Apa Sumbangan Ketiga Kesultanan Tersebut Bagi Nusantara

Apa Sumbangan Ketiga Kesultanan Tersebut Bagi Nusantara


revariani
@revariani


Oct 2018


1


2K


Study

Apa sumbangan (dalam bidang sosial,budaya,politik,seni, dan lain lain) masing masing kesultan demak mataram dan banten bagi nusantara?


atikaridha9c

ane. kerajaan demak : Masjid Agung Demak
2. kerajaan Banten : Masjid Agung Banten
3. kerajaan mataram : seperti upacara sekaten dan upacara garebeg.

mungkin ……..



ane votes

Cheers 14

More Questions From This User Meet All


revariani
October 2018 | 0 Replies

Tuliskan elemen elemen bahasa yang menjadi karateristik bahasa teks negosiasi

Respond

revariani
October 2018 | 0 Replies

Jelaskan hubungan antara kesultanan demak dan majapahit

Answer

Recommend Questions



AlmaSabrina22720061
May 2021 | 0 Replies

pada zaman dahulu pertunjukan tari colek banyak dilakukan di…a.Rumah Juraganb.Jalan Kampung c.Rumah Belandad.Rumah liburan cerita dalam lenong betawi umumnya mengandung pesan….


mrifyal23
May 2021 | 0 Replies

Dewan konstituante yang dibentuk berdasarkan hasil pemilu yang pertama tahun 1955 mempunyai tugas


mimimi890
May 2021 | 0 Replies

jelaskan selat yg menghubungkan sumatera dan jawa


jihanhanifa59
May 2021 | 0 Replies

politik etis sering mendapat ejekan sebagai politik sarung tangan sutra. mengapa demikian?jelaskan!


Muhammadmansyur
May 2021 | 0 Replies

daerah yang berada di bawah kekuasaan kerajaan majapahit meliputi sumatra jawa Kalimantan Sulawesi nusa tenggara maluku dan papua . pernyataan tersebut di paparkan oleh


nadia175356
May 2021 | 0 Replies

penjelasan bagaimana aqidah tanpa filsafat dan filsafat tanpa aqidah


said1622
May 2021 | 0 Replies

jelaskan bagaimana sikap masyarakat indonesia terhadap agama dan bagaimana langkah langkah membumikan islam di kampus


FikriArdjun3009
May 2021 | 0 Replies

Bentuk bentuk perubahan sosial dan budaya dalam konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah


fraansiskaa3667
May 2021 | 0 Replies

Nerikut ini yang bukan dampak negative dari penerapan revolusi hijau di republic of indonesia adalah


RazanMI
May 2021 | 0 Replies

kenampakan bayangan yang lebih kecil dari ukuran benda sebenarnya


i. kerajaan demak : Masjid Agung Demak

Baca Juga :   Asjarun Artinya

ii. kerajaan Banten : Masjid Agung Banten

3. kerajaan mataram : seperti upacara sekaten dan upacara garebeg.

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#

Answered past zahyeol on Thu, 31 Mar 2022 08:09:45 +0700 with category Sejarah and was viewed by 345 other users

1. kerajaan demak : Masjid Agung Demak

two. kerajaan Banten : Masjid Agung Banten

3. kerajaan mataram : seperti upacara sekaten dan upacara garebeg.

Baca Juga: Coba Buat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang anda buat!​

en.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini free 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Kesultanan Demak dalam bidang sosial, budaya, politik, seni:

  1. Kehidupan Politik. Kerajaan Demak berdiri kira-kira tahun 1478. Hal itu didasarkan pada saat jatuhnya Majapahit yang diperintah oleh Prabu Kertabumi (Brawijaya V) dengan ditandai candrasengkala, sirna ilang kertaning bumi (artinya tahun 1400 Saka atau tahun 1478 Masehi). Para wali kemudian sepakat untuk menobatkan Raden Patah menjadi raja di Kerajaan Demak dengan gelar Senapati Jimbung Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayidin Panatagama. Untuk jabatan patih diangkat Ki Wanapala dengan gelar Mangkurat.
  2. Kehidupan Ekonomi. Perekonomian Demak berkembang ke arah perdagangan maritim dan agraria. Ambisi Kerajaan Demak menjadi negara maritim diwujudkan dengan upayanya merebut Malaka dari tangan Portugis, namun upaya ini ternyata tidak berhasil. Perdagangan antara Demak dengan pelabuhan-pelabuhan lain di Nusantara cukup ramai, Demak berfungsi sebagai pelabuhan transito (penghubung) daerah penghasil rempah-rempah dan memiliki sumber penghasilan pertanian yang cukup besar.
  3. Kehidupan Sosial-budaya. Kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Demak telah berjalan teratur. Pemerintahan diatur dengan hukum Islam. Akan tetapi, norma-norma atau tradisi-tradisi lama tidak ditinggalkan begitu saja. Hasil kebudayaan Kerajaan Demak merupakan kebudayaan yang berkaitan dengan Islam. Hasil kebudayaannya yang cukup terkenal dan sampai sekarang masih tetap berdiri adalah Masjid Agung Demak. Masjid itu merupakan lambang kebesaran Demak sebagai kerajaan Islam. Masjid Agung Demak selain kaya dengan ukir-ukiran bercirikan Islam juga memiliki keistimewaan, yaitu salah satu tiangnya dibuat dari kumpulan sisa-sisa kayu bekas pembangunan masjid itu sendiri yang disatukan (tatal).
Baca Juga :   Cara Pengawetan Makanan Yang Memberikan Dampak Buruk Bagi Manusia Adalah

Kesultanan Banten dalam bidang sosial, budaya, politik, seni:

  1. Politik. Pada tahun 1524 Banten dikuasai oleh Kerajaan Demak.Pada waktu Demak terjadi perebutan kekuasaan, Banten melepaskan diri dan tumbuh menjadi kerajaan besar. Kemudian kekuasaan diserahkan kepada Sultan Hasanudin. Sultan Hasanudin dianggap sebagai pionir Kerajaan Banten karena Banten semakin maju di bawah pimpinannya.Puncak kejayaannya ada saat Sultan ageng tirtayasa memimpin.
  2. Sosial. Kerajaan Banten adalah salah satu kerajaan Islam di Pulau Jawa,sehingga kehidupan sosial mereka menganut ajaran-ajaran Islam.Hidup mereka semakin sejahtera saat puncak kejayaannya. Usaha Sultan Ageng Tirtayasa adalah  perdagangan bebas dan mengusir VOC dari Batavia.Meskipun agama Islam merupakan agama mayoritas Banten,penduduk Banten telah menoleransi keberadaan pemeluk agama lain. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya sebuah klenteng di pelabuhan Banten pada tahun 1673.
  3. Budaya. Masyarakat Banten terdiri dari beragam etnis,antara lain: Sunda, Jawa, Melayu, dll. Beragam suku tersebut memberi pengaruh terhadap perkembangan budaya  dengan tetap berdasarkan aturan agama Islam. Pengaruh budaya Asia lain didapatkan dari migrasi penduduk Cina serta pedagang India dan Arab.Kerajaan Banten memiliki bangunan istana dan bangunan gapura pada Istana Kaibon yang dibangun oleh Jan Lucas Cardeel, seorang Belanda yang telah memeluk agama Islam.

Kesultanan Mataram dalam bidang sosial, budaya, politik, seni:

  1. Kehidupan Politik. Sutowijoyo mengangkat dirinya sebagai raja Mataram dengan gelar Panembahan Senopati (1586-1601) dengan ibukota kerajaan di Kota Gede. Sejarah Kerajaan Mataram Islam, Berdirinya Kerajaan Mataram Islam, Kejayaan Kerajaan Mataram Islam, Runtuhnya Kerajaan Mataram Islam, Pendiri Kerajaan Mataram Islam, Raja-raja Kerajaan Mataram Islam, Peninggalan Kerajaan Mataram Islam, Wilayah Kekuasaan Kerajaan Mataram Islam, Kehidupan Politik pada Masa Kerajaan Mataram Islam
  2. Kehidupan Ekonomi. Letak geografisnya yang berada di pedalaman didukung tanah yang subur, menjadikan kerajaan Mataram sebagai daerah pertanian (agraris) yang cukup berkembang, bahkan menjadi daerah pengekspor beras terbesar pada masa itu. Rakyat Mataram juga banyak melakukan aktivitas perdagangan laut. Hal ini dapat terlihat dari dikuasainya daerah-daerah pelabuhan di sepanjang pantai Utara Jawa. Perpaduan dua unsur ekonomi, yaitu agraris dan maritim mampu menjadikan kerajaan Mataram kuat dalam percaturan politik di nusantara.
  3. Kehidupan Sosial-budaya. Pada masa pertumbuhan dan berkaitan dengan masa pembangunan,maka Sultan Agung melakukan usaha-usaha antara lain untuk meningkatkan daerahdaerah persawahan dan memindahkan banyak para petani ke daerah Krawang yang subur. Atas dasar kehidupan agraris itulah disusun suatu masyarakat yang bersifat feodal. Para pejabat pemerintahan memperoleh imbalan berupa tanah garapan (lungguh), sehingga sistem kehidupan ini menjadi dasar munculnya tuan-tuan tanah di Jawa. Pada masa kebesaran Mataram, kebudayaan juga berkembang antara lain seni tari, seni pahat, seni sastra dan sebagainya. Di samping itu muncul Kebudayaan Kejawen yang merupakan akulturasi antara kebudayan asli, Hindu, Buddha dengan Islam. Upacara Grebeg yang bersumber pada pemujaan roh nenek moyang
Baca Juga :   Sebutkan Empat Kegunaan Jenis Pahat

Dengan demikian,  peninggalan kerajaan demak yaitu Masjid Agung Demak, kerajaan Banten yaitu Masjid Agung Banten, kerajaan mataram seperti upacara sekaten dan upacara garebeg.

Apa Sumbangan Ketiga Kesultanan Tersebut Bagi Nusantara

Source: https://memperoleh.com/apa-sumbangan-ketika-kesulatanan-tersebut-bagi-nusantara