Sebutkan Wilayah Pulau Pulau Yang Merupakan Flora Fauna Tipe Asiatis

Sebutkan Wilayah Pulau Pulau Yang Merupakan Flora Fauna Tipe Asiatis

Seekor badak putih yang baru lahir terlihat di Kebun Binatang Royal Burgers di Arnhem, Belanda, Kamis (28/10). Foto: Piroschka van de Wouw/REUTERS




Indonesia


memiliki keanekaragaman fauna yang sangat tinggi. Berdasarkan tinjauan zoologi, terdapat perbedaan antara jenis fauna di bagian barat, tengah, dan timur Republic of indonesia.


Garis


wallace


membagi


fauna


Indonesia menjadi tiga tipe dan salah satunya adalah tipe Asiatis. Mengutip buku


Biologi 1 SMA/MA Kelas X


karya Diah Aryulina,dkk., animal tipe ini meliputi fauna di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.


Di wilayah ini banyak terdapat fauna yang menyusui dan berukuran besar, jenis kera dan ikan air tawar, serta tidak banyak terdapat jenis burung berwarna. Seperti apa klasifikasinya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.


Fauna Tipe Asiatis


Jenis fauna tipe asiatis dapat ditemui di wilayah Indonesia bagian barat, seperti Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan, serta pulau-pulau kecil lain yang ada di sekitarnya. Dikutip dari, jenis animal asiatis yang sering ditemui antara lain orangutan, gajah, badak, harimau, dan rusa.


Dalam buku


Modul Geografi: Persebaran Flora dan Fauna di Republic of indonesia dan Dunia


karya Cipta Suhud Wiguna, jenis beast Asiatis dapat dikelompokkan menjadi:

Gajah-gajah yang ada di taman nasional Chiang Mai, Thailand Foto: Shutter Stock


Reptilia adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin yang memiliki sisik menutupi tubuhnya. Reptilia termasuk kelompok tetrapoda yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.


Contoh


reptil tipe Asiatis yaitu biawak, buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, bunglon, dan trenggiling.


Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Dalam animal Asiatis, umumnya burung tidak berwarna. Contohnya Elang bondol, jalak, merak, ayam hutan, burung hantu, kutilang, dan berbagai macam jenis unggas lainnya.


Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Contoh ikan fauna Asiatis antara lain mujair, arwana, dan pesut.

Ilustrasi ikan arwana. Foto: Shutter Stock


Selain fauna, ada juga beraneka ragam flora yang tersebar di Indonesia. Jenis flora ini diklasifikasikan berdasarkan tempat tinggalnya. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari buku


Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD Kelas 4, 5, 6

:


Hutan hujan tropis terdapat di sekitar garis khatulistiwa. Tumbuhannya sangat beragam sehingga sering disebut hutan heterogen. Wilayahnya antara lain Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.


Hutan musim adalah hutan yang terdapat di daerah yang memiliki musim kemarau cukup panjang. Hutan ini jenis tumbuhannya sangat sedikit bahkan cenderung sejenis.


Hutan musim sering disebut hutan homogen. Contoh hutan musim adalah hutan jati dan hutan pinus. Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Ilustrasi hutan. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya



3. Hutan sabana dan stepa


Keduanya terdapat di daerah yang kering dan curah hujan yang sedikit. Hutan ini banyak terdapat di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Madura. Daerah ini cocok dimanfaatkan sebagai daerah peternakan.


Hutan lumut adalah hutan yang hanya ditumbuhi oleh padang lumut. Hutan ini tumbuh di daerah gunung atau pegunungan yang memiliki ketinggian 1.500-3.000 meter dan berudara lembab.

Sebutkan Wilayah Pulau Pulau Yang Merupakan Flora Fauna Tipe Asiatis

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/mengenal-fauna-tipe-asiatis-lengkap-dengan-ciri-ciri-dan-contohnya-1wux6oojGNc