Hukum Bacaan Surat Al Furqan Ayat 63

Hukum Bacaan Surat Al Furqan Ayat 63

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada potensi yang bagus ini kami akan membicarakan analisis
hukum tajwid surat Al-Furqan ayat 63 lengkap dengan penjelasannya. Ada semboyan yang amat anggun, adalah tiada hari tanpa membaca Al-Quran. Kita akan beruntung sekali jikalau mampu melakukannya. Hidup akan memperoleh keberkahan jikalau kita dekat dengan Al-Quran. Supaya kita membacanya Al-Quran bisa tartil benar. Baiklah, langsung kita simak aturan tajwid dari ayat tersebut.

 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 63 Lengkap Dengan Penjelasannya

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :

one. Mad asli atau mad thabi’i sebab karakter ba berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

ii. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu aksara syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke huruf ra ).

iii. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya aksara mim berharakat  fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

iv. Alif lam syamsiyah sebab aksara alif lam berjumpa aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).

v. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan aksara syin. Cara membacanya dengan terang.

7. Mad asli atau mad thabi’i alasannya abjad syin berharakat dhamah berjumpa wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. Alif lam qamariyah sebab karakter alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara terperinci.

Baca juga : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.

9. Mad lin alasannya adalah karakter wau sukun didahului oleh abjad ha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

Baca Juga :   Jelaskan Peristiwa Yang Terjadi Saat Malaikat Israfil Meniup Sangkakala

x. Idgham bighunnah alasannya adalah aksara nun berharakat fathah tanwin berjumpa huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.

11. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya abjad dzal berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

12. Mad asli atau mad thabi’i sebab huruf kha berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang two harakat.

13. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam berjumpa aksara jim. Dibaca secara terang. Kedua, mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah abjad jim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

xiv. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

xv. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah karakter qaf berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

17. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. Mad ‘iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat.

Baca Juga :   Kelapa Sawit Tebu Dan Kelapa Adalah Tanaman Yang Dihasilkan Oleh

Memang, agar bacaan Al-Alquran kita mampu benar atau tartil maka perlu  belajar tentang ilmu tajwid. Mencari ilmu itu memang sebuah kewajiban bagi tiap muslim. Baik laki-laki maupun perempuan. Semenjak dari anak-anak sampai sampai usia lanjut pun tetap cantik bila diisi dengan mencari ilmu agama. Semoga berfaedah pembahasan kali ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Baca juga : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Hukum Bacaan Surat Al Furqan Ayat 63

Source: https://wargamasyarakat.org/aturan-tajwid-al-quran-surat-al-furqan-ayat-63-lengkap-dengan-penjelasannya/