Apa Yang Dimaksud Dengan Intake

Apa Yang Dimaksud Dengan Intake

mencapai nilai akhir ≥ 65, sedangkan siswa yang dinyatakan belum tuntas adalah siswa yang nilainya 65. Tabel 3.3 Rentang KKM Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar Kriteria Ketuntasan Minimum Jumlah Nilai Nilai KKM Kompleksitas Daya Dukung Intake Menuliskan dan mengurutkan kembali tahapan membuat sesuatu 65 65 65 195 65 Kriteria Penetapan KKM :

a. Kompleksitas

Tingkat kompleksitas adalah tingkat kerumitan materi yang ada dalam indikator pembelajaran sebuah standar kompetensi termasuk kesulitan dan kerumitan guru untuk menyampaikan materi tersebut. Kompleksitas dari standar kompetensi adalah sebagai berikut. i Membutuhkan alokasi waktu yang lama. 2 Memerlukan ketelitian dan kecermatan yang tinggi dalam menjelaskan materi. 3 Memerlukan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Tingkat kompleksitas dalam kompetensi dasar ini termasuk dalam kategori sedang yakni 65.

b. Daya Dukung

Daya dukung merupakan aspek yang terdiri dari ketersediaan sarana dan prasarana, pendidik, manajemen administrasi sekolah sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran. Kriteria penilaian pada aspek daya dukung adalah sebagai berikut. 1 Media yang digunakan tersedia 2 Ruang kelas mendukung dalam pelaksanaan diskusi iii Sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran tersedia. Daya dukung dalam kompetensi dasar ini memiliki kategori sedang yakni 65. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran terdapat media pembelajaran yang mendukung siswa dalam belajar, namun sarana dan prasarana tidak berfungsi secara optimal dalam pembelajaran.

c. Intake Siswa

Intake siswa merupakan kemampuan rata-rata siswa memahami indikator pembelajaran dari sebuah kompetensi dasar. Adapun kriteria penilaian intake siswa adalah sebagai berikut. a. Sebagian besar siswa mempunyai kemampuan penalaran yang tinggi. b. Sebagian besar siswa terampil menerapkan konsep. c. Sebagian besar siswa cermat, kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan tugas. Dalam standar kompetensi ini intake siswa menunjukan angka 65 dengan kategori sedang. KKM Kriteria Ketuntasan Minimum diperoleh dari hasil penjumlahan ketiga aspek yaitu kompeksitas, daya dukung dan intake siswa dibagi tiga dengan rumus: Penafsiran KKM yaitu dengan memberikan rentang nilai pada setiap kriteria yang ditetapkan. Rentang nilai KKM menurut KTSP dapat dilihat pada tabel berikut. Tabel 3.four Rentang Nilai Kriteria Ketuntasan Minimum Kriteria Kategori Rentang Skor Kompleksitas Indikator Tinggi 50-64 Sedang 65-80 Rendah 81-100 Daya Dukung Sarana dan Prasarana Tinggi 81-100 Sedang 65-80 Rendah 50-64 Intake Siswa Tinggi 81-100 Sedang 65-80 Rendah 50-64 Kompetensi dasar menulis kan kembali tahapan membuat sesuatu memiliki kriteria kompleksitas sedang yaitu 65, daya dukung sedang yaitu 65, dan intake siswa sedang yaitu 65. Jadi siswa dikatakan tuntas apabila telah memperoleh nilai ≥ 65 dan dinyatakan tidak tuntas apabila mendapatkan nilai 65.

Baca Juga :   Kelebihan Google Formulir Dibandingkan Dengan Google Dokumen

3. Analisis Data

Apa Yang Dimaksud Dengan Intake

Source: https://text-id.123dok.com/document/4yrd44g8q-kompleksitas-daya-dukung-intake-siswa.html