Penambah Aroma Rasa Buah Pisang

Penambah Aroma Rasa Buah Pisang

ZAT PENAMBAH AROMA PADA MAKANAN



Pemberi aroma


adalah zat yang dapat memberikan odor tertentu pada makanan atau minuman, sehingga dapat membangkitkan selera konsumen. Penambahan zat pemberi aroma menyebabkan makanan memiliki daya tarik untuk dinikmati. Zat pemberi aroma yang berasal dari bahan segar atau ekstrak dari bahan alami, misalnya minyak atsiri dan vanili. Pemberi odour yang merupakan senyawa sintetik, misalnya: amil asetat mempunyai cita rasa seperti pisang ambon, amil kaproat (aroma apel), etil butirat (aroma nanas), vanilin (odor vanili), dan metil antranilat (aroma buah anggur). Jeli merupakan salah satu contoh makanan yang menggunakan zat pemberi aroma.



CONTOH

 ZAT ADIKTIF PENAMBAH AROMA PADA MAKANAN


Zat pemberi aroma banyak digunakan dari golongan ester dengan rasa atau aroma buah. Kebanyakan zat pemberi aroma digunakan dalam minuman.
Contoh :
1. Benzaldehida untuk pemberi aroma buah lobi-lobi
2. Etil butirat untuk pemberi aroma buah nanas
iii. Amil asetat untuk pemberi aroma buah pisang
4. Amil valerat untuk pemberi aroma buah apel
five. Isoamil asetat untuk pemberi aroma buah pisang ambon
6. Isobutil propionat untuk pemberi scent buah rum
vii. Oktil asetat untuk pemberi aroma buah jeruk
viii. Metil salisilat untuk pemberi aroma minyak gandapura (wintergreen).
nine. Propil asetat untuk pemberi scent buah pir.

Hasil gambar untuk GAMBAR ZAT  PENAMBAH AROMA PADA MAKANAN




DAMPAK ZAT ADIKTIF PENAMBAH AROMA PADA MAKANAN


kalau memang tidak bisa dihindari, amankah mengkonsumsizat aditif pada makanan? Jawabannya tergantung padazat aditif makanan yang digunakan, kondisi penggunaannya, tujuan penggunaan, jumlah dan ketepatan spesifikasinya. Jawaban yang lebih pasti adalah, bahan pangan tanpa zat aditif belum tentu lebih aman daripada yang ditambahkan zat aditif makanan. Contoh, mana yang lebih baik produk makanan yang muda tengik atau yang telah ditambahkan antioksidan tokoferol (provitamin E) atau vitamin C, sehingga tertunda ketengikannya?

Baca Juga :   Tuliskan Struktur Kalimat Dari Cerita Fantasi Tersebut

Dalam kaitan dengan keamanan pangan, penggunaanzat aditif pada makanan diatur dengan berbagai peraturan, baik secara nasional maupun internasional. Secara nasional, misalnya lewat peraturan yang dikeluarkan oleh Depkes maupun Keputusan Presiden. Saat ini telah pula diatur dalaam Undang – Undang Pangan No.7 tahun 1996. Pada skala internasional, pengaturanzat aditif pada makanan terdapat dalaam “Food Chemical Codex” dan aturan – aturan negara adidaya seperti yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dengan FDA-nya yang juga banyak dipakai sebagai acuan negara – negara lain.

SUMBER : http://dahliaandika165.blogspot.co.id/2016/01/dampak-zat-adiktif-penambah-smell-pada.html

Penambah Aroma Rasa Buah Pisang

Source: http://naswamss.blogspot.com/2017/10/zat-aditif-pemberi-aroma.html