Peralatan Access Point Dikonfigurasi Default Dengan Cara

Peralatan Access Point Dikonfigurasi Default Dengan Cara

Cara Konfigurasi Access Point TP Link


1.



ALAT DAN BAHAN :


·



Admission Signal


·



PC ATAU LAPTOP


·



KABEL STRAIGHT (KABEL UTP + RJ45)

Lanjut pada postingan saya yg akan membahas tata cara mengkonfigurasi Access Signal Pada merk TP-Link TL-WA701N

Untuk memulai konfigurasi access betoken ini, lakukan langkah-langkah berikut secara sistematis :

  1. Sama seperti mengkonfigurasikan access point lainnya, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyamakan address antara access point dengan sebuah laptop sehingga alamatnya berada pada satu network. Secara default, IP yang tertera pada label access indicate jenis ini adalah 192.168.1.1 dan netmask 255.255.255.0.
  2. Setelah itu, nyalakan access betoken. Perhatikan adaptor yang digunakan, apakah voltage-nya sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada label access point atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya jangan menyalakan access point tersebut dengan adaptor yang tidak sesuai.
  3. Setelah itu koneksikan access point dengan laptop dengan menggunakan kabel directly.
  4. Buka sebuah web browser pada laptop, kemudian ketikkan alamat IP default dari access point tersebut. Sebelumnya saya telah menjelaskan bahwa IP default admission point jenis ini adalah 192.168.1.1, namun pada praktek ini saya menggunakan access point yang IP address-nya diubah yaitu 10.10.7.one Maka ketikkan IP 10.ten.vii.ane pada address bar, lalu tekan Enter pada keyboard.
  5. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog Authentication Required. Isikan username dengan admin dan isikan password dengan admin. Kemudian klik OK.

  1. Kemudian akan muncul sebuah halaman spider web seperti berikut :



  1. Klik teks “Network” pada jendela sebelah kiri untuk mengatur tipe jaringan (Static IP / DHCP), master IP dari access point (IP local), dan subnet mask. Jika IP admission betoken diubah dari IP default-nya, maka halaman web akan menghilang. Untuk menampilkannya kembali, ubah IP laptop sehingga menjadi se-network dengan IP access indicate yang baru. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :



  1. Setelah itu lakukan pengaturan wireless dengan meng-klik teks Wireless pada jendela sebelah kiri kemudian pilihWireless Setting.
  2. Pengaturan yang perlu dilakukan adalah pengaturan SSID(nama jaringan), Region, Channel (untuk informasi mengenai channel wireless, klik disini), dan Manner. Yang lainnya adalah pengaturan opsional (tergantung kebutuhan). Dalam hal ini saya membuat nama jaringan (SSID) yaitu tujuh. Setelah semua pengaturan selesai, klik Salve. Contoh :



  1. Setelah itu lakukan pengaturan untuk DHCP agar device yang terkoneksi akan mendapatkan IP secara otomatis dari access bespeak. Klik teks DHCP pada jendela sebelah kiri, kemudian pilih DHCP Settings. Dalam hal ini saya melakukan pengaturan range user sebanyak ten client dari ten.10.seven.ten – ten.10.7.20. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :



  1. Setelah semua pengaturan selesai diberikan, reboot access point dengan meng-klik teks System Tools kemudian pilih Reboot.



  1. Sistem admission point akan restart dalam beberapa saat yang diindikasikan oleh persentasi seperti gambar berikut :



Baca Juga :   Naskah Drama Komedi 6 Orang 2 Laki Laki 4 Perempuan

Setelah proses restarting selesai, maka selanjutnya adalah lakukan pengetesan jaringan access betoken yang baru dibuat. Gunakan sebuah laptop lain untuk mengakses jaringan wireless dengan nama tujuh. Kemudian lihatlah IP DHCP yang diperoleh laptop tersebut selama terkoneksi dengan jaringan tujuh. Tentunya IP yang didapatkan akan berada pada range 10.10.7.10 sampai 10.10.7.xx.

http://weblog.unnes.ac.id/ayukwitantri/2016/03/11/cara-konfigurasi-access-indicate-tp-link/

kalau kurang jelas silahkan tonton vidio dibawah ini

                                      https://www.youtube.com/watch?v=MDDTVIForS8

Postingan populer dari blog ini

REMOTE SERVER

Gambar

Spider web SERVER

Gambar

Peralatan Access Point Dikonfigurasi Default Dengan Cara

Source: http://ningsihsmkgo.blogspot.com/2018/08/cara-konfigurasi-access-point-tp-link.html