Interval Nada Pada Lagu Ambilkan Bulan Bu

Interval Nada Pada Lagu Ambilkan Bulan Bu

Kunci Jawaban Tema eight kelas 6 Halaman 18

Ayo Bernyanyi

Sungguh luar biasa keagungan Tuhan. Bumi, langit dan isinya adalah bukti nyata mahakarya Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita selalu mengucapkan syukur atas anugerah tersebut. Alam raya ciptaan Tuhan sungguh mengagumkan.

Rasa kagum manusia terhadap ciptaan Tuhan dapat diungkapkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui lagu. Ingatkah kamu tentang interval nix?

Kamu telah mempelajari tentang interval nada di tema sebelumnya. Ayo, kita ingat kembali materi tentang interval nada.

Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“?

Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna.

Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!



Identifikasilah interval null pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” dengan tangga cipher C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu ! Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan, Bu”? Interval seperti apa yang kamu temukan dalam lagu tersebut?

Jawaban:

Interval Prim :i↠i, iii↠3, four↠4, 5↠5, six↠six, 7↠7

Interval Sekon : three ↠2, 2 ↠1, iii↠4, 5↠four, 7↠vi, 4↠3, half-dozen↠v

Interval Terts : 3↠5, five↠3

Berlatihlah menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan, Bu”. Lantunkan lagu tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Ayo Renungkan

Baca Juga :   Membersihkan Tubuh Secara Teratur Bertujuan Untuk

Kamu sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang sudah kamu pelajari. Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu.

1. Jelaskan kosakata-kosakata yang terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur).
Jawaban:

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya, garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi, garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.

2. Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia.
Jawaban:

Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu yaitu Waktu Republic of indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) dan Waktu Republic of indonesia bagian Tengah (WITA).

iii. Jelaskan pengaruh dari peristiwa rotasi bumi.
Jawaban:

Peristiwa rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu, terjadinya siang malam, dan gerak semu harian matahari

Kerja Sama dengan Orang Tua

Presentasikan ringkasan yang kamu buat di depan orang tuamu. Mintalah mereka untuk memberi 5 pertanyaan berkaitan dengan topik yang kamu pelajari.


*)Disclaimer:
 Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.


Sumber:


– Buku Guru SD/MI Kelas Six Tema eight Bumiku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Djakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 8 Bumiku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-mikirbae.com

Interval Nada Pada Lagu Ambilkan Bulan Bu

Source: https://www.fajarpendidikan.co.id/kunci-jawaban-tema-8-kelas-6-subtema-1-pembelajaran-2-halaman-11-13-14-15-16-dan-18/4/