Apa Manfaat Energi Matahari Bagi Petani Garam

Apa Manfaat Energi Matahari Bagi Petani Garam

ilustrasi manfaat energi panas matahari bagi kehidupan, sumber gambar: https://www.pexels.com/


Matahari merupakan sumber energi terbesar yang ada di jagat semesta ini. Kehadiran matahari yang menyinari bumi memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Beberapa


manfaat


energi panas matahari bagi kehidupan dapat kamu simak di bawah ini.


Dikutip dari buku


Menyelidiki Matahari oleh Hs. Mardiyah (2016),


matahari merupakan salah satu bintang di jagat raya yang memiliki ukuran sangat besar dan suhu yang sangat tinggi. Sebagian besar penyusun matahari yang memiliki kerapatan massa sangat padat.


Ada tujuh manfaat energi panas matahari bagi kehidupan manusia dan hewan. Adapun manfaat tersebut yaitu sebagai berikut:

ilustrasi manfaat energi panas matahari bagi kehidupan, sumber gambar: https://www.pexels.com/




Matahari


mampu menyinari bumi dan menghindarkannya dari kegelapan saat pagi hari. Bayangkan jika tidak ada matahari, maka bumi akan gelap gulita dan manusia tidak akan mampu melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Bahkan, bulan yang bersinar di malam hari pun memperoleh cahaya yang berasal dari matahari.


Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh manusia, melainkan makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Dengan adanya panas matahari, maka hewan-hewan dapat mencari makan dan tumbuhan dapat berfotosintesis.


Tanpa adanya


energi


panas matahari, pakaian yang dicuci mungkin akan tetap basah dan berbau tidak sedap. Panas matahari sangat bermanfaat untuk menjemur pakaian secara alami dan free. Dengan memanfaatkan panas matahari, maka pakaian yang dicuci akan lebih mudah kering saat dijemur di tempat terbuka.


Ada banyak makanan yang perlu dijemur sebelum dapat dikonsumsi oleh manusia. Misalnya, seperti ikan laut, kerupuk, dan lain-lain. Dengan adanya bantuan cahaya matahari, maka bahan makanan dapat dikonsumsi dengan lezat sesuai dengan kegunaannya


Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Bukan hanya untuk manusia, sinar matahari juga mampu menguatkan tulang hewan. Hal ini akan membantu hewan agar mempunyai tubuh yang kuat dan dapat hidup di alam liar.


6. Meningkatkan Imun Tubuh

ilustrasi manfaat energi panas matahari bagi kehidupan, sumber gambar: https://www.pexels.com/


Sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Dengan berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari, maka hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga mampu meningkatkan hormon kebahagiaan yang efeknya sangat baik bagi kesehatan mental.


seven. Menghangatkan Tubuh Hewan


Hewan membutuhkan energi matahari untuk menghangatkan tubuh, terutama reptil, ikan dan amfibi. Jenis-jenis hewan tersebut bahkan menggantungkan hidupnya pada energi matahari untuk bertahan hidup.


Ketika cahaya matahari terpancar, tubuh hewan akan menyerap panas. Dengan begitu, maka tubuh hewan akan menghangat dan mereka dapat bergerak lebih aktif. Hal ini sangat berbeda dengan cuaca dingin yang membuat hewan-hewan lebih suka tidur.


Manfaat energi panas matahari bagi


kehidupan


sangatlah besar, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan mudah berkat bantuan dari alam. Dengan memanfaatkan energi matahari, maka kita dapat lebih menghemat keuangan karena energi yang dihasilkan bersifat free dan dapat digunakan secara terus menerus.

Apa Manfaat Energi Matahari Bagi Petani Garam

Source: https://kumparan.com/berita-update/7-manfaat-energi-panas-matahari-bagi-kehidupan-manusia-dan-hewan-1wPXYd3h8zx

Baca Juga :   Dongeng Menceritakan Peristiwa Yang Terjadi Pada