan dan daya tahan otot

D. Kecepatan dan kelincahan

26. Perhatikan unsur-unsur di bawah ini!

a] keselarasan keseimbangan gerak

b] musik

c] irama

d] kelentukan tubuh

Berdasarkan unsur di atas, yang termasuk tekanan yang harus diberikan dalam senam irama yaitu nomor …

A. a-c-d

B. a-b-d

C. a-b-c

D. b-c-d

27. Gerakan senam irama biasanya kita lakukan dengan diiringi irama musik yang dilakukan secara …

A. Individu

B. Bersama-sama

C. Masal

D. Berirama

28. Senam irama di Republic of indonesia berada di bawah naungan oeganisasi …

A. PSSI

B. PERSANI

C. PERBASI

D. PERSAMI

29. Unsur-unsur di bawah ini yang harus diperhatikan dalam senam irama yaitu …

A. power, Keluwesan, dan koordinasi

B. Kekuatan, keluwesan, dan kecepatan

C. Ketepatan, keluwesan dan koordinasi

D. Kekuatan, kecepatan, dan koordinasi

30. Senam irama pada umumnya dilakukan dengan …

A. Gembira dan semangat

B. Santai dan lemas

C. Sedih dan santai

D. Terpaksa dan marah

31. Tahapan gerakan dalam melakukan senam irama terdiri dari …

A. Pendahuluan, inti, dan penenangan

B. Awal, pertengahan, dan akhir

C. Awalan, inti, dan akhiran

D. Pemanasan, inti, dan pendinginan

32. Di bawah ini yang termasuk jenis senam irama yaitu …

A. SKJ, aerobik, pramuka

B. SKJ, dansa, aerobik

Baca Juga :   Rena Tegese

C. SKJ, lantai, dansa

D. SKJ, dansa, pramuka

33. Dalam senam irama yang dilakukan secara berkelompok, yang termasuk faktor terpenting yaitu …

A. Ketukan

B. Kekompakan

C. Kecepatan

D. Kekuatan

34. Senam irama yang kita lakukan tanpa bantuan musik dapat dilakukan dengan cara …

A. Memberikan teriakan

B. Memberikan intruksi

C. Memberikan hentakan

D. Memberikan hitungan

35. Dalam melakukan senam irama, gerakan awalnya yaitu …

A. Berlari di tempat

B. Berjalan di tempat

C. Berputar di tempat

D. Lompat di tempat

36. Beberapa gerakan dalam senam irama yaitu …

A. Button upwardly, sit – up, langkah maju dan mundur

B. Push button up, jalan di tempat, langkah ke kanan ke kiri, langkah maju dan mundur

C. Jalan di tempat, langkah ke kanan ke kiri, langkah maju dan mundur

D. Push upward, jalan di tempat, langkah ke kanan ke kiri, sit – upwardly

37. Yang biasanya dilakukan untuk mengiringi senam irama yaitu …

A. Musik, hitungan, tepukan tangan

B. Musik, hitungan, kedipan

C. Musik, teriakan, tepukan tanga

D. Musik, teriakan, kedipan

38. Senam aerobic popular pada tahun …

A. Akhir 1990an

B. Akhir 1960an

C. Akhir 1970an

D. Akhir 1980an

39. Serangkaian gerakan koordinasi tangan dan kaki yang mengikuti alunan musik dinamakan senam …

A. matras

B. lantai

C. alat

D. irama

40. Sebelum melakukan senam irama, kita akan melakukan pemanasan dengan tujuan untuk …

A. Meningkatkan kepercayaan diri

B. Menguatkan tulang.

C. Melemaskan otot dan sendi.

D. Keseimbangan gerakan.

41. Tahap-tahap dalam melakukan senam aerobik secara umum yaitu  …

A. 4 menit : pemanasan, 7 menit : inti, dan 4 menit :  pendinginan

B. 4 menit : pemanasan, 5 menit :  inti, dan four menit :  pendinginan

C. 4 menit : pemanasan, 4 menit : inti, dan four menit :  pendinginan

D. 4 menit : pemanasan, 4 menit : inti, dan 7 menit :  pendinginan

42. Di bawah ini yang tidak termasuk gerakan warming up dalam senam aerobic yaitu …

A. menggelengkan kepala

B. pernapasan

C. jalan di tempat

D. mengayunkan kedua tangan

43. Untuk menghindari terjadinya cedera yang lebih parah ketika kita akan melakukan senam irama/ ritmik, kita dianjurkan untuk melakukan …

A. Gerakan Inti

B. Pemanasan

C. Persiapan

D. Pendinginan

44. Tujuan Gerakan Inti ketika kita melakukan senam aerobik yaitu

A. melemaskan otot – otot

B. menaikkan suhu tubuh

C. melatih koordinasi gerak anggota tubuh

D. meningkatkat sirkulasi udara

45. Berikut yang tidak termasuk manfaat melakukan senam aerobik …

A. Meningkatkan kelentukan

B. Meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru

C. Meningkatkan konsentrasi atau kefokusan

D. Meningkatkan kekuatan otot

46. Di bawah ini yang termasuk manfaat melakukan senam aerobik yaitu …

A. meningkatkan ketajaman

B. meningkatkan kelentukan

C. meningkatkan kekuatan otot

D. meningkatkan kecepatan

47. Gerakan inti dalam senam irama/ ritmik terdiri terdiri dari beberapa macam gerakan yaitu

A. putar tangan

B. dayung kanan kiri

C. tangan lincah

D. ranggut tangan

48. Suatu sistem latihan fisik yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh merupakan pengertian dari …

A. senam yoga

B. Senam lantai

C. Aerobik

D. Senam poco – poco

49. Gerakan pemanasan dalam senam irama terdiri dari beberapa macam gerakan yaitu …

A. atur pernapasan

B. Discorobic

C. tolak pinggang

D. gerakan kaki

50. Serangkaian gerak yang dikombinasikan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi waktu tertentu merupakan pengertian dari …

A. warm upward

B. Senam meditasi

C. Senam aerobik

D. senam Yoga

Kunci Jawaban Soal HOTS Penjas tentang Senam Irama K13 Revisi

1 C 11 D 21 D 31 D 41 A

2 A 12 D 22 A 32 A 42 B

iii D thirteen D 23 A 33 B 43 B

4 A 14 B 24 B 34 D 44 C

5 C fifteen C 25 A 35 B 45 C

6 D 16 B 26 C 36 C 46 C

7 C 17 B 27 D 37 B 47 C

8 D 18 A 28 B 38 C 48 C

9 C 19 A 29 C 39 D 49 C

ten C 20 D 30 A 40 C l C


Orang Lain Juga Membuka :

1. Soal Tentang Senam Irama [Ritmik] dan Jawaban [UPDATE]

2. Soal Essay tentang Senam Irama dan Kunci Jawaban [BONUS Soal Pilihan Ganda]

three. Soal & Jawaban Penjaskes SMA Materi Senam Irama / Ritmik [Pilihan Ganda]

4.Kumpulan Soal tentang Senam dan Kunci Jawaban

5. xl Soal PAS Gasal Penjaskes Kelas iv SD MI & Jawaban [Pilgan, Essay, Uraian]

Demikian contoh latihan
soal penjas tentang senam irama/ ritmik kelas 4 5 6 SD MI
dan kunci jawaban kurikulum 2013 revisi. Semoga soal penjasorkes SD MI tersebut bermanfaat.

LINK DOWNLOAD

sudah kami sediakan di bawah ini jika anda hendak mendownload soal senam irama.

Video yang berhubungan

Selain Dengan Irama Musik Senam Irama Dapat Diiringi Dengan

Source: https://termasyhur.com/senam-irama-yang-kita-lakukan-tanpa-bantuan-musik-dapat-dilakukan-dengan-cara