Prinsip Kerja Blender

Prinsip Kerja Blender

Hello sahabatku semua…… Pada kesempatan ini aku akan membagikan tentang alat rumah tangga yang sering digunakan oleh para ibu di rumah ketika hendak memasak.

Salah satu kebutuhan rumah tangga adalah Blender merupakan alat yang digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan atau bumbu makanan. Untuk menggerakkan alat ini tentu menggunakan komponen-komponennya, antara lain:

  1. Pengiris yang berbentuk mata pisau.
  2. Kopel roda-roda gigi berbahan dari karet.
  3. Poros motor yang berputar.
  4. Saklar untuk menghidupkan atau mengatur kerja motor.

Fungsi, Komponen dan Prinsip Kerja Listrik pada Objek Blender

Prinsip kerja motor listrik pada dasarnya sama untuk semua jenis motor secara umum : Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya ika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan. Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan. source

Contoh Blender Philips
Pada Blender Philips ada pengaturan tombol terdiri dari empat variasi untuk kecepatan tergantung posisi saklar yang pilih, yaitu:

  1. Posisi manual,
  2. Posisi Netral,
  3. Posisi 1, dan
  4. Posisi 2.

Posisi saklar yang di atas memiliki perbedaan dan persamaan fungsi, yaitu:

  1. Posisi transmission memiliki kecepatan sama dengan posisi 2, yaitu kecepatan penuh.
  2. Posisi 1 memeiliki kecepatan yang lambat artinya lebih cepat posisi 2.
  3. Sedangkan posisi netral merupakan posisi motor dari belender tidak bekerja atau tidak berjalan, dapat dikatakan bahwa tak ada arus yang mengalir ke dalam kumparan stator dan rotot motor, sehingga posisi neutral diartikan tidak aktif.
Baca Juga :   Wos Surasane Wara Wara Iku Kudu Ana Perangan Kang Diarani

Jika kita rincikan komponen-komponen blender merek Philips, kita ambil contoh Type HR – 2810/A maka komponen-komponennya adalah :

  1. Penampung adonan atau wadah untuk bahan yang akan diblender.
  2. Rumah atau badan motor.
  3. Roda gigi perantara.
  4. Motor penggerak
  5. Saklar pengaturan kecepatan dan neutral.
  6. Alas
  7. Kaki untuk menahan atau penopang.

Bukan hanya itu komponennya, tetapi pada blender ada beberapa komponen elektronik, seperti:

  1. Kapasitor
  2. Resistor
  3. Dioda
  4. Induktor

Gaya Lorentz adalah suatu gaya dalam ilmu fisika yang ditimbulkan karena adanya muatan listrik yang bergerak atau karena arus listrik yang ada dalam suatu medan magnet, apabila ada suatu penghantar yang dialiri oleh arus listrik dan penghantar itu berada didalam medan magnetik maka akan timbul gaya yang disebut sebagai nama gaya magnetik atau dikenal dengan nama gaya lorentz, arah dari gaya lorentz adalah tegak lurus dan dengan arah kuat arus listrik, dan induksi yang ada, arah dari gaya lorentz ini mengikuti arah maju dari skrup yang diputar dari vektor arah gerak muatan listrik ke arah medan magnet seperti yang ada dalam rumus gaya lorentz. source

Semua komponen tersebut di atas behubungan dengan arus listrik. Kemudian semua elektronik tersebut mempunyai fungsi masing-masing sebagai berikut:
a. Kapasitor berfungsi untuk membangkitkan beda fasa dapat dikatakan dengan pemahaman lain yaitu fluks magnet yang berselisih fase dengan fluks magnet yang dibangkitkan oleh kumparan utama. sehingga motor akan berputar atau bergerak.
b. Resistor berfungsi untuk menyesuaikan atau mengurangi arus star pada motor, guna untuk mencegah terjadinya arus yang tinggi pada kumparan motor.
c. Dioda berfungsi untuk mengatur arah tegangan yang masuk ke dalam kumparan tersebut.
d. Sedangkan Induktor dan kapasitor berfungsi untuk mengantisipasi atau menurunkan frekuensi tinggi akibat putaran motor tersebut.

Baca Juga :   Lirik Lagu Kampungku

Bagaimana Prosedur Kerja Blender

Motor listrik dikenal sebagai alat yang mengubah energi listrik menjadi energi kinetik (energi gerak). Motor listrik inilah yang memutar pisau blender dengan cepat sehingga dapat menghancurkan buah, sayur, dan bumbu masakan.
source

Untuk menggunakan blender, tentu kita harus mengerti fungsi setiap tombol pada blender. Kenapa saya mengatakan demikian?… tentu hal ini mempunyai alasan, karena ketika kita menghidupkan blender pasti mengeluarkan suara yang besar. Jadi dengan memahami fungsi setiap tombol maka dapat menghidari terkejut, kerusakan, dan kecelakaan atau jatuh blender dari meja ke lantai yang mungkin ditimbulkan.

Cara kerja blender atau prosedur pada umumnya adalah:

A. Mengkondisikan Blender
  1. Pastikan saklar ON-OFF blender dan pastikan berada pada posisi OFF.
  2. Sediakan bakal bumbu atau semua bahan yang hendak diblender.
  3. Pisahkan bahan biji-bijian yang keras dengan lembut atau lunak
  4. Gunakan mangkok sesuai dengan kebutuhan.
  5. Bangkok kecil untuk menghaluskan bahan keras dan kering
  6. Gunakan mangkok besar unyuk bahan yang lembut dan basah.
B. Cara Mengaplikasi Blender
  1. Pasang mangkok adonan di atas dudukan pada blender, lalu putar hingga kondisi letak mangkok tidak dapat ditarik ke atas.
  2. Isi dengan bahan atau bumbu yang akan diblender
  3. Tutup dengan benar
  4. Tekan saklar ON
  5. Jangan mengangkat mangkok dalam kondisi motor blender sedang berputar.
  6. Ketika bahan sudah halus dapat diketahui dengan suara putaran motor semakin kecil atau halus.
  7. Matikan motor atau tekan tombol untuk OFF.
  8. Lalu angkat mangkok dari dudukan pada blender.

Kesimpulan

Semua komponen tersebut di atas behubungan dengan arus listrik. Kemudian semua elektronik tersebut mempunyai fungsi masing-masing. semakin besar arus listrik yang mengalir, makin besar putaran motornya. Kemudian komponen-komponennya, antara lain: Pengiris yang berbentuk mata pisau, Kopel roda-roda gigi berbahan dari karet, Poros motor yang berputar, Saklar untuk menghidupkan atau mengatur kerja motor. Demikian prinsip kerja motor listrik dalam ilmu fisika, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

Baca Juga :   Berikut Ini Cara Memberikan Bantuan Guling Depan Kecuali

Reffrensi

Sumber Motor Listrik
Sumber Gaya Lorentz
Sumber blender


Terimkasih anda telah berkunjung pada blog saya @yoes

Ayo dukung penulis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Indonesia dengan menggunakan bahasa Republic of indonesia dan#indo-STEM serta bergabung di discord https://discord.gg/WkM6qtq

Prinsip Kerja Blender

Source: https://steemit.com/indo-stem/@yoes/bagaimana-proses-dan-prinsip-kerja-motor-listrik-pada-objek-blender-8e06896b435dd