Jenis Limbah Lunak Organik Reduce Reuse Recycle

Jenis Limbah Lunak Organik Reduce Reuse Recycle

Sebagai bahan limbah yang tergolong limbah lunak, apakah masih ada jenis limbah lain dari tumbuhan di lingkungan tempat tinggalmu yang serupa dan dapat dimanfaatkan pula sebagai produk kerajinan? Sebut saja seperti limbah daun nangka, limbah daun lontar, limbah kulit pete cina, kulit bawang dan masih banyak lagi yang lainnya. Berpikirlah kreatif untuk dapat menciptakan produk baru dan kesempatan peluang usaha.

Tugas 4

Mengidentifikasi Karakteristik Bahan Limbah Lunak Organik.

1. Jenis-jenis bahan limbah organik lunak pada produk kerajinan dan karakteristik apa saja yang dapat kamu jelaskan. 2. Ungkapkan perasaanmu yang timbul berdasarkan produk kerajinan dari bahan limbah lunak organik yang telah dilakukan

(Lihat LK-2) Lembar Kerja ii (LK-2)

Nama Anggota Kelompok : ……………………………. Kelas : …………………………….

Mengidentifikasi Karakteristik Bahan Limbah Lunak Organik Pada Produk Kerajinan.

Jenis Bahan Limbah Lunak Organik Ciri-ciri Produk Kerajinan Bentuk Produk Kerajinan Ukuran Produk Kerajinan

Warna dan Motif Pada Produk Kerajinan

Teknik Pembuatan

Ungkapan perasaan saat melakukan kegiatan identifikasi karakteristik kerajinan bahan limbah lunak organik : ……………………………………………… …………………………………………………………………….

Limbah lunak anorganik yang dapat didaur ulang yaitu sampah plastik, kotak kemasan, plastik, dan kain perca. Limbah-limbah lunak anorganik dapat dipilah-pilah sesuai kebutuhan. Jika dinilai tidak layak pakai maka limbah anorganik dapat diselesaikan dengan cara dibakar. Sedangkan limbah yang masih dalam kondisi utuh, dapat dimanfaatkan kembali menjadi karya kerajinan. Jika limbah sudah beralih manfaat menjadi barang kerajinan secara ekonomi nilainya akan meningkat.

31

Lakukanlah proses recycle yaitu mendaur ulang limbah lunak anorganik menjadi karya kerajinan, agar kita dapat membantu menyelesaikan masalah sampah di lingkungan kita. Mulailah dari sekarang untuk hidup yang lebih baik! Lakukanlah pengamatan terhadap gambar beberapa produk kerajinan dari limbah lunak anorganik di bawah ini!

Baca Juga :   15000.0 Idr Artinya

Dalam penciptaan produk kerajinan dari limbah lunak lebih kepada memunculkan ciri khas pengrajin dalam mengembangkan desain kerajinannya.

a b

c d

(Sumber: http://kerajinantanganwida.blogspot.com) Gambar 1.24 Aneka kerajinan dari limbah lunak anorganik; a. tas dari limbah plastik kemasan, b. pensil hias dari kain perca, c. miniatur dari kotak kemasan, dan d. tas darikain perca.

Tugas five

Mengapresiasi Kerajinan Limbah Lunak Anorganik.

Amatilah Gambar 1.24! Produk-produk kerajinan yang terbuat dari bahan limbah lunak anorganik sangat banyak terdapat di Indonesia. Apa kesan yang kamu dapatkan? Ungkapkan pendapatmu, sampaikan dalam pembelajaran!

32

Sejak dahulu masyarakat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan sebagai alat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dari mulai kebutuhan hidup sehari-hari, rumah tangga hingga hanya sekedar kebutuhan penghias rumah/kantor. Berdasarkan pengamatan kebutuhan tersebut maka kerajinan dari bahan dasar limbah lunak dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan fungsinya.

Pada Gambar ane.24 terlihat produk yang berasal dari bahan limbah lunak anorganik. Perhatikanlah apakah produk tersebut memiliki ciri khas bahan dari limbah lunak anorganik sebagai bahan dasarnya. Bahan limbah lunak anorganik yang akan kita pelajari bersama adalah kerajinan dari bahan limbah aneka plastik, kotak kemasan, dan kain perca. Perhatikanlah jenis produk apa yang bisa dihasilkan dari bahan limbah anorganik tersebut. Amati dan teliti lebih jauh jenis-jenis bahan limbah lunak anorganik yang dapat ditemui di lingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai produk kerajinan.

Tugas 6

Deskripsi Tindakan Pengolahan Bahan Limbah Lunak Anorganik

i. Tentukan jenis bahan limbah lunak anorganik yang akan diteliti. ii. Buatlah sebuah contoh tindakan dalam pengolahan limbah lunak anorganik. 3. Ungkapkan perasaanmu sebagai seorang pengolah limbah yang sedang merancang pelestarian lingkungan untuk dirinya dan masyarakat.

Baca Juga :   Hubungan Gaya Dan Gerak Pada Peristiwa Membuat Gerabah

(Lihat LK-3) Lembar Kerja 3 (LK-3)

Nama Anggota Kelompok : ……………………………. Kelas : …………………………….

Mendeskripsikan Tindakan Pengolahan Bahan Limbah Anorganik

Bahan Limbah Lunak Anorganik : ……………………

Reduce Reuse Recycle

Ungkapan perasaan : …………………………………… …………………………………………………………………….

33

Jenis Limbah Lunak Organik Reduce Reuse Recycle

Source: https://issuu.com/rwsstudentcouncil/docs/bukusiswaprakaryakelas7kurikulum2013revisi2017seme/s/13304564