Ciri Ciri Kedisiplinan

Ciri Ciri Kedisiplinan

Hal senada dikemukakan oleh Wikipedia bahwa tujuan disiplin sekolah adalah untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas. Di dalam kelas, jika seorang guru tidak mampu menerapkan disiplin dengan baik maka siswa mungkin menjadi kurang termotivasi dan memperoleh penekanan tertentu, dan suasana belajar menjadi kurang kondusif untuk mencapai prestasi belajar siswa. Setiap orang perlu memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengendalikan dirinya sendiri. Hal ini yang dapat menentukan keberhasilan dalam hidupnya. Jika tidak dapat menguasai dan mengendalikan dirinya sendiri, ia tidak akan menentukan jalan mana yang akan ditempuh dalam hidupnya, serta tidak mempunyai pendirian yang teguh untuk membawa diri dari kehidupannya pada saat diperlukan ketegasan bertindak. Demikian pula dengan siswa, mereka perlu memiliki kemampuan untuk mengarahkan kemauannya. Kemauan ini harus dibina dan dituntun sesuai dengan tingkat perkembangannya. Sehingga mereka dapat mengetahui dengan sadar akan kesalahan yang mungkin pernah dilakukannya, untuk kemudian tidak mengulanginya kembali.

iii. Ciri-Ciri Disiplin

Ketika kita mendengar kata disiplin maka yang terbayang adalah usaha untuk menyekat, mengawal dan mengekang, padahal sebenarnya tidak demikian. Disiplin selain mendidik, juga dapat membuat siswa tahu dan dapat membedakan hal-hal yang seharusnya dilakukan, dan yang tak sepatutnya dilakukan. Disiplin yang sudah menyatu dengan diri, maka perbuatan yang dilakukan tidak dirasakan sebagai beban dan keterpaksaan, melainkan kewajiban yang harus dilakukan. Adapun ciri-ciri kedisiplinan yang ada di sekolah atau lembaga pendidikan adalah sebagai berikut: 6 a. Patuh pada aturan sekolah b. Melaksanakan tugasnya yaitu belajar c. Teratur masuk kelas d. Harus tiba pada waktu yang telah ditetapkan east. Tidak membuat onar di kelas f. Mengerjakan pekerjaan rumah PR. Dengan demikian, diharapkan kedisiplian yang ada di sekolah akan membentuk kedisiplinan diri tanpa aturan tertulis. Sehingga kapanpun dan dimanapun dia berada disiplin akan selalu tertanam pada pribadi anak, karena dengan kesadaran yang timbul dari diri sendirilah disiplin yang sebenarnya. Sujono SK. Membagi disiplin menjadi dua sesuai dengan keadaannya yaitu sebagai berikut: 7 a. Disiplin pribadi yakni perwujudan disiplin yang lahir dari kepatuhan atas aturan-aturan yang mengatur perilaku individu. b. Disiplin kelompok yakni perwujudan disiplin yang lahir dari sikap taat, patuh terhadap aturan-aturan hukum dan norma- norma yang berlaku pada kelompok atau bidang-bidang kehidupan manusia. Baik disiplin kelompok maupun disiplin nasional keduanya terlahir dari disiplin pribadi. Disiplin pribadi yang tertanam dalam diri 6 Emile Durkheim, Pendidikan Moral; Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologgis Pendidikan…., h. 106 7 Sujono SK, Kumpulan Materi Kursus Dinas Staf Resimen Mahasiswa Jayakarta…, h. 4 seseorang, akan menjadikan disiplin sebagai bagian dari dirinya sehingga kapanpun dan dimanapun dia berada disiplin akan diterapkan dalam hidupnya. Sikap dan perilaku disiplin dapat tercipta melalui proses binaan keluarga, pendidikan, pengalaman dan pengenalan dari keteladanan lingkungannya. Oleh karena itu ditegaskan bahwa anak akan diajarkan berdisiplin seperti menghormati aturan. Ia akan belajar melaksanakannya, karena ia merasa wajib berbuat demikian sekalipun itu sulit. Kebiasaan diri semacam itu yang tidak dapat dipenuhi secara lengkap dalam keluarga, maka untuk melanjutkannya harus dibebankan pada lembaga pendidikan. Dengan demikian, ada sejumlah kewajiban yang harus dibebankan pada lembaga pendidikan dalam menumbuhkan dan meningkatkan kedisiplinan siswa hingga melekan dalam dirinya menjadi rutinitas sehari-hari.

Baca Juga :   Sebutkan Keteladanan Yang Dimiliki Abu Bakar as Siddiq

four. Macam-Macam Disiplin

Ciri Ciri Kedisiplinan

Source: https://text-id.123dok.com/document/ky6e6ln4z-ciri-ciri-disiplin-kedisiplinan-siswa-1-pengertian-disiplin-siswa.html