Narasi adalah

Narasi adalah bagian penting ketika ingin menuliskan sebuah cerita singkat hingga novel. Tanpa adanya hal ini, mungkin saja apa yang kamu tulis tidak akan masuk akal sama sekali. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu mengetahui apa itu narasi dan apa saja jenis beserta contohnya untuk bisa semakin memahami hal yang satu ini. Yuk, mari kita mulai.

Narasi Adalah Hal yang Harus Kamu Ketahui

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Republic of indonesia), narasi adalah sebuah cerita atau kejadian sastra cerita atau deskripsi sebuah kejadian atau peristiwa, kisahan, tema sebuah karya seni.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Ilustrasi

Dalam tulisan atau pidato, narasi adalah proses menceritakan urutan kejadian, baik nyata maupun secara imajinasi. Serupa dengan kegiatan


story telling


atau mendongeng. Untuk orang yang menceritakan sebuah narasi akan disebut sebagai narator.

Tujuan dari Sebuah Narasi

Dalam pembuatan suatu narasi, pasti ada tujuan yang akan melatarbelakanginya. Ada ii tujuan dari narasi yang paling umum dijumpai. Yaitu:

  • Tujuan pertama adalah untuk menyampaikan atau memberikan suatu informasi dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan atau wawasan pembaca.
  • Tujuan kedua adalah untuk membagikan atau menyampaikan suatu pengalaman supaya para pembaca dapat merasakan pengalaman tersebut.

Ciri-ciri Narasi

Narasi adalah sebuah bentuk teks yang memiliki ciri atau karakteristik tersendiri yang akan bisa digunakan untuk mengenalinya. Beberapa ciri-ciri dari narasi adalah sebagai berikut ini:

  1. Narasi akan berisi mengenai karangan tentang suatu cerita, kisah atau peristiwa tertentu.
  2. Terbentuk dalam susunan paragraf dengan gaya bahasa naratif.
  3. Memiliki kronologi atau urutan cerita yang jelas.
  4. Memiliki konflik.
  5. Unsur-unsur pembentuk teks seperti tema, latar, setting, dan karakter akan bisa ditemui dalam sebuah narasi.
  6. Memiliki nilai keindahan atau estetika.
Baca Juga :   Naon Biantara Teh

latihan soal dari Kelas Pintar

Berbagai Jenis Narasi

Narasi akan bisa dibedakan ke dalam beberapa bentuk. Ada 4 jenis narasi yang akan bisa kamu temui dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Empat jenis narasi tersebut adalah:

1. Narasi Informatif

Bentuk narasi informatif adalah sebuah karangan yang bertujuan untuk penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa. Karangan narasi informatif ini juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan para pembaca mengenai kisah yang diceritakan di dalamnya.

2. Narasi Ekspositoris

Karangan narasi ekspositorik adalah karangan narasi yang dibuat dengan tujuan untuk penyampaian informasi mengenai kisah hidup seseorang. Dalam bentuk narasi ekspositoris, penulis akan menjelaskan peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya, tanpa ada tambahan kisah fiktif. Kemudian dengan menggunakan bahasa yang logis, berdasarkan fakta, serta bersifat objektif.

3. Narasi Artistik

Narasi ini memiliki maksud dan tujuan khusus. Biasanya, narasi artistik bertujuan untuk menyampaikan amanat kepada pembaca, sehingga mereka bisa merasakan sebuah kejadian yang seperti dirasakan secara langsung.

4. Narasi Sugestif

Narasi sugestif memiliki tujuan untuk memberikan sugesti kepada pembaca. Sugesti yang diberikan akan berusaha untuk memotivasi pembaca melakukan atau menerapkan suatu hal.

Unsur-unsur Narasi

Narasi memiliki 2 unsur, yaitu:

Alur (Plot)

Alur atau plot merupakan urutan peristiwa yang mengatur hubungan antar peristiwa untuk bisa saling terhubung dengan logis.

Pengembangan

Pengembangan adalah runtutan kejadian yang di awali oleh pengenalan atau pendahuluan (pengenalan tokoh), isi kejadian (konflik antara tokoh) serta penyelesaian (penutup).

Sekian penjelasan mengenai narasi. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai narasi dan berbagai materi lainnya, kamu bisa coba belajar

bersama

bimbel online

Kelas Pintar, dapatkan juga akses untuk produk

SOAL
, yang berisi soal latihan ujian yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kamu dengan berbagai macam soal yang ditanyakan. Dan ada juga fitur

TANYA

yang bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai soal atau materi yang belum dikuasai secara gratis lho, dan juga dijawab oleh guru profesional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Baca Juga :   Krama Inggil Tangi

download aplikasi kelas pintar

Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar di Kelas Pintar!

Delight follow and similar usa: