Alat Musik Yang Lazim Untuk Mengiringi Lagu Seriosa

Alat Musik Yang Lazim Untuk Mengiringi Lagu Seriosa

Musik Dangdut – Macam-macam Alat Musik yang Sering Digunakan Sebagai Pengiring Dangdut :

Hallo sobat, Selamat siang sobat, bagaimana kabar sobat saat ini ? Semoga sobat selalu diberi kesehatan. Nah, kali ini saya akan memposting sebuah artikel tentang yang Macam-macam Alat Musik Pengiring Dangdut. Berbicara soal dangdut, sobat tahu dangdut itu apa ? Kalau sobat tidak tahu, tenang saja, saya akan memberi tahukan apa itu Dangdut. Dangdut merupakan salah satu seni musik tradisional Republic of republic of indonesia yang memiliki unsur-unsur Hindustani(Democracy of india), Melayu dan Arab. Nama dangdut berasal suara yang dihasilkan oleh gendang yaitu dang dan dut. Musik Dangdut sangat populer di di Indonesia dari kalangan Anak-anak hingga Dewasa bahkan lansiapun juga suka dengan musik Dangdut ini. Salah satu musisi dangdut yang terkenal dari dulu hingga saat ini adalah Rhoma Irama dengan band musiknya bernama Soneta yang terkenal sejak tanggal thirteen Oktober 1973. Rhoma Irama memiliki julukan Raja Dangdut. Saat ini musisi yang dangdut yang terkenal banyak sekali seperti Nella Karisma, Suliana, Zaskia Gotik, Inul Daratista, Ayu Ting Ting, Cita Citata, Via Vallen Mansyur dan masih banyak lagi.


Macam-macam Alat Musik Dandut :


Di Republic of indonesia sendiri Musik Dangdut adalah musik yang banyak disukai. Terdapat banyak sekali alat musik yang bisa menjadi pengiring musik dangdut, Tetapi alat musik yang tidak akan ketinggalan dan memang menjadi salah satu icon dan ciri khas Musik dangdut adalah Gendang. Sobat tahu alat musik apa saja yang mengiringi musik dangdut ? kalau sobat masih belum tahu alat musiknya, mari kita simak bersama-sama beberapa alat musik Dangdut di bawah ini :


1. kendang atau kendhang atau Gendang

kendang atau kendhang atau Gendang adalah pengiring musik utama dari musik dangdut dan merupakan alat musik yang menjadi ciri khas dari dangdut. kendang atau kendhang atau bisa disebut juga Gendang terbuat dari kayu, biasanya yang digunakan untuk membuat kendang atau gendang ini dari kayu nangka, kelapa atau cepedak. Untuk bam (permukaan bagian yang memancarkan ketukan bernada renda) terbuat dari kulit kerbau dan untuk chang (permukaan luar yang memancarkan ketukan bernada tinggi) terbuat dari kulit kambing. Beberapa jenis kendang antara lain kendang yang kecil disebut ketipung dan kendang yang berukuran sedang disebut dengan kendang ciblon/kebar dan pasangan ketipung (kendhang kecil) bernama kendang gedhe yang biasa disebut dengan kendang kalih.

Musik Dangdut - Macam-macam Alat Musik yang Sering Digunakan Sebagai Pengiring Dangdut gendang dangdut, alat musik dangdut, cewek bermain dangdut


2. Suling atau Seruling

Seruling atau suling merupakan alat musik yang cara penggunaannya ditiup yang terbuat dari bambu dengan suara berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. beberapa jenis suling antara lain yang pertama suling tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu, suling ini sering kita jumpai dan menjadi pengiring musik dangdut. Yang kedua yaitu suling mod, suling ini digunakan oleh ahlinya dan suling ini terbuat dari perak, emas atay campuran keduanya. Yang ketiga suling untuk pelajar, suling ini umumnya terbuat dari nikel(perak) atau logam yang dilapisi perak dan suling ini digunakan oleh pemula dan yang masih belajar untuk bermain suling.


3. Tabla

Tabla adalah alat musik yang berasal dari Bharat. Nama Tabla ini berasal dari bahasa Arab yaitu

tabl

yang artinya “drum” Alat musik ini terdiri dari sepasang drum tangan dengan ukuran dan warna nada yang berbeda. Biasanya di musik dangdut yang bermain Tabla ini adalah yang memegang pulsate.


4. Tamborin

Selanjutnya yang menjadi pengiring musik dangdut adalah tamborin. Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara digoyangkan dan tamborin ini menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan gendang dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Tamborin sendiri berasal dari Eropa. Alat musik ini telah banyak dipakai untuk menambah variasi warna suara dalam pertunjukkan musik sejak abad 19 dan terus dimainkan dalam ring maupun ensembel musik klasik atau populer bahkan saat ini dimainkan dengan di Dangdut.


five Gitar

Gitar adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik, biasanya menggunakan jari atau plektrum. Gitar terbuat dari kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja dan biasanya terdapat enam senar gitar dengan nix suara yang berbeda. Gitar dibegi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Biasanya digunakan untuk mengiringi musik-musik bergenre pop, reggae, jazz, metallic, rock, dejection dan musik dangdut.


6. Drum

Pulsate merupakan seperangkat alat musik perkusi yang biasanya terdiri dari snare pulsate, bass pulsate, tom tom, cymbal, double pedal, how-do-you-do-chapeau, kendang dan hardware antara lain kursi pulsate, stand cymbal, pedal, stand up hello hat, tom holder. Cara memainkannya alat musik ini dengan cara dipukul, memukulnya bisa dengan tangan atau dengan sepasang kayu atau disebut dengan stik drum. Pulsate biasanya sebagai pengatur tempo utama dari alat musik lainnya dalam musik.


Organ/Keyboard

Organ/Keyboard adalah alat musik listrik tanpa pipa yang dibuat sejak tahu 1930. Organ/Keyboard merupakan alat musik yang mempu memproduksi barbagai suara yang dapat menyerupai bermacam-macam alat musik, sehingga Organ atau Keyboard ini  tak jarang dijadikan sebagai alat musik tunggal di pementasan musik dangdut. Dalam Organ/Keyboard perubahan karakter suara atau cypher atau ampitudo disebabkan oleh seberapa lama atau seberapa dalam tuts tersebut dipencet. Alat musik canggih ini sudah lazim digunakan sebagai pelengkap bahkan penyempurna musik dangdut.

Oke sobat, itu saja ulasan saya tentang

Musik Dangdut – Macam-macam Alat Musik yang Sering Digunakan Sebagai Pengiring Dangdut


, semoga postingan saya kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat dan terima kasih telah mengunjungi website saya.

Alat Musik Yang Lazim Untuk Mengiringi Lagu Seriosa

Source: https://www.duwus.com/31428/alat-musik-yang-lazim-untuk-mengiringi-lagu-seriosa-adalah.html

Baca Juga :   Contoh Syair Burung Pungguk