Contoh Mengasihi Tuhan Dan Sesama

Contoh Mengasihi Tuhan Dan Sesama

Minggu, 10 Juli 2022

Ulangan 30: 10-14

Mazmur 69:14.17.xxx-31.33-34.36ab.37

Lukas x:25-37

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia  seperti dirimu sendiri. ” — Lukas x: 27

TUHAN YESUS

mengajarkan kepada kita bahwa jalan untuk mencapai keselamatan kekal adalah dengan menaati hukum ALLAH.
Mengasihi ALLAH

dan
mengasihi sesama

adalah

hukum yang pertama dan terutama
.

Tuntutan mengasihi TUHAN dan sesama bagi kita sebagai pengikut Kristus memang tidak mudah karena kita sering jatuh dalam cinta diri, kesombongan dan ketidakpedulian baik kepada Tuhan maupun kepada sesama. Cinta kita sebatas kata-kata, tapi sikap hidup kita jauh dari ajaran-Nya. Bahkan dengan sesama pun masih ada dendam, kebencian, iri hati, tidak adil, tidak peduli.

YESUS KRISTUS memberikan perintah baru kepada kita, yaitu agar kita saling mengasihi. Perintah cinta kasih kepada sesama itu menjadi pedoman seluruh sikap dan perbuatan kita terhadap sesama.

Kisah orang Samaria yang baik hati merupakan contoh nyata yang diberikan oleh YESUS mengenai kasih. Orang Samaria itu pastilah tidak mengenal si korban perampokan. Namun, karena
mempunyai kasih ,
ia langsung bertindak begitu tahu kondisi si korban. Mengasihi sesama berarti memperlakukan orang lain dengan baik dalam segala segi kehidupan. Memperhatikan hidup dan kesejahteraannya, bertindak dengan jujur dan adil terhadapnya, dan tidak mengucilkannya. Orang yang mengasihi sesamanya akan berpegang pada perintah YESUS, “Sebagaimana kamu ingin diperlakukan orang lain, berbuatlah demikian juga terhadap mereka.”

Tuhan Yesus tidak mengharapkan kita menjadi seperti si Imam dan orang Lewi, yang sekalipun mereka tahu ada orang lain yang menderita dan memerlukan pertolongan tetapi tidak berbuat apa-apa. IA menuntut agar kita mau menjadi orang Samaria yang berlaku kasih bagi sesama yang lain, rendah hati dan murah hati.

Baca Juga :   Gambar Di Samping Merupakan Hasil Gambar Dengan Teknik

SUDAHKAH KITA MENJADI ORANG SAMARIA YANG MURAH HATI?


(Pivot)

DOA:Tuhan Yesus, semoga kami semakin peka melihat sesama yang membutuhkan pertolongan dan tergerak hati untuk segera memberikan bantuan sebab Engkau telah mengasihi kami.

JANJI: Sebab Tuhan mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina orang-orang-Nya dalam tahanan.– Mazmur 69: 34

PUJIAN:Sesudah suaminya meninggal, St Felisitas mengabdi pada Tuhan dengan berdoa dan melakukan belas kasih. Kekuatannya yang luar biasa itu bersumber dari pengharapannya yang besar akan kehidupan kekal kelak bersama Bapa di surga.

Penanggung jawab RH: Rm. Subroto Widjojo, SJ

Contoh Mengasihi Tuhan Dan Sesama

Source: https://rsudsyamsudin.org/14923/contoh-mengasihi-sesama/