Kaulinan Beklen

Kaulinan Beklen

KAULINAN TRADISIONAL BEKLEN

  Permainan tradisional memiliki banyak manfaat. Permainan tradisional tidak perlu mengeluarkan uang walaupun Mengeluarkan uang tidak akan mengocek biaya yang banyak. Permainan tradisional dapat meningkatkan kekompakan, fokus, dan hubungan antar teman pun akan terjalin lebih erat.
Salah satu contoh permainan tradisional adalah beklen. Permainan beklen adalah permainan tradisional yang menjadi ciri khas daerah Jawa Barat. Selain terkenal di daerah Jawa Barat beklen pun dikenal juga di daerah Jawa Tengah tapi dengan nama bekelan. Permainan ini tidak Hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di Yunani dan Romawi. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak gadis. Dulu sebelum adanya gadget permainan beklen menjadi permainan favorit di kalangan anak-anak.
Asal-usul  Nama
Nama Béklen diperkirakan berasal dari bahasa Belanda bikkelen artinya semangat juang,selain itu ada juga bikkels artinya buku jari-jari, mungkin dari kata bikkels-lah yang menyebabkan orang Banjar Patroman menyebutnya békles. Dan memang dari dua nama tersebutada keterkaitannya, karena jelas bermain béklen harus berjuang dan mempunyai keterampilantangan (jari-jemari) yang bagus, karena permainan ini menekankan penggunaan jari-jari tangan. Asal mula permainan ini ternyata belum diketahui secara pasti. Tetapi kalau dilihat dari nama nya beklen berasal dari Eropa.

Alat yang digunakan untuk bermain permainan in adalah :

  1. Bola bekel kecil berdiameter iii cm yang berwarna-warni
  2. Kuwuk atau Kewuk berbentuk seperti cangkang kerang ten buah.Alat lain menggunakan kuningan berbentuk seperti biji mete yang two sisinya ditandai titik merah bulat.
  3. Media yang dibutuhkan yaitu tempat yang permukaannya datar seperti keramik atau tanah yang datar agar bola dapat memantul secara stabil.

Ini adalah contoh bolanya

  1. Kalau ini contoh bola dan kuwuknya
Baca Juga :   Bagaimanakah Cara Mengetahui Sifat Dari Limbah Cair

Cara Memainkan Permainan Ini adalah :

Cara memainkan bola bekel sangat mudah. Permainan bola bekel dimulai dengan melambungkan bola karet kemudian diikuti dengan menaburkan biji bekel. Sewaktu bola melambung ke atas, anak mengambil biji bekel yang terserak. Seorang pemain akan meraup jumlah biji sesuai dengan tingkatannya (yang disebut dengan mi). Permainan bola bekel dilakukan secara bertingkat. Dimulai dengan pengambilan biji bekel satu-satu yang disebut mihiji, apabila dapat menyelesaikan mihiji kemudian midua (mengambil biji bekel dua-dua dan seterusnya sampai pengambilan semua biji bekel sekaligus).
Dibutuhkan teknik dan strategi yang jitu dalam memainkan permainan ini. Jika biji bekel tidak terambil, bola tidak tertangkap, atau gudir (menyentuh biji bekel yang belum waktunya diambil),  maka dinyatakan lasut dan permainan dilanjutkan oleh pemain berikutnya.

Kalian mau lihat gimana permainan beklen itu bisa dilihat link di sini
https://youtu.be/FEyZq07Dw9M

Sumber :
https://world wide web.google.co.id/amp/budayajawa.id/amp/permainan-beklen-di-sunda

https://world wide web.google.co.id/url?
sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.scribd.com/mobile/doc/173689752/Permainan-Beklen-Atau-Bekles&ved=2ahUKEwjh98iBws3ZAhXDMI8KHd41AF8QFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw2-iJbCyUJA51v4KvS3Pa5U

https://ceritabersama-tati.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-dan-aturan-permainan-bola.html?grand=1

Kaulinan Beklen

Source: https://fitriarhmwt.blogspot.com/2018/03/permainan-beklen.html