Contoh Ekstensifikasi Produksi Dalam Industri Garmen Adalah

Contoh Ekstensifikasi Produksi Dalam Industri Garmen Adalah

Jakarta

Indonesia merupakan negara agraris. Hal ini dapat dibuktikan dengan melimpahnya sektor pertanian yang dimiliki Indonesia.

Sektor pertanian memang menjadi salah satu sektor penting bagi pertumbuhan negara-negara agraris.

Untuk memanfaatkan potensi yang ada, perlu dilakukannya usaha untuk meningkatkan hasil pertanian. Selain intensifikasi, diversifikasi, rehabilitasi, mekanisasi, cara meningkatkanya adalah dengan melakukan ekstensifikasi. Lalu, apa yang dimaksud dengan ekstensifikasi?


Arti Ekstensifikasi Pertanian

Dikutip dari sebuah jurnal berjudul “Upaya Petani Meningkatkan Produksi Padi Di Desa Tabihi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan” oleh Gusti Thamrin Ihsan, Deasy Arisanty , Ellyn Normelani (2016), ekstensifikasi pertanian adalah cara perluasan lahan dengan mencari lahan-lahan baru. Lahan tersebut ditanami produk-produk untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Dalam pelaksanaanya, ekstensifikasi pertanian bisa dilakukan oleh para petani, ataupun orang-orang yang mengikuti program-program yang telah dibuat oleh pemerintah. Upaya perluasan lahan pertanian ini bisa dilakukan secara mandiri dan berkesinambungan yang pelaksanaannya diawasi secara penuh oleh pemerintah.

Berikut merupakan
macam-macam cara ekstensifikasi pertanian
menurut Badan Penyuluh Pertanian (2012):

1. Perluasan lahan pertanian dengan pembukaan hutan baru

Perluasan dan pembukaan hutan yang masih tertutup atau belum pernah dijadikan lahan pertanian. Sistem nomaden atau berpindah-pindah ladang yang dilakukan masyaratakat di Indonesia sejak dulu. Cara ini merupakan hasil dari perluasan lahan yang mandiri.

two. Perluasan lahan pertanian dengan pembukaan lahan kering

Lahan kering identik dengan tanah kering yang kurang subur. Pemanfaatan lahan kering bisa dilakukan dengan menanam tanaman yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Tanaman yang bisa menjadi pilihan adalah jenis tanaman seperti kacang-kacangan, pohon lamtoro.

3. Perluasan lahan pertanian dengan pembukaan lahan gambut

Di Indonesia sendiri, lahan gambut ini banyak terdapat di daerah Sumatera dan Kalimantan. Keadaan lahan yang subur dan memiliki cukup air, membuat lahan gambut menjadi lahan yang potensial untuk ditanami. Cara ini digunakan agar dapat meningkatkan hasil produksi tanaman.

Baca Juga :   Amanat Cerita Ramayana

Nah, itu tadi penjelasan mengenai arti dari ekstensifikasi dalam bidang pertanian. Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan kita mengenai upaya yang meningkatkan produksi pertanian di negeri kita tercinta ya, detikers.

Simak Video “Kalteng Jadi Daerah Penyumbang APBDes Terbesar untuk Restorasi Gambut

[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Contoh Ekstensifikasi Produksi Dalam Industri Garmen Adalah

Source: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5724650/arti-ekstensifikasi-dalam-bidang-pertanian-beserta-contohnya