Arti Ghik Bahasa Lampung

Arti Ghik Bahasa Lampung

Belajar Bahasa Lampung lewat Smartphone
Ilustrasi kamus bahasa Lampung. lh3.googleusercontent.com

MESKI tinggal dan lahir di Lampung, banyak masyarakat yang kesulitan berbicara maupun menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Lampung. Oleh sebab itu, dosen Universitas Lampung Fakultas Teknik, Meizano Ardhi Muhammad Djausal, dan timnya, Martinus (dosen) dan Miftah Farid (mahasiswa), yang terinspirasi dari
Google
terjemahan mengembangkan
software
Kamus Bahasa Lampung. Sehingga, masyarakat umum mudah mencari bahasa Lampung melalui situs spider web di ponsel pintar (smartphone), baik menggunakan dialek Nyo maupun dialek Api.

Untuk membuat
Kamus Bahasa Lampung
menggunakan web, Meizano menggunakan
frame word
sebagai pengembangan aplikasi yang mendukung penggunaan di semua gadget maupun komputer dan tablet. Siapa pun dapat mengakses kamus bahasa Lampung tersebut dengan cepat dan mudah. Caranya cukup membuka situs spider web
http://meizano.github.io/lampung.bahasalampung.

Setelah mengklik alamat tersebut, akan muncul perintah untuk memasukkan kata yang akan dicari, baik dari bahasa Indonesia ke bahasa Lampung maupun sebaliknya. Sampai saat ini sudah lebih dari eleven ribu kata dari kedua dialek yang masuk aplikasi tersebut, sehingga masyarakat makin mudah dan praktis mencari arti bahasa Lampung di ponsel pintar.

Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan pencarian arti kata, cara penulisan aksara Lampung. Ia berharap dengan adanya aplikasi ini masyarakat makin mudah mencari arti kata bahasa Lampung, cukup mengetik, misalnya kata “mereka” secara otomatis tanpa harus di-enter
akan muncul arti bahasa Lampung dari dialek Nyo dan dialek Api sekaligus.

“Jadi orang akan langsung tahu arti kata dari kedua dialek tersebut dan tulisan aksaranya,“ kata dia, Kamis (30/3).

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini juga ada cara penggunaan maupun bunyi dari kedua dialek tersebut. “Bahasa Lampung itu ada variasinya, tetapi penggunaannya sama. Penggunaan dialek Nyo sama dengan dialek Api, berbeda dengan bahasa lain. Seperti bahasa Sunda yang harus menggunakan semua bahasanya dengan penuh.”

Baca Juga :   Waktu Permainan Bulu Tangkis

Pakai Suara

Sementara ini kamus tersebut baru mampu mencari kata demi kata, belum dalam bentuk kalimat. Ke depan kamus tersebut akan dikembangkan untuk menerjemahkan kalimat bahasa Republic of indonesia ke dalam bahasa Lampung.

Tidak hanya itu, kamus ini juga akan dikembangkan menggunakan suara, sehingga jika ada perintah untuk menerjemahkan ke bahasa Lampung menggunakan suara, selang beberapa detik sistem akan langsung menangkap suara dan menerjemahkan ke bahasa Lampung dalam bentuk tulisan.

Kemudian aplikasi tersebut akan dilengkapi dengan aksara Lampung, yakni pengguna cukup dengan mengetik kata yang akan dicari langsung diterjemahkan ke aksara Lampung. “Ke depan penemuan ini tidak dikomersialkan, tetapi menjadi sumbangan budaya yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Sebab, saya terinpirasi mengembangkan penelitian ini karena sulitnya mencari arti bahasa Lampung, sedangkan referensi sangat terbatas,“ ujar dia.

Dengan adanya kamus ini tentu saja sangat memudahkan masyarakat, khususnya anak-anak untuk belajar bahasa Lampung, sekaligus melestarikan budaya Lampung.

EDITOR

Nur Jannah

loading…

Arti Ghik Bahasa Lampung

Source: https://m.lampost.co/berita-Belajar%20Bahasa%20Lampung%20lewat%20Smartphone.html