Tiga Tanda Tempo

Tiga Tanda Tempo

Ilustrasi memainkan lagu dengan tanda tempo moderato. Foto: iStock


Dalam seni


musik

, faktor cepat atau lambatnya sebuah


lagu


disebut dengan tempo. Ini menjadi salah satu penentu bagaimana rasa dari sebuah lagu, tidak hanya sampai pada telinga pendengar, tetapi juga dapat diresapi maknanya.


Biasanya, lagu yang memiliki makna bahagia, semangat, atau marah dimainkan dengan tempo sedang hingga cepat. Sebaliknya, lagu yang maknanya sedih, duka, atau bertema kedamaian dimainkan dengan tempo yang cenderung lambat.


Selain itu, tempo juga dibutuhkan untuk menciptakan dinamika dalam sebuah lagu. Lagu dengan tempo yang sama dari awal sampai akhir tentu akan terasa membosankan. Karena itu, pada bagian-bagian tertentu, perlu ada perubahan tempo agar lebih bervariatif.


Contohnya lagu “Maverick Rhapsody” yang dinyanyikan oleh ring rock legendaris Queen. Pada bagian awal, lagu ini dimainkan dengan tempo yang lambat hingga menimbulkan kesan dramatis. Namun, semakin lama temponya berubah menjadi sedang hingga cepat. Dan di bagian akhir, temponya kembali melambat.


Untuk menunjukkan seberapa cepat sebuah lagu harus dimainkan, tempo akan diukur berdasarkan ketukan per menit atau Beats Per Minute (BPM). Misalnya, lagu dengan tempo 80 BPM, artinya dalam satu menit akan ada fourscore ketukan. Sementara tempo yang dinotasikan dengan 160 BPM menjadi dua kali lebih cepat dengan dua ketukan per detik.


Tanda Tempo Moderato

Ilustrasi bermain gitar. Foto: iStock


Tanda tempo moderato adalah tempo sedang yang dimainkan dengan ketukan sekitar 108-120 BPM. Tanda tempo moderato dikelompokkan lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:


Merupakan tempo yang cukup cepat, sedikit lebih cepat daripada moderato. Tanda tempo allegro moderato dimainkan dengan 112 hingga 124 BPM.


Temponya perlahan-lahan tetapi tidak begitu lambat, lebih mengarah ke tempo sedang. Jumlah ketukan per menitnya sekitar 76 sampai 108 BPM.


Tempo andantino dimainkan dengan perlahan-lahan, tetapi sedikit lebih cepat daripada andante. Ketukan per menitnya berjumlah antara lxxx sampai 108 BPM.


Contoh Lagu dengan Tempo Moderato


Berikut beberapa contoh lagu daerah yang menggunakan tanda tempo moderato:

Tiga Tanda Tempo

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/tanda-tempo-moderato-pada-lagu-dan-contohnya-1wGskeBqG6e