Organisasi Bola Kasti

Organisasi Bola Kasti

Olahraga kasti merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu dengan masing-masing tim terdiri 12 orang. Satu dari pemain akan bertindak sebagai kapten dan olahraga ini dimainkan di tanah lapang sama halnya dengan permainan bisbol dan softbol. Meski demikian, teknik dasar permainan bola kasti adalah melempar bola, menangkap bola dan terakhir memukul bola.

Peralatan kasti pun sebenarnya masih sama dengan permainan softbol, bisbol dan masih banyak lagi. Peralatan pertama adalah bola kasti di mana bola ini hampir mirip dengan bola tenis lapangan. Lalu kedua adalah tongkat pemukul. Panjang tongkat pemukul bola kasti umunya adalanya 50-60 cm dan tongkat ini terbuat dari bahan kayu.

Penasaran mengenai macam-macam teknik dasar permainan bola kasti adalah sebagai berikut Sedulur. Yuk simak dan pahami penjelasan tentang jumlah pemain bola kasti di bawah ini.

BACA JUGA:

Sejarah Bola Handbasket: Pengertian, Peraturan & Teknik Dasarnya

1. Teknik dalam melempar bola kasti

teknik dasar permainan bola kasti adalah
Okezone

Teknik dasar melempar bola kasti ternyata punya aturannya sendiri. Pertama melakukan lemparan bola dengan menyusur ke tahan di bawah, kedua melempar bola mendatar dan terakhir melempar bola melambung. Adapun teknis dari masing-masing lemparan bola kasti cukup banyak, yuk simak caranya di bawah ini.

Cara melempar bola menyusuri tanah

Hal yang perlu dilakukan Sedulur adalah pegang bola pada bagian pangkal ruas jari tangan. Lalu posisi badan harus sedikit membungkuk, kemudian ayunkan area lengan belakang ke depan melalui bawah. Terakhir melakukan lemparan bola mendatar menyusuri tanah dan mengarah ke sasaran.

Melempar bola mendatar

Tekniknya pegang bola di bagian pangkal ruas jari tangan tepatnya di antara jari telunjuk dan tengah serta bagian jari manis. Kemudian pada ruang kelingking dan ibu jaru dipakai dalam mengontrol bola supaya tidak jatuh. Ketiga kamu condongkan bola mendatar setinggi dada menuju ke arah sasaran yang dituju.

Melempar bola dengan melambung

Pertama adalah pegang di bagian pangkal ruas jari tangan tepatnya di antara jari telunjuk dan jari bagian tengah dan manis. Lalu di bagian jari kelingking dan ibu jari dipakai mengontrol bola supaya tidak jatuh. Kemudian condongkan badan Sedulur ke belakang dan ayunkan lengan dari bawah ke atas.

Selanjutnya lempar bola memakai tangan terkuat dan jika melempar menggunakan tangan sebelah kanan, maka kaki  kiri yang ada di depan begitu juga dengan sebaliknya. Lempar bola dengan cara melambung dan ikuti menggunakan gerakan lanjutan dan langkahkan kaki belakang ke depan. Terakhir usahakan pandangan mata lurus ke depan.

ii. Teknik menangkap bola pada kasti

teknik dasar permainan bola kasti adalah
Wisnu Adi

Diketahui dalam teknik dasar permainan kasti ada  tahapan menangkap bola. Kemudian teknik menangkap bola ini tersusun dari tiga tahapan. Mulai menangkap bola mendatar, menangkap bola yang melambung dan terakhir menangkap bola dengan menyusur tanah. Setelah memahami teknik di atas adalah mengetahui cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama Sedulur lakukan pandangan mata tertuju ke pada arah munculnya bola.
  • Kedua menangkap bola memakai kedua tangan dan dua telapak tangan terbuka jadi membentuk setengah bola.
  • Ketika bola mengenai telapak tangan, maka harus diikuti dengan sikap sedikit tarikan tangan ke arah belakang.

BACA JUGA:

Cara Melakukan Passing Bawah Baik & Benar Dalam Bola Voli

3. Teknik melambungkan bola kasti

Bola tenis
Finansialku

Teknik dasar berikutnya dalam permaianan kasti adalah melakukan teknik melambungkan bola. Teknik ini sering dipakai dalam memberikan umpan bagus kepada pihak pemukul. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut Sedulur.

  • Pertama Sedulur harus berdiri dengan posisi tegak
  • Saat melempar memakai dua tangan kanan, maka kaki bagian kanan berada di depan.
  • Kemudian pegang bola dengan memakai tangan bagian kanan tepat di depan paha kanan.
  • Usahakan untuk condongkan ke depan.
  • Putar lengan kanan yang sedang memegang bola ke belakang dengan bentuk 360 derajat.
  • Langkahkan kaki bagian kiri ke arah depan lalu ayunkan lengan Sedulur ke arah depan.
  • Lepaskan bola ketika bola ada di samping paha bagian kanan dan disertai dengan lecutan di pergelangan tangan.

4. Teknik memukul pada bola kasti

teknik dasar permainan bola kasti adalah
Bukalapak

Selain melempar, menangkap bola hingga melambungkan bola dikenal pula teknik dasar memukul pada bola kasti. Lalu bagaimana cara melakukan teknik dasar ini, yuk simak di bawah ini.

  • Pegang kuat alat pemukul dan pegang di bagian yang lebih kecil memakai satu tangan.
  • Sedulur berdiri dengan posisi badan menyamping, alhasil pelambung atau bagian pengumpan tepat berada di samping kiri pemukul.
  • Pastikan kedua kaki Sedulur buka selebar bahu.
  • Letakkan alat pemukul bola kasti tepat di atas bahu kanan dengan posisi siku tangan dan pegang alat pemukul kita tekuk.
  • Pandangan Sedulur harus ke arah seorang pelambung dan datangnya bola
  • Coba ayunkan alat pemukul kasti dengan posisi siku Sedulur lurus lalu disertai lecutan di pergelangan tangan ketika bola berada dalam jangkauan pukulan Sedulur.
  • Ikuti juga dengan gerakan lanjutan seperti melakukan sikap melangkahkan kaki ke arah belakang dan depan.

Dalam teknik memukul ada tiga jenis pukulan melempar pada permaianan kasti. Pertama adalah memukul bola secara mendatar, memukul bola melambung dan terakhir memukul bola dengan memantul ke tanah.

five. Teknik berlari

Baseball
Kumparan

Teknik dasar dalam permainan bola kasti selanjutnya adalah teknik berlari. Manfaat teknik ini bagi tim pemukul adalah demi menghindari terkena hasil lemparan bola yang dilakukan olleh penjaga. Sedulur dapat berlari lurus hingga berbelok-belok. Teknik berlari sangat perlu diperhatikan oleh para pemain kasti.

Lamanya permainan bola kasti adalah 20 – xxx menit dan berlangsung selama dua babak. Kasti merupakan permaian tim dan jumlah pemain bola kasti adalah 12 yaitu pemain utama dan enam pemain cadangan. Bentuk lapangan bola kasti adalah umumnya memiliki bentuk persegi panjang. Kemudian di dalamnya terdiri dari ruangan bebas ada satu lalu ruang pertolongan ada satu, kemudian ruang hinggap ada 2 serta pada bagian pos ada tiga. Posisi ini digunakan untuk lari tim pemukul jika berhasil memukul bola.

Demikian ulasan mengenai teknik dasar dalam permainan bola kasti. Semoga penjelasan di atas menambah pengetahuan kita tentang permaianan ini ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet?Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinyadi sini sekarang!


Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewatAplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomudi sini aja!

Organisasi Bola Kasti

Source: https://superapp.id/blog/uncategorized/teknik-dasar-permainan-bola-kasti-adalah/

Baca Juga :   Agama Ageming Aji Tegese