Suara Rendah Ditandai Dengan

Suara Rendah Ditandai Dengan

tirto.id – Suara manusia dibagi menjadi berbagai jenis berdasar tinggi jangkauan suara (ambitus). Adapun jangkauan suara juga bisa dibedakan menurut jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Selain itu, ambitus dalam suara manusia pun perlu dikelompokkan berdasarkan umur, yakni dewasa maupun anak-anak.

Dikutip dari modul
Pembelajaran Jarak Jauh: Seni Musik
terbitan Kemendikbud (2020:26), pembagian jenis suara manusia berdasarkan jangkauan suara muncul karena ada orang yang berkemampuan mencapai nada tinggi dan sebaliknya, hanya sampai nada rendah hingga sedang.

Manfaat memetakan jangkauan suara yang berbeda-beda tersebut, salah satunya dalam penyajian paduan suara. Paduan suara merupakan perpaduan suara dari sejumlah penyanyi dengan berbagi jalur suara seperti sopran, alto, tenor, dan bass.

Jenis-Jenis Suara Manusia Dewasa dan Anak-anak

Kemampuan manusia dalam mencapai ketinggian suara yang berbeda-beda, dapat diihat dari penguasaan wilayah nada tertentu. Perbedaan wilayah nil itu dipengaruhi oleh ketebalan pita suara masing-masing orang.

Tinggi rendahnya wilayah nada seseorang juga dapat dibentuk melalui latihan vocal. Artinya, kemampuan orang untuk mencapai nada tertentu bisa terbentuk karena 2 faktor, yakni bakat dan latihan.

Sebagaimana dijelaskan di atas, jenis-jenis suara manusia bisa dibedakan dari segi usia (anak dan dewasa), serta jangkauan goose egg (rendah-sedang-tinggi). Selain itu, di kalangan orang dewasa, jenis suara berdasarkan jangkauan naught juga bisa dibedakan dari segi jenis kelamin, yakni perempuan dan laki-laki.

Adapun beberapa jenis dari suara manusia beserta penjelasan tentang wilayah nadanya adalah sebagai berikut.

1. Suara Anak Kecil

Suara anak dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan pada umumnya meliputi wilayah nada yang sama. Perbedaan baru terjadi ketika anak lelaki mulai beranjak dewasa yang ditandai dengan munculnya jakun.

Baca Juga :   Salah Satu Contoh Karangan Fiksi Adalah Kecuali

Dikutip dari buku
Seni Budaya
terbitan Kemendikbud (2018:42), batas perbedaan cypher pada anak dibagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:

a. Suara anak tinggi: Suara anak tinggi memiliki wilayah zip dari c’-f”.

b. Suara anak rendah: Suara anak rendah memiliki wilayah nada dari a-d”.

two. Suara Orang Dewasa

Suara manusia dewasa dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan menjangkau wilayah nada berbeda. Wilayah zilch suara laki-laki dan perempuan dewasa juga bisa dibedakan berdasarkan ketinggian jangkauan suaranya.

a. Suara Perempuan Dewasa

Dikutip dari buku
Aransemen Lagu Vocal Grouping
karya Djito, Nyoman Sumartini, dan Ni Made Mudiani (2020:7), suara perempuan dibedakan menjadi tiga macam, yakni sebagai berikut:

  • Suara Sopran (Suara Tinggi): Suara wanita bertipe sopran merupakan suara dengan jangkauan cipher yang tinggi. Suara sopran wanita dewasa memiliki wilayah nada dari C4 hingga G5.
  • Suara Mezosopran (Suara Sedang): Suara perempuan dewasa bertipe mezosopran merupakan suara dengan jangkauan nada sedang. Suara Mezosopran ini memiliki wilayah null di antara suara alto dan sopran dengan kisaran dari null A3 hingga A5.
  • Suara Alto (Suara Rendah): Suara wanita dewasa bertipe alto merupakan suara dengan ambitus sedang. Suara alto wanita dewasa memiliki wilayah nada dengan jangkauan dari F hingga D3.

b. Suara Lelaki Dewasa

Sama seperti suara perempuan dewasa, suara lelaki dewasa juga dibagi menjadi tiga kategori. Adapun penjelasan mengenai pembagian jenis suara lelaki dewasa adalah sebagaimana perincian berikut ini.

  • Suara Tenor (Suara Tinggi): Suara lelaki bertipe tenor merupakan suara dengan jangkauan nada yang tinggi. Suara tenor lelaki dewasa memiliki wilayah nothing dari B hingga G1.
  • Suara Bariton (Suara Sedang): Suara laki-laki bertipe bariton merupakan suara dengan jangkauan nada sedang. Suara bariton lelaki dewasa memiliki wilayah cipher dari A hingga F1.
  • Suara Bas (Suara Rendah): Suara lelaki bertipe bas merupakan suara dengan jangkauan nada yang rendah. Suara bas lelaki dewasa memiliki wilayah nada dari E hingga C1.
Baca Juga :   Manfaat Rambut Tebal Domba Bagi Manusia Adalah

(tirto.id –
Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif

Penulis: Syamsul Dwi Maarif

Editor: Addi M Idhom



Suara Rendah Ditandai Dengan

Source: https://tirto.id/apa-saja-jenis-suara-manusia-dewasa-anak-serta-wilayah-nadanya-gk5W