Dura Srawana Artinya

Dura Srawana Artinya

Pendidikan Agama Hindu untuk SD Kelas VI viii Dalam pustaka suci, sifat kemahakuasaan Hyang Widhi dalam Jnana Sakti disebutkan dalam tiga bagian, yaitu: a. Dura Darsana artinya Hyang Widhi memiliki penglihatan yang serba jauh atau tembus. b. Dura Srawana artinya Hyang Widhi memiliki pendengaran yang serba jauh atau tembus. c. Dura Sarwajna artinya Hyang Widhi memiliki pengetahuan yang serba jauh atau tembus. Demikian Sang Hyang Widhi mengetahui segala-galanya. Ia berada di manapun. Beliau selalu melihat disetiap waktu dan setiap saat. Beliau tidak pernah tidur, Beliau Maha sempurna. Hendaklah kalian selalu berbuat baik agar mendapatkan kebahagiaan dan berkatNya.

four. Kriya Sakti

Pernahkah kalian melihat Candi Prambanan? Kapankah candi terse- only dibangun? Prambanan merupakan candi peninggalan agama Hindu. Candi tersebut adalah hasil karya manusia. Hyang Widhi memberikan kecerdasan pada manusia. Dengan kecer- dasan dan kemampuan, manusia dapat membuat maha karya yang menakjubkan. Seberapapun hebatnya manusia dalam menciptakan sesuatu, tidak ada yang bisa menyaingi Beliau. Cobalah kalian amati alam semesta kita. Hyang Widhi menciptakannya dengan sangat indah. Tak ada yang mampu menandingi karya agungNya. Gambar i.5 Manusia dapat menciptakan sesuatu yang besar dan indah. Tetapi manusia masih belum mampu menandingi Hyang Widhi dalam menciptakan sesuatu. Sumber: www.richard-seaman.com, 2010 9 Cadhu Sakti Setelah kamu mengenal empat kemahakuasaan Sang Hyang Widhi, mari kita lihat contoh-contoh kemahakuasaan Beliau.

1. W ibhu Sakti Sang Hyang West idhi Maha Ada dan berada dimana-mana

Pernahkah kalian berbohong pada ibu kalian ketika ia bertanya kenapa kalian pulang terlambat? Kalian kalian menjawab bahwa kalian mengikuti les tambahan, padahal sebenarnya kalian pergi bermain bersama teman. Pasti saat itu kamu tidak merasa tenang, karena telah berbohong pada ibumu. Tahukah kalian, mengapa kalian merasakan hal seperti itu? Itu karena Hyang Widhi berada di dalam diri kalian. Ia mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi. Beliau tidak dapat dibohongi. Beliau selalu menginginkan kita bersikap dan berkata jujur. Inilah makna dari Wibhu Sakti, ia berada dimana-mana termasuk di dalam diri kita. Tidak ada tempat di Bhuwana Agung ini yang tidak ditempati Tuhan karena Tuhan menyatu dengan ciptaannya. Lalu bagaimana kita mencerminkan kekuasa- an Hyang Widhi ini? Sudah tentu kita tidak bisa berada dimana-mana pada waktu yang bersamaan. Agar keberadaanNya bisa di- rasakan dapat dilakukan dengan memberi- kan bantuan pengetahuan untuk kemajuan umat. Ambillah teknologi modern di bi- dang komunikasi sebagai contoh. Ada telepon, radio, televisi, pesawat terbang, komputer dan sejenisnya.

Baca Juga :   Bagaimana Tujuan Teks Pidato Persuasif Sebagai Pengubah Tanggapan

C. Contoh-contoh Kemahakuasaan Sang Hyang Widhi sebagai Cadhu Sakti

Beliau menciptakan segala sesuatu-nya dengan pertimbangan. Segala se-suatunya diciptakan dengan teliti dan sempurna. Sang Hyang Widhi selalu bekerja tidak pernah berhenti. Kriya Sakti adalah Sang Hyang Widhi bersifat Maha Karya. Apa yang Beliau kerjakan selalu berhasil tidak pernah

Dura Srawana Artinya

Source: https://text-id.123dok.com/document/ozln55llq-prabhu-sakti-jnana-sakti.html