Perbedaan Notasi Balok Dan Notasi Angka

Perbedaan Notasi Balok Dan Notasi Angka

Perbedaan Not Balok dan Not Angka



Oleh: Setiadi R. Saleh

Notasi yang umum dipakai dalam bermusik adalah notasi angka dan notasi balok. Masing-masing terdapat kelebihan dan kekurangan dalam
cara baca not angka
dengan not balok. Misalnya dalam pianoforte atau keyboard dibutuhkan partitur. Partitur ini menunjukkan not dan kord/kunci apakah C, F, G, A, B, D. Kadang dalam masyarakat awam terdapat pandangan bahwa not balok dianggap lebih sulit daripada not angka. Perbedaannya kira-kira seperti berikut ini:


  1. Kelebihan not balok

·


Penempatan atau penunjukkan letak dan posisi not, tepat, jelas dan akurat. Jadi, tidak akan tertukar antara nada yang tinggi dan nada yang rendah.

·


Terdapat tanda dari nilai non seperti gambar bendera yang diberi blok warna hitam atau warna putih pada bagian kepala non. Hal ini penting sekali untuk menandai nilai dari not suatu lagu.

·


Melalui non balok pemain dari manapun di seluruh dunia akan dapat memainkan sebuah lagu walaupun lagu tersebut belum pernah ia dengar.

·


Kelemahan not balok karena menuliskannya jauh lebih rumit. Apalagi bagi yang belum terbiasa sama sekali. Tidak akan bisa langsung membaca meskipun itu seorang musikus (pemain musik).

·


Not balok ditulis dengan tanda 5 garis dan 4 spasi biasa disebut juga “garis paranada.”


B.




Kelebihan non angka




Not Angka Dalam Digital Software

Seiring dengan perkembangan TIK (teknologi informasi komunikasi) yang dalam bahasa mudahnya disebut internet. Kini, tidak susah-susah lagi mencari not angka dan not balok pada lagu tertentu. Ada banyak sekali lagu yang sudah ada non angkanya. Tinggal diunduh dan dapat dipelajari sendiri di rumah.

Penulisan not angka dapat pula dilakukan dengan hape/ponsel pintar/gadget canggih berbasis sistem android atau Apple. Terdapat sejumlah aplikasi musik dan Anda bisa membuat sendiri program  MIDI musik. Tersedia pula software untuk mengetahui not angka dari suatu lagu. Pertama sekali didownload lalu diinstall. Setelah diinstall lalu buka aplikasi dan pilih lagunya setelah itu
Compose. Tekan tombol
Play,
pembacaan non angka akan berjalan otomatis/mencatat angka sampai selesai.


Macam-macam Istilah Dalam Musik

Ada sejumlah istilah yang terdapat dalam musik antara lain:

·


Irama, tanda birama atau ketukan yang teratur.

·


Tempo, tempo berhubungan shell suatu lagu, cepat-pelan-lambat. Ukurannya suatu tempo ketukan dinyatakan dalam menit.

·


Tempo ini banyak sekali macamnya. Menurut JN Maelzel (1814) tempo dibagi dalam khidmat (grave), lambat berperasaan (adagio), lambat (largho).

·


Dinamik, perubahan bunyi, kuat atau lembut dan perlahan-lahan. Tanda (simbol) yang digunakan antara lain:
Lembut, pianissimo (pp) sangat lembut, pianoforte (p) lembut, mezzopiano (mp) sedang lembut.
Kuat, fortissimo (ff) sangat kuat, forte (f) kuat, mezzoforte (mf) agak kuat.

·



Aransemen,


menambahkan bagian dari setiap iringan dan harmoni baru.



·



Fals,


istilah untuk menyebutkan suara vokal tidak memiliki nada, irama. Tidak “masuk” antara suara musik dan suara penyanyi (vokal).



Cara Baca Non Angka


Untuk menandakan tangga naught diatonis dibagi dalam dua bagian yakni mayor dan small-scale. Ciri dari tangga goose egg mayor menggunakan zip do (one) dengan pola jaraknya i,1, ½, 1, 1, 1, ½. Umumnya lagu-lagu dalam nada mayor adalah lagu-lagu gembira. Sedangkan untuk nada minor cirinya adalah nada dasar menggunakan zero ke 6. Pola interval jaraknya ane, ½, 1, one, ½, ane, i. Naught minor umumnya digunakan untuk nada-nada sedih. Pemula yang ingin sekali belajar not angka saat tersedia banyak buku dan aplikasi yang dapat diunduh. Rajin berlatih, banyak bertanya kepada ahli. Dijamin, dalam xxx menit Anda pasti bisa membaca not angka. Sedangkan untuk kualitas bermusik rajin dan tekun terus dalam berlatih. Fokus!
²


Perbedaan Notasi Balok Dan Notasi Angka

Source: http://setiadisejati.blogspot.com/2014/12/perbedaan-not-balok-dan-not-angka.html