Innamal Mu’minuna Ikhwatun –
Orang-orang yang beriman itu semuanya bersaudara. Pernyataan tersebut sudah banyak disebutkan baik itu di Al-qur’an maupun di Al-hadist.

Nah, pada kesempatan ini Yuksinau.co.id akan membahas secara lengkap mengenai Tulisan Arab, Latin dan Arti Innamal Mu’minuna Ikhwatun, yang mana kalimat ini sebenarnya merupakan penggalan dari QS. Al-Hujurat Ayat 10. Tak perlu panjang lebar langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

Innamal Mu'minuna Ikhwatun

Tulisan Arab Innamal Mu’minuna Ikhwatun

Dibawah ini adalah tulisab arab / arabic text dari “Innamal-mu`minụna ikhwatun fa aṣliḥụ baina akhawaikum wattaqullāha la’allakum tur-ḥamụn” baik dari mushaf standar Republic of indonesia, mushaf Madinah dan tulisan Arab gundulnya :

Mushaf Standar Republic of indonesia:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Mushaf Madinah:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌۭ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Tulisan Arab Gundul:

إنما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم واتقوا الله لعلكم ترحمون

Innamal Mu’minuna Ikhwatun

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kalimat Innamal-mu`minụna ikhwatun ini hanya penggalan dari kalimat Innamal-mu`minụna ikhwatun fa aṣliḥụ baina akhawaikum wattaqullāha la’allakum tur-ḥamụn, yang merupakan ayat dalam Al-qur’an surat Al-hujurat : x. Berikut penjelasan mengenai Ayat tersebut, di bawah ini :

Tulisan Arab: إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Arab-Latin:

Innamal-mu`minụna ikhwatun fa aṣliḥụ baina akhawaikum wattaqullāha la’allakum tur-ḥamụn

Terjemah Arti:
Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Sedikit penjelasan mengenai Surat Al-Hujurat, Surah Al-Hujurat(سورة الحجرات )
merupakan surat ke-49 yang ada dalam Al-Qur’an, dan menjadi surat Madaniyah yang terdiri dari 18 Ayat, diturunkan sesudah Nabi Muhammad melakukan hijrah ke Madinah.

Baca Juga :   Berapa Jumlah Maksimum Idhost Yang Tersedia Pada Alamat Kelas C

Salah satu ayat yang femiliar dalam surat tersebut yakni Innamal mu’minuna ikhwatun. Ini merupakan janji atau bisa dibilang suatu peringatan bahwasannya kita sebagai orang beriman itu bersasudara dengan orang yang berimana lainnya.

Yang dimaksud beriman disini, yaitu beriman kepada Allah SWT, Malaikat, Kitab, kepada Rasul dan Hari Akhir, maka mereka merupakan saudara kita, saudara se-iman yang patut kita sayang dan cintai. Pernyataan tersebut sebagai mana Hadist berikut ini:

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya :
“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzaliminya dan tidak membiarkannya untuk disakiti. Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya.”

“Siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari kiamat. Dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.”

Penutup

Allah dan Rasul- Nya sangat melarang kepada kita untuk saling berselilih dan membenci, karena hal ini tentu bisa memecah belah persaudaraan antar umat Islam.

Untuk itu kita harus saling menjaga dan mempererat persaudaraan kita sesama umat Islam, perlu di ingat syaitan akan terus berusaha menghasut kita agar terjadi permusuhan antar umat muslim.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa berlindung kepada Allah Swt dari godaan syaitan yang menginginkan perpecahan terjadi di antara kita umat Islam. Demikianlah pembahasan kami mengenai Tulisan Arab, Latin
Innamal Mu’minuna Ikhwatun
beserta Artinya Lengkap. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat, assalamu’alikum wr wb.

Baca Juga :   Salah Satu Bahan Pangan Nabati Yang Rasanya Pahit Yaitu

Baca Juga:

  • Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih
  • Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu
  • Allahumma Yassir Wala Tu’assir